12 Tips Jitu Membiasakan Anak Duduk di Car Seat

Penggunaan child car seat memang masih belum umum di Indonesia walaupun keberadaannya merupakan kewajiban di negara-negara maju dengan kesadaran terhadap keselamatan yang tinggi. Hal ini sering terjadi karena terbatasnya kesadaran akan pentingnya car seat atau juga karena sulitnya membuat anak duduk tenang selama menggunakannya. Apakah Sahabat termasuk salah satu orang tua yang kesulitan membuat anak duduk tenang di atas child car seat? Pada tulisan kali ini, saya akan berbagi tips membiasakan anak duduk di car seat agar dapat tenang dan lebih aman selama di perjalanan.

Pada dasarnya mengajarkan anak untuk menggunakan car seat serupa dengan mengajarkan anak untuk menggunakan toilet, berjalan atau perkembangan-perkembangan lainnya. Sahabat memerlukan kesabaran dan ketekunan untuk membuat anak memanfaatkan car seat dengan baik. Meskipun demikian, ada beberapa teknik yang bisa sahabat gunakan seperti yang dibahas dibawah ini:

Kesan pertama yang menyenangkan

Berikan kesan pertama yang menyenangkan bagi anak ketika sahabat memperkenalkan car seat kepada mereka. Kesan yang baik akan menimbulkan rasa suka bagi anak untuk lebih mengenal dan menggunakan car seat seperti yang disarankan Febria Indra Hastati, psikolog dari Brawijaya Woman and Children Hospital pada acara talkshow “Aman dan Nyaman Berkendara Bersama si Kecil”.

Untuk menimbulkan rasa suka, Sahabat dapat memberikan mainan baru beserta pujian yang menyenangkan untuk anak yang mau duduk diatas car seat untuk pertama kalinya. Kemauan menggunakan car seat dengan baik memang merupakan prestasi anak yang patut kita hargai dan syukuri.

Perkenalkan Sedini Mungkin

Jika anak dibiasakan untuk duduk di car seat sejak bayi maka ia tidak akan pernah rewel lagi untuk menggunakannya saat balita dan seterusnya. Anak yang tidak dibiasakan menggunakan car seat sedini mungkin akan cenderung menolak saat usia balita karena sudah mengenal keleluasaan dan nyamannya bergerak ke sana ke mari tanpa tertahan car seat. Padahal, perilaku ini sangat berbahaya dan dapat menganggu konsentrasi Sahabat sebagai pengemudi. Bisa Sahabat bayangkan jika anak senang berjalan ke sana-kemari saat mobil sedang dikemudikan, atau memainkan jendela atau lampu mobil, menyalakan wiper mobil atau menggoda ayah atau ibunya yang sedang menyetir. Tentu akan sangat berbahaya bagi si anak dan orang tua bukan?

Pastikan kenyamanan anak

Anak harus merasa nyaman saat menggunakan car seat agar tetap tenang selama perjalanan. Sahabat perlu memastikan bahwa alas duduk car seat lembut, empuk dan tidak membuat anak kepanasan. Selain itu, car seat juga harus bersih dari debu dan kotoran serta tidak berbau tidak sedap. Pakaian anak juga berpengaruh terhadap kenyamanan anak sehingga sebaiknya gunakan pakaian yang lembut dan dapat menyerap keringat.

Sahabat juga perlu memperhatikan apakah kaca jendela mobil terlalu silau untuknya. Gunakan tirai portable yang bisa ditempelkan pada kaca mobil jika sinar matahari dirasa menyilaukan si buah hati. Pastikan juga hembusan angin AC tidak mengenai langsung bagian badan anak agar dia tidak merasa kedinginan.

Yang juga tidak kalah penting dalam ketinggalan adalah jangan meletakkan anak di car seat dalam kondisi lapar karena tentunya anak akan semakin rewel dan tidak merasa nyaman.

Pastikan kenyamanan anak saat duduk di car seat
Pastikan kenyamanan anak saat duduk di car seat

Biasakan di rumah

Salah satu cara agar anak lebih terbiasa duduk diatas car seat adalah dengan membawa car seat ke dalam rumah dan membiarkan buah hati duduk manis di atas car seat-nya. Biasakan hal ini selagi anak menonton film kesayangannya, saat anak makan atau bermain dengan mainan kesayangannya. Hal ini akan menimbulkan sifat kebiasaan ketika anak menggunakan car seat pada mobil.

Sediakan mainan
Sediakan mainan spesial yang hanya bisa ia mainkan selama duduk di atas car seat. Mainan dapat menjadi insentif bagi anak yang mau duduk di car seat dan juga berfungsi sebagai pengalih perhatian bagi anak agar teralihkan dari perasaan “harus” duduk diatas car seat selama perjalanan. Sebaiknya Sahabat menyediakan mainan yang lembut untuk menghindari benturan pada anak saat mobil direm secara mendadak.

Sahabat juga dapat memasang mainan yang digantung di bagian atas kabin mobil. Tempelkan dengan kuat dan ulurkan mainan hingga jangkauan tangan anak terutama yang masih bayi. Pastikan mainan yang tergantung terbuat dari bahan yang lembut untuk menghindari luka akibat benturan pada anak.

Putar Lagu Kesukaan Anak

Selanjutnya untuk membuat ia semakin senang, bereksperimenlah dengan musik yang mungkin mereka sukai. Banyak anak yang menyukai lagu anak lullaby bertema ceria tapi ada juga anak yang menjadi tenang ketika mendengar lagu favorit Sahabat. Merekam nyanyian Sahabat juga dapat menjadi trik rahasia yang mungkin berhasil membuat anak lebih nyaman duduk diatas car seat.

Beberapa anak merasa tenang ketika mendengar bunyi bising seperti bunyi penyedot debu. Bunyi-bunyi seperti ini dianggap memiliki kemiripan dengan bunyi yang anak dengar pada saat dalam kandungan sehingga menimbulkan kesan nyaman dan tentram bagi anak.

Temani anak di kursi belakang

Jika Sahabat tidak dalam keadaan mengemudi, Sahabat dapat duduk disamping car seat anak untuk menemani dan bermain bersama anak selama perjalanan. Buat suasana menyenangkan dan mengesankan agar anak semakin betah duduk di car seat. Pastikan Sahabat juga melindungi diri dengan mengenakan sabuk keselamatan.

Sediakan Cermin

Untuk car seat yang menghadap kebelakang, Sahabat juga dapat memasang cermin yang bisa membuat Sahabat yang sedang mengemudi melirik si buah hati yang sedang duduk di car seat. Tatap muka ini akan mengurangi perasaan bosan atau khawatir anak ketika harus duduk menghadap ke jok belakang. Jangan lupa untuk tetap menjaga konsentrasi mengemudi Sahabat.

Batasi Waktu Perjalanan

Sangat tidak disarankan untuk menempatkan bayi dalam car seat selama berjam-jam. Jika Sahabat membawanya ke tempat yang cukup jauh, maka dalam waktu tertentu, anak bisa diturunkan dari car seat selama beberapa saat sebelum melanjutkan perjalanan lagi. Ini penting agar anak tidak duduk dalam waktu lama dengan kondisi tubuh yang tegak dan monoton.

Pastikan child car seat terpasang dengan benar
Pastikan child car seat terpasang dengan benar

Cek Kesehatan Anak

Penting juga untuk mengecek kesehatan anak sebelum membawanya bepergian. Mungkin saja buah hati Sahabat sedang sakit sehingga tetap rewel dalam perjalanan walaupun Sahabat sudah mencoba berbagai hal untuk menenangkan si buah hati.

Pasang Child Car Seat dengan benar

Pemasangan seatbelt yang terlalu ketat juga menyebabkan anak merasa tidak nyaman di car seat mereka. Sehingga sangat disarankan untuk memasang seatbelt yang tidak ketat juga tidak longgar. Caranya adalah dengan mengukur satu jari dari bahu si bayi. Dengan begitu ia memiliki ruang untuk bergerak dengan nyaman untuk waktu yang lama.

Selain itu, penting untuk memperhatikan jenis car seat yang digunakan. Car seat yang sesuai dengan berat, tinggi, dan usia si anak tentu akan membuatnya lebih nyaman karena sesuai dengan bentuk tubuh anak. Memasangkan car seat yang tidak sesuai dengan ukuran si anak akan membuatnya kesulitan untuk bergerak dan membuatnya merasa tidak nyaman terutama untuk duduk dalam jangka waktu lama. Pengetahuan jenis-jenis car seat dan cara menyesuaikannya dengan ukuran si anak sebelum membeli adalah hal bijak yang harus Sahabat kuasai.

Jadilah panutan

Dengan pola kebiasaan anak yang cenderung meniru perilaku orang tuanya, maka Sahabat perlu menjadi role model yang baik bagi mereka. Ini dilakukan dengan senantiasa menggunakan sabuk pengaman setiap kali berkendara. Sehingga mereka akan melihat dan mencontoh sikap disiplin orang tuanya dan mau menggunakan car seat secara sukarela tanpa paksaan dari orangtua.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here