Whatsapp Mulai Berbagi Data Pribadi Pengguna Dengan Facebook

Pengguna platform pesan terkemuka whatsapp sepertinya akan terancam kehilangan privasinya. Sejak whatsapp dibeli oleh Facebook pada 2014 silam, keterkaitan antara facebook dan whatsapp ini mulai terlihat melalui rencana untuk mengintegrasikan layanannya dengan Facebook. Pada 25 Agustus lalu Whatsapp mengumumkan berlakunya kebijakan mulai berbagi data pengguna dengan Facebook sebagai upaya untuk meningkatkan fitur pengalaman pengguna.

Whatsapp mengklaim kebijakan ini akan bermanfaat untuk mengurangi spam di layanan Facebook/Whatsapp dan juga untuk memberikan iklan yang lebih sesuai dengan kebutuhan pengguna. Selain itu, kebijakan ini juga diklaim dapat membuka layanan baru seperti informasi penerbangan, laporan transaksi keuangan, laporan pengiriman barang, dan info lainnya.

Dengan kebijakan ini, Whatsapp akan berbagi dengan Facebook untuk data nomor telepon, nama dan foto profil, status online, status read receipt dan status last seen pengguna. Tetapi Whatsapp dengan jelas menyatakan tidak akan berbagi isi pesan percakapan pengguna apalagi dengan adanya fitur end-to-end encryption saat ini.

Bagi Sahabat yang baru mengetahui info ini sebelumnya dan sudah  menekan tombol agree pada menu yang terdapat di broadcast massage whatsapp, jangan khawatir, settingan tersebut bisa diubah dalam 30 hari setelah kebijakan ini diluncurkan, artinya Sahabat hanya memiliki waktu hingga 25 September 2016.

Langkah yang bisa Sahabat lakukan untuk mengembalikan setting privasi Whatsapp adalah seperti berikut.

  1. Pada aplikasi whatsapp yang terinstal di smartphone anda, anda dapat memilih menu setting atau pengaturan
  2. Pilih menu account atau akun
  3. Setelah anda memilih menu account, selanjutnya akan muncul beberapa opsi seperti privacy, security, change number, delete my account dan share my account Anda cukup menghilangkan tanda centang pada pilihan share my account info tersebut.
  4. Kemudian akan muncul pesan dilayar, untuk mengkonfirmasi apakah anda benar – benar tidak ingin membagikan data anda untuk menikmati layanan baru whatsapp, jika anda yakin tak ingin berbagi dan tetap menjaga privasi anda maka tekan “dont share”
Setting Privasi Whatsapp
Cara setting Privasi Whatsapp

Secara otomatis whatsapp akan membatalkan izin anda untuk berbagi dengan facebook. Namun harus diperhatikan bahwa, cara pengubahan pengaturan tersebut hanya berlaku maksimal 30 hari terhitung dari facebook menampilkan pembaruan ketentuan privacy di whatsapp.

Sebagai pengguna Whatsapp, Sahabat harus cermat menyikapinya. Walaupun instant massage ini merupakan aplikasi tidak berbayar atau gratis, tetapi Sahabat harus memikirkannya benar – benar kepentingan data pribadi. Jika dirasa ini akan mengganggu kenyamanan Sahabat dalam menggunakan aplikasi ini, maka jangan membaginya dengan tidak menekan menu agree yang terdapat dibawah pesan. Sebaliknya, jika Sahabat merasa pembaharuan layanan ini akan membantu Sahabat dalam menggunakan Whatsapp dan internet, jangan sungkan untuk memilih “Agree” apalagi jika Sahabat memang sudah memiliki akun Facebook yang menyimpan semua data pribadi Sahabat.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here