Yahoo! Kembali Dibobol, Pengguna Indonesia Termasuk yang Terdampak

Sahabat pengguna layanan Yahoo! diharapkan mengubah password akun nya dan mencermati setiap aktivitas misterius terkait akun Yahoo! Sahabat. Pasalnya pada Rabu kemarin Yahoo! mengumumkan bahwa lebih dari 1 milyar data penggunanya terindikasi bocor dan tersebar di dunia maya. Yahoo! menyatakan bahwa data yang bocor meliputi data nama, nomor telepon, password dan alamat email pengguna akun Yahoo!. Data transaksi keuangan, menurut Yahoo!, tidak termasuk dalam data yang bocor. Data-data ini terindikasi dijual secara ilegal ke beberapa pembeli yang disinyalir dari kalangan Spammer dan kalangan intelejen yang tidak diketahui indentitasnya.

yahoo! di hack

Yahoo! menyatakan kebocoran ini berasal dari serangan hacker di sekitar tahun 2013 dan baru diketahui sekarang berdasarkan informasi dari otoritas keamanan di Amerika Serikat. Pengumuman kebocoran ini berbeda dengan pengumuman Yahoo! pada September lalu yang menyatakan 500,000 akun penggunanya bocor karena serangan hacker pada tahun 2014. Sahabat mungkin perlu meninjau kembali penggunaan akun Yahoo! untuk aktivitas sensitif mengingat insiden kebocoran data ini baru terdeteksi saat ini dan bukan berdasarkan investigasi internal dari Yahoo!.

Penting untuk Sahabat Lakukan

  • Segera ganti password dan pertanyaan verifikasi keamanan akun Yahoo Sahabat dan akun online lain yang menggunakan informasi password yang sama;
  • Cek aktivitas terkait akun online sahabat. Periksa terhadap aktivitas online yang tidak Sahabat kenali;
  • Hati-hati jika ada pihak yang menanyakan informasi pribadi Sahabat atau mengarahkan Sahabat untuk mengisi data pribadi di situs internet;
  • Hindari mengklik link atau men-download file dari email atau situs yang mencurigakan;
  • Pertimbangkan untuk menambahkan nomor ponsel pada bagian keamanan akun untuk mengaktifkan verifikasi berlapis (two-step verification). Sehingga jika ada aktifitas login pada perangkat atau komputer yang tidak dikenali, secara otomatis Yahoo akan mengirimkan kode keamanan ke ponsel Sahabat.
  • Jika Sahabat masih berminat menggunakan akun Yahoo, pertimbangkan untuk memggunakan fitur Yahoo Account Key yang menggantikan peran password dengan konfirmasi via ponsel Sahabat.

Kunjungi situs panduan keamanan web, Yahoo Security Update, untuk panduan lebih detail dalam menghadapi insiden ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here