Tips Memilih Car Dashboard Camera

Apa itu Car Dashboard Camera - engadget.com

Pada artikel sebelumnya Sahabat sudah mengetahui apa itu Car Dashboard Camera dan apa manfaatnya. Secara umum, Car Dashboard Camera merupakan kamera perekam yang dirancang untuk diletakkan pada mobil dan dapat melakukan proses merekam sepanjang kita berkendara. Ada banyak sekali fungsi dari alat ini, mulai dari hobi hingga untuk menjadi bukti saat terjadi kecelakaan lalu lintas.

Sebelum Sahabat memutuskan pilihan Car Dashboard Camera yang akan dibeli, Sahabat perlu mengetahui apa saja pertimbangan yang perlu diperhatikan terutama mengenai fitur-fitur penting yang dimiliki oleh Car Dashboard Camera yang tersedia di pasaran. Setelah mengenal apa saja fitur yang ada, Sahabat dapat memilih Car Dashboard Camera yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga : Mengenal Car Dashboard Camera

Untuk memilih Car Dashboard Camera, pertanyaan dasarnya adalah: Car Dashboard Camera tersebut ingin digunakan untuk apa? Jika Sahabat hanya ingin merekam perjalanan Sahabat selama satu atau dua jam, sebenarnya sebuah smartphone cukup bisa memenuhi kebutuhan ini. Tetapi kalau ingin merekam secara terus menerus tanpa putus selama berjam-jam, tentu saja Car Dashboard Camera merupakan menjadi pilihan tepat.

Berikut beberapa pertimbangan umum yang perlu diperhatikan sebelum membeli car dashboard camera:

Fitur utama perekam kecelakaan

Pastikan Car Dashboard Camera memiliki fitur dasar seperti continuous loop, emergency recording dan G-Force sensor. Continuous loop adalah proses penghapusan rekaman awal jika memori penyimpanan pada Car Dashboard Camera sudah penuh, agar ada cukup memori untuk menyimpan rekaman yang terbaru. Emergency recording adalah proses perekaman pada Car Dashboard Camera yang mulai merekam ketika terjadi sesuatu yang emergency. Keadaan emergency ini dipicu oleh aktifnya sensor G-force. Contohnya adalah ketika terjadi tabrakan atau pengereman mendadak.

Kualitas Gambar

Kualitas gambar merupakan aspek penting dalam penilaian Car Dashboard Camera. Dengan kualitas yang baik, Sahabat dapat melihat gambar dari jarak jauh melalui kamera dengan detail dan tanpa guncangan. Kualitas gambar ini diwakili oleh resolusi gambar serta kemampuan kecepatan tangkap gambar atau Frame Per Second (FPS). Gambar dengan resolusi 720p sudah cukup baik, namun saat ini Car Dashboard Camera dengan kualitas gambar 1080p sudah mulai mudah dijumpai di pasaran. Sebagai catatan, perbedaan kualitas gambar antara 1080p dengan 720p cukup besar dan signifikan. Disarankan untuk memilih Car Dashboard Camera dengan resolusi 1080p dan minimal 30FPS. Selain itu, perlu juga diperhatikan lebar pengambilan gambar (viewing angle) yang mampu dilakukan oleh Car Dashboard Camera . Semakin besar nilai viewing angle yang dapat diberikan oleh Car Dashboard Camera, maka semakin baik karena semakin luas daerah yang dicover oleh Car Dashboard Camera tersebut.

Kualitas gambar saat menyetir malam juga perlu jadi pertimbangan. Car Dashboard Camera akan merekam sepanjang waktu Sahabat berkendara. Siang dan malam, gelap maupun terang. Perlu Sahabat perhatikan bahwa biasanya kamera tidak dapat merekam gambar dengan sama baiknya saat terang maupun gelap, karena perbedaan intensitas cahaya yang diterima oleh kamera. Oleh karenanya, dibutuhkan camera yang dilengkapi dengan High Dynamic Range yang dapat memperjelas detail gambar dalam kondisi minim cahaya.

Baterai Tambahan Built-in

Car Dashboard Camera umumnya beroperasi tanpa baterai internal karena langsung menggunakan sumber listrik dari koneksi 12 V yang ada di mobil. Fitur ini dimaksudkan agar Car Dashboard Camera dapat tetap bisa merekam pada saat mesin kendaraan mati (penggunaan aki saat mesin mati bisa saja mengganggu fungsi utama aki). Fitur ini dapat memenuhi beberapa kebutuhan Sahabat seperti untuk merekam ke area luar kendaraan setelah terjadi kecelakaan, atau ketika ingin memutar ulang rekaman yang ada.

Ukuran Kamera

Ukuran kamera. Beberapa model Car Dashboard Camera cukup kecil dan memiliki komponen yang terpisah, sedangkan beberapa model berukuran besar dan hampir tidak bisa disembunyikan. Untuk mobil minibus besar tentu ukuran Car Dashboard Camera tidak akan menjadi masalah, namun akan lain halnya untuk sedan kecil. Mengapa demikian? Karena ukuran Car Dashboard Camera yang besar bisa mengganggu pandangan pengemudi ke depan.

LCD Display

Pilihan lain adalah apakah memilih Car Dashboard Camera yang dilengkapi dengan LCD display. Beberapa model dilengkapi dengan LCD yang akan membuat kita lebih mudah mengatur arah gambar secara langsung. Tentunya harga Car Dashboard Camera yang dilengkapi dengan LCD display akan lebih mahal dibandingkan dengan yang tanpa LCD display.

Kapasitas Penyimpanan Memori

Kapasitas penyimpanan. Sebenarnya hal ini tidak berkaitan langsung dengan kameranya. Beberapa model Car Dashboard Camera menggunakan memori eksternal, jadi tentu seberapa besar penyimpanan tergantung kapasitas memori eksternal tersebut. Umumnya Sahabat bisa merekam 8 – 10 jam video HD dengan kapasitas memori eksternal sebesar 32 GB. Perlu diketahui, semakin kecil ukuran memori yang ada, maka rentang rekaman continuous loop akan semakin pendek. Oleh karenanya, pastikan Sahabat memiliki kapasitas memori yang cukup sebelum memulai pejalanan.

Car dashboard camera – Garmin

Fitur Pelengkap

Fitur-fitur dasar di atas, merupakan fitur minimum yang ada pada Car Dashboard Camera. Namun bila Sahabat menginginkan lebih, Sahabat bisa memilih Car Dashboard Camera yang memiliki tambahan beberapa fitur yang juga bisa bermanfaat. Berikut adalah beberapa fitur tambahan yang bisa Sahabat pertimbangkan:

  1. Dengan adanya GPS, kita menjadi dimungkinkan untuk merekam kecepatan, koordinat (dan kemudian bisa kita bandingkan dengan peta). Dengan adanya GPS, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, posisi rekaman oleh GPS ini juga dapat menjadi barang bukti.
  2. Deteksi gerakan yang dapat menghidupkan Car Dashboard Camera secara otomatis. Fitur ini bertujuan untuk keamanan saat kendaraan Sahabat sedang parkir dan tidak ada yang mengawasi.
  3. Konektifitas Wifi, yang memungkinkan Sahabat untuk melihat rekaman melalui jaringan wireless atau aplikasi pada ponsel. Dengan koneksi wifi juga Sahabat dapat melakukan pengaturan terhadap Car Dashboard Camera melalui ponsel.
  4. Advance Driver Assist System (ADAS) dimana kamera memberikan notifikasi suara untuk kejadian yang mungkin membahayakan pengendara seperti jarak yang tidak aman dengan mobil di depan atau penggantian jalur yang tiba2. Merek low end seperti Xiaomi Yi Car Dashboard Camera sudah dilengkapi oleh fitur keren ini.
  5. Layanan Cloud Service seperti pada produk keluaran Black Vue. Layanan seperti ini memanfaatkan teknologi internet yang mulai merambah dunia otomotif. Car Dasboard Camera menjadi sebuah alat multifungsi yang bisa mendeteksi terjadinya kecelakaan dan otomatis menghubungi operator emergency via  koneksi internet. Layanan ini juga memberikan fitur online back up untuk rekaman perjalanan Sahabat. Sangat canggih bukan?
Source : Black Vue

Baca juga : Mengenal Car Dashboard Camera

Sahabat, semoga penjelasan car dashboard camera diatas dapat membantu dalam memilih alat terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Sahabat. Sahabat bisa mengunjungi beberapa toko online seperti Tokopedia dan Bukalapak untuk melihat berbagai pilihan car dashboard camera. Jangan lupa sortir daftar di toko untuk melihat produk yang populer yang paling banyak dibeli.

2 KOMENTAR

    • Kalau untuk bisa sih bisa aja pak. Tapi tidak akan optimal karena kamera CCTV satuan seperti Xiaomi/Xiaoyi tidak dilengkapi dengan fitur perekaman darurat karena tabrakan yang hanya ada di kamera Dash Cam. Selain itu faktor pemasangan dan ukuran yang besar bisa mengganggu pengemudi dalam mengendarai mobilnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here