Two-Level Authentication, Mencegah Peretasan Akun Media Sosial

Sahabat, akhir-akhir ini peretasan akun media sosial makin marak terjadi. Akun media sosial yang diretas biasanya digunakan hacker untuk melakukan penipuan. Hal ini tentunya dapat menimbulkan kerugian bagi pemilik akun media sosial maupun lingkungan pertemanannya. Salah satu penyebab peretasan biasanya karena mudah ditebaknya password/kata kunci untuk masuk ke akun media sosial, bahkan kelalaian pemilik akun sendiri yang menggunakan komputer umum tanpa mempertimbangkan keamanan. Salah satu cara untuk mencegah peretasan akun media sosial adalah dengan mengaktifkan fungsi Two-Level Authentication, mari simak ulasan berikut.

Tidak seperti pada login standard, dengan diaktifkannya fungsi Two-Level Authentication, maka untuk masuk ke dalam akun media sosial, selain menggunakan username dan password, Sahabat perlu memasukan kode authentikasi yang dikirim lewat ponsel Sahabat. Tanpa kode ini, meskipun Sahabat memasukan username dan password dengan benar, sistem media sosial tidak akan mengizinkan untuk masuk ke akun media sosial. Kode ini hanya bisa digunakan sekali ketika login pada perangkat komputer yang belum pernah didaftarkan. Setiap kali login, Sahabat akan diminta untuk memasukan kode otentikasi baru yang dikirim. Ketika pertama kali login menggunakan komputer pribadi, jangan lupa untuk melakukan registrasi supaya Sahabat tidak selalu diminta untuk memasukan kode otentikasi. Namun jika yang digunakan adalah komputer umum, registrasi sebaiknya tidak dilakukan. Meski agak merepotkan, fitur authentikasi ini dipandang lebih aman untuk mencegah peretasan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dalam artikel ini, Tim KKC akan membagi tips bagaimana mengaktifkan fitur Two-Level Authentication khusus untuk akun facebook dan gmail.


Facebook

Berikut langkah-langkah yang perlu Sahabat lakukan untuk mengaktifkan Two-Level Authentication pada website Facebook:

  • Pada website Facebook yang dibuka pada browser, Sahabat dapat memilih menu setting atau pengaturan.
  • Kemudian pada menu sebelah kiri, pilih menu “Security and Login”.

  • Arahkan menu ke bagian “Setting Up Extra Security” atau “Pengaturan Keamanan Tambahan” dan kemudian aktifkan “two-factor authentication” dengan menekan tombol edit.

  • Kemudian Sahabat perlu mengaktifkan fitur “Text Message (SMS)” dengan menekan link “Add Phone” atau “Tambahkan Telepon”.

  • Ketika menambahkan nomor telepon pertama kali, maka kode verifikasi akan dikirim ke nomor tersebut yang kemudian harus dimasukan untuk mengaktifkan fungsi authentikasi.
  • Selamat. Sahabat sudah melakukan aktifkasi Two-Level Authentication. Selanjutnya setiap Sahabat melakukan login menggunakan perangkat baru, selain username dan password, maka kode otentikasi akan diperlukan.

Gmail / Google Account

Berikut langkah-langkah yang perlu Sahabat lakukan untuk mengaktifkan Two-Level Authentication pada Gmail:

  • Pada website Gmail yang dibuka pada browser, Sahabat mengarahkan mouse ke photo di posisi paling kanan atas, klik kemudian pilih tombol “My Account” atau “Akun Saya”. Selanjutnya Sahabat akan diarahkan ke halaman website baru seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

Two-Level Authentication google

  • Pilih menu “Signing in to Google” pada bagian “Sign-in & Security”.
  • Cek menu pada bagian “Password & Sign-in method” untuk mengaktifkan Two-Step Authentication.

  • Kemudian Sahabat akan diarahkan untuk memulai mengaktifkan Two-Step Authentication.

  • Ikuti langkah-langkah yang diperlukan termasuk memasukan nomor telepon dan email cadangan untuk keperluan pengiriman kode otentikasi. Ketika menambahkan nomor telepon pertama kali, maka kode verifikasi akan dikirim ke nomor tersebut yang kemudian harus dimasukan untuk mengaktifkan fungsi ini.
  • Jika kode yang dimasukan benar, maka fitur authentikasi Sahabat sudah diaktifkan. Selanjutnya setiap Sahabat melakukan login menggunakan perangkat baru, selain username dan password, maka kode otentikasi akan diperlukan.

Selain dua akun media sosial di atas, akun lainnya seperti WhatsApp, Twitter, Instagram, Path dan sebagainya juga sudah mulai menawarkan fungsi two-level authentication. Sehingga jika Sahabat merasa perlu meningkatkan keamanan, fungsi ini dapat kapan saja diaktifkan.


Sahabat, semoga tips di atas dapat meningkatkan keamanan akun media sosial dari serangan peretasan. Tetap sehat dan selamat ya..

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here