[Review] Xiaoyi Home Camera Gen 1 – Kamera IP CCTV Murah dengan Fitur Cloud Storage

Xiaoyi Home Camera Gen 1
Xiaoyi Home Camera Gen 1

Pilihan produk kamera IP CCTV di Indonesia telah semarak dengan keberadaan Xiaoyi Home Camera Gen 1 yang menawarkan kamera keamanan dengan fitur yang sangat lengkap dan dengan harga yang tergolong sangat murah di kelasnya. Di rentang 500 ribu rupiah, kamera yang seringkali dikenal pasar Indonesia dengan nama Xiaomi Ants camera ini memiliki spesifikasi yang sangat layak untuk diperhitungkan dan bahkan seringkali dibandingkan dengan kamera Google Nest Dropcam.

Apa saja yang bisa Sahabat manfaatkan dari IP CCTV ini? Simak ulasannya.

Spesifikasi

Xiaoyi Home Camera Gen 1 merupakan model paling awal dari lini home camera Xiaoyi. Meskipun demikian, spesifikasi yang ditawarkan masih sangat layak untuk disandingkan dengan produk lain di pasaran.

Beberapa fitur unggulannya adalah:

  • HD Video Camera dengan resolusi 1280 x 720 pixel
  • 111 Derajat Field of View
  • Real-time video streaming dengan kompressi H.264
  • Motion & Sound detection
  • Night vision
  • Perangkat audio dan mikrofon untuk komunikasi dua arah
  • Perekaman video lokal dengan melalui slot MicroSD
  • Opsi Cloud Storage berlangganan
  • Harga : Rp. 400-600 ribu rupiah
  • Situs Resmi : https://www.yitechnology.com/yi-home-camera

Banyak orang yang menganggap Xiaoyi Home camera adalah produk dari merek Xiaomi yang sudah lebih dahulu tenar di Indonesia. Sebenarnya Xiaoyi dan Xiaomi merupakan dua merek yang berbeda dan memiliki ekosistem software yang juga berbeda. Meskipun demikian, kedua merek ini mungkin memiliki keterkaitan di belakang layar karena produk Xiaoyi pernah hadir di marketplace Xiaomi beberapa waktu yang lalu.

Desain Produk

Kesan pertama yang saya tangkap dari produk ini adalah kemiripannya dengan Google Nest Dropcam. Artinya Xiaoyi Home Camera Gen 1 memiliki desain yang terasa kokoh dan elegan. Sama sekali tidak terasa kesan kamera murah ketika saya melihat desain ini.

Kamera ini terdiri dari bagian dudukan kamera dan bagian kameranya sendiri yang berbentuk bulat dan bisa dilepas dari dudukannya jika diperlukan. Sayangnya dudukan yang disediakan memiliki tipe engsel dengan pengaturan arah kamera yang lebih terbatas jika dibandingkan tipe ball joint.

Pada bagian depan terdapat lensa, lampu indikator operasi kamera dan serangkaian lampu infrared untuk fitur night vision. Di bagian kanan terdapat slot kartu MicroSD untuk penyimpanan lokal dan pada bagian bawah terdapat slot daya berbentuk Micro USB. Tombol reset dan barcode kamera tersedia di bagian belakang kamera.

Dalam paket penjualannya, kamera ini dilengkapi adaptor daya dan kabel USB untuk menarik daya listrik ke kamera.

Gallery – Xiaoyi Home Camera Smart IP CCTV Gen 1

Penyetelan Kamera

Kamera Xiaoyi Home yang beredar di Indonesia terdiri dari versi Tiongkok dan versi Internasional. Jika Sahabat tertarik untuk menggunakan kamera ini, pastikan Sahabat memiliki tipe internasional walau harganya sedikit lebih mahal dari tipe Tiongkok. Tipe internasional memungkinkan Sahabat mendownload aplikasi YiHome dengan region diluar Tiongkok, tidak seperti versi Tiongkok dimana aplikasi hanya bisa didownload manual atau melalui akun berbasis di Tiongkok. Versi internasional juga membuat Sahabat dengan leluasa mengupgrade firmware kamera Xiaoyi Sahabat untuk mendapat fitur terbaru dari Xiaoyi.

Aplikasi YiHome bisa didapat di Apple App Store maupun Google Playstore.

Sayangnya Xiaoyi Home Camera membutuhkan ijin aplikasi yang cukup detail seperti identitas pengguna, panggilan telepon, dan modifikasi settingan sistem. Pengguna yang sensitif terhadap privasi mungkin akan berpikir dua kali sebelum menginstal aplikasi ini karena selain ijin yang detail, sistem dan server aplikasi ini berbasis di Tiongkok yang notabene tidak memiliki reputasi baik terhadap privasi masyarakatnya. Untungnya Xiaoyi merupakan salah satu produsen IP CCTV low end yang menunjukan komitmen nya terhadap privasi pengguna. Hal ini merupakan tanda positif apalagi jika Sahabat tertarik menggunakan fitur penyimpanan Cloud yang akan Saya bahas di segmen selanjutnya.

Setelah aplikasi terinstal di smartphone, Sahabat tinggal mengikuti instruksi yang ada di layar. Hebatnya, Xiaoyi Home Camera dilengkapi dengan panduan suara yang memberikan petunjuk status penyetelan kamera Sahabat. Merupakan fitur yang sangat keren dan membantu.

Penyetelan kamera ke smartphone berlangsung cukup mudah. Akan tetapi, kesederhanaan penyetelan kamera berarti membatasi akses pengguna ke bagian teknis kamera. Tidak seperti kamera IP keluaran D-Link atau TP Link, Xiaoyi Home Camera tidak memberikan akses kita untuk melakukan penyetelan manual pada system network seperti IP dan firewall. Akan tetapi fitur ini mungkin tidak terlalu diperlukan bagi kebanyakan orang yang tidak ingin ribet menyetel kameranya secara manual.

Pengoperasian

Mengakses Kamera Via Aplikasi

Aplikasi YiHome tergolong sangat mudah untuk dioperasikan. Daftar kamera yang Sahabat miliki terdapat di halaman Home. Pada bagian atas layar Home terdapat tombol untuk menambah kamera. Pada bagian bawah layar terdapat beberapa tombol yaitu untuk melihat Alert / notifikasi Motion Detection, mengakses gallery gambar/video yang tersimpan, dan untuk halaman bantuan dan manajemen akun.

Sahabat cukup mengklik nama kamera di bagian Home untuk mengakses kamera CCTV yang ingin Sahabat lihat. Baru-baru ini Xiaoyi akhirnya menyediakan fitur pengaksesan melalui komputer / PC. Sahabat bisa mengakses kamera melalui aplikasi YI Home App for Mac or Windows PC yang bisa didownload di situs Xiaoyi. Sayangnya pengaksesan via PC tidak bisa dilakukan melalui browser seperti yang ditawarkan oleh D-Link.

Kamera ini melakukan perekaman secara continuous loop akan tetapi sahabat dapat menyimpan momen-momen tertentu secara manual dengan meng-klik tombol kamera/video pada halaman pengaksesan kamera. Gambar atau video yang diambil akan tersimpan di penyimpanan local Smartphone Sahabat dan bisa diakses kapan pun. Navigasi rekaman dilakukan dengan sangat mudah melalui slider timeline di bagian bawah video. Kamera Xiaoyi Home juga dapat diset untuk hanya merekam video saat terdeteksi gerakan melalui fitur motion detector untuk mengurangi besar data rekaman.

keselamatankeluarga.com
Xiaoyi Home Camera Gen 1 – Screenshot halaman streaming

Sahabat yang melengkapi kamera dengan kartu MicroSD dapat dengan mudah melihat hasil rekaman video yang tersimpan. Kamera Xiaoyi Home ini mampu mengoperasikan kartu MicroSD sampai kapasitas 32 Gb. Nilai lebih yang saya lihat dari kamera ini adalah kemampuan untuk mengakses rekaman MicroSD dari komputer. Cukup mencabut kartu MicroSD pada kamera dan menghubungkannya kepada computer, Sahabat dapat mengakses file video rekaman yang tersimpan. Hal ini akan sangat bermanfaat jika Sahabat memerlukan pemeriksaan detail terhadap rekaman kamera yang tentunya akan lebih mudah dilakukan via computer.

Xiaoyi Home Camera juga bisa melakukan rekaman walaupun tanpa koneksi internet. Kamera akan terus merekam video dan menyimpannya di MicroSD selama masih terhubung ke sumber daya listrik. Sahabat pun dapat melihat kembali rekaman video yang direkam saat kamera kembali terhubung ke internet.

Kualitas Gambar

Kamera Xiaoyi Home menghasilkan gambar beresolusi 1280 x 720 pixel dengan format kompresi H.264. Selain itu, kamera ini memiliki Field Of View sebesar 111 derajat yang memungkinkan Sahabat mendapatkan cakupan luas pada tampilan layar Sahabat. Gambar yang dihasilkan dengan H.264 menghasilkan ukuran file yang kecil sehingga bisa menghemat bandwidth dan storage yang diperlukan untuk operasi kamera. Spesifikasi ini sangat fantastis jika dibandingkan dengan kamera CCTV setara yang ditawarkan merek mainstream yang memiliki FoV dan sistem kompresi gambar yang lebih minim.

Pengujian kualitas gambar pada kondisi dalam dan luar ruangan serta dalam kondisi malam dan dengan mode Night Vision dapat Sahabat lihat pada gambar-gambar asli hasil kamera dibawah (Watermark KKC-ID ditambahkan). Xiaoyi Home Camera memberikan kualitas gambar yang cukup untuk pemantauan dalam ruangan. Walau resolusinya 120 x 720, kualitas gambar yang dihasilkan tidak setajam kamera yang ada pada smartphone-smartphone saat ini.

keselamatankeluarga.com
Xiaoyi Home Camera Gen 1 – Tampilan gambar pada siang hari di dalam ruangan

Penggunaan kamera untuk pemantauan luar ruangan mungkin bisa bermanfaat untuk untuk mengamati situasi umum walaupun cukup sulit untuk mengenali plat nomor kendaraan berjarak lebih dari 10 m dari kamera. Tapi Sahabat perlu mengetahui kalau kualitas seperti ini cukup baik untuk ukuran kamera IP di rentang harga yang sama – bahkan dapat disandingkan Nest Dropcam Pro seharga 2 jutaan rupiah.

Gallery – Gambar Native kamera Xiaoyi Home Camera Gen 1

Deteksi Gerakan

Fitur pendeteksi gerakan Xiaoyi merupakan yang cukup canggih di kelasnya. Xiaoyi akan mengirimkan notifikasi dan cuplikan rekaman saat terjadi gerakan pada Smartphone Sahabat. Fitur deteksi gerakan akan mebuat kamera merekam video selama 6 detik dan menguploadnya secara otomatis ke server Xiaoyi. Sahabat juga dapat mendownload klip video ini ke Smartphone. Dengan ini Sahabat yang tidak melengkapi kameranya dengan MicroSD masih dapat melihat hasil rekaman video saat gerakan terdeteksi. Sahabat pun dapat mematikan fitur ini dan mengganti dengan notifikasi foto biasa jika Sahabat tidak merasa nyaman dengan mengupload video ke Server Xiaoyi.

Xiaoyi dapat menset deteksi gerakan berdasarkan area dan sensitivitas gerakan. Artinya Sahabat bisa menghindari notifikasi yang tidak perlu dikarenakan gerakan-gerakan yang normal seperti ranting / kipas angin. Sahabat juga dapat mengatur frequensi notifikasi yang muncul dari deteksi gerakan ini dari mulai rendah (Low) sampai sering (high).

Sayangnya Xiaoyi Home Camera 1 ini tidak dilengkapi dengan fitur deteksi suara (sound detection). Walaupun sering dianggap fitur sampingan, deteksi suara dapat memberikan proteksi tambahan terhadap sistem IP CCTV Sahabat.

keselamatankeluarga.com
Xiaoyi Home Camera Gen 1 – Pengaturan area motion detector

Fitur Penyimpanan Cloud

Saya cukup takjub ketika akhir tahun 2016 lalu Xiaoyi mengumumkan tersedianya fitur penyimpanan Cloud melalui YiCloud bagi lini home camera nya. Saya belum pernah melihat fitur ini di produk IP CCTV “murah” lain yang ada di pasaran.

Dengan fitur YiCloud merupakan fitur berlangganan agar pengguna dapat menyimpan rekaman video Xiaoyi ke server internet. Sahabat tidak perlu khawatir jika CCTV dan rekaman Micro SD rusak atau sengaja di rusak penjahat karena rekaman video Sahabat akan aman tersimpat secara real time di server internet. Hal ini tentunya hanya akan bekerja jika ada koneksi internet. Saat tidak ada koneksi internet, kita hanya bisa berdoa agar kamera dan rekaman di Micro SD tetap aman dan tak tersentuh.

Sahabat dapat mulai berlangganan YiCloud melalui situs Xiaoyi dengan biaya berlangganan dimulai dari $ 9.99 hingga $ 19.99 per bulan.

Sedikit catatan tentang fitur YiCloud. Xiaoyi sudah terkenal sebagai merek lokal Tiongkok. Tidak seperti D-Link, TP Link atau Samsung yang sudah memiliki reputasi positif di dunia Networking, Xiaoyi relatif sangat muda dan belum memiliki reputasi yang kuat dalam menjaga privasi penggunanya. Meskipun demikian, Xiaoyi menunjukan komitmen untuk menjaga privasi pengguna melalui beberapa pernyataan baik di aplikasi smartphone maupun di situs resminya. Semuanya kembali kepada Sahabat dalam menakar resiko privasi vs fungsi kamera ini.

Fitur Lainnya

Selain bebrapa fitur kunci diatas, Xiaoyi Home Camera 1 juga dilengkapi dengan banyak fitur pelengkap seperti fitur Talkback yang dapat digunakan untuk berbincang antara pengguna Smartphone dengan orang di depan kamera,  manajemen rekaman video via Smartphone, Opsi perekaman SD dan HD, proteksi PIN untuk mengakses kamera dan lainnya.

Kesimpulan

Sangat mudah untuk merekomendasikan Xiaoyi Home Camera untuk pengamanan atau pengawasan properti. Harga yang relatif murah, fitur yang melimpah dan kemudahan pengoperasian menjadi nilai lebih yang sulit dicapai IP CCTV lain di pasaran baik di kisaran harga yang sama atau di bahkan di harga yang lebih mahal.

Beberapa hal yang mungkin bisa menjadi pertimbangan Sahabat sebelum memutuskan untuk memilih produk ini adalah masalah jaminan keamanan privasi yang belum terbukti dan tidak adanya authorized agen/service center di Indonesia untuk jaminan aftersales.

Jika Sahabat bisa mentoleransi kedua resiko diatas, Xiaoyi Home Camera Gen 1 ini menawarkan fitur yang sangat handal dan lengkap untuk sebuah IP CCTV.  Sahabat bisa segera mengunjungi toko gadget pilihan Sahabat dan memesan kamera ini untuk kebutuhan keamanan Sahabat dan keluarga.



 

1 KOMENTAR

  1. Maaf gan mau nyanya…
    Jenis kamera ini bisa langsung di konek (menggunakan kabel) ke tv ga ? Kalau bisa caranya gimana?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here