[Review] Sabuk Bonceng Anak – Oscas : Ringan dan Nyaman

sabuk bonceng anak - oscas
Sabuk Bonceng Oscas - KeselamatanKeluarga.com

Berkendara bersama anak menggunakan sepeda motor memang merupakan hal yang tidak bisa dihindari bagi kebanyakan orang di Indonesia. Bahkan bagi sebagian orang, pilihannya antara membonceng anak atau kehilangan mata pencaharian.

Menghadapi kondisi seperti ini, beberapa kelompok masyarakat yang peduli terhadap keselamatan bermotor berinisiatif membuat produk yang bisa meningkatkan keselamatan saat membonceng anak. Salah satunya adalah Oscas yang menerbitkan produk Sabuk Boncengnya.

Kali ini tim KKC mendapat kesempatan untuk melakukan review Sabuk Bonceng Anak Oscas. Sabuk bonceng yang merupakan salah satu perlengkapan yang bisa dipakai untuk mengurangi risiko kecelakaan saat membonceng anak.

Desain dan Fitur

Sabuk bonceng Oscas didesain untuk mencegah anak terjatuh terutama saat dibonceng di belakang. Beberapa hal yang bisa membuat anak terjatuh adalah ketika anak mengantuk atau ketika motor harus melalui jalan berlubang atau berhenti mendadak. Membonceng anak di jok belakang sendiri dianggap metode paling aman dalam berkendara sehingga kegunaan Sabuk Bonceng Oscas menjadi semakin relevan.

Harap ingat bahwa Sahabat tetap berkewajiban untuk memastikan anak menggunakan helm yang sesuai selama berkendara. Wajib!

Sabuk bonceng Oscas terbuat dari bahan mirip tas yang cukup kuat dan ringan. Setiap sabuk bonceng dipercantik dengan gambar kartun yang disablon ke bagian belakang sabuk. Oscas menyediakan berbagai macam motif sablonan yang dapat membuat anak semakin tertarik untuk menggunakan sabuk bonceng ini.

Sabuk ini terasa sangat ringan dan terbuat dari bahan yang lembut. Sisi muka dalam sabuk bonceng terbuat dari bahan yang mirip busa sehingga terasa nyaman. Bagian sisi luar terbuat dari bahan mirip tas untuk memberikan ketahanan yang lebih terutama jika sering digunakan. Bagian sisi sabuk pengikat yang berhubungan langsung dengan kulit, seperti bagian leher, berbentuk tumpul sehingga mengurangi risiko iritasi kulit.

Sabuk ini tidak anti air akan tetapi dengan desainnnya yang ringkas dan ringan, kami yakin pencucian dan pengeringannya tidak akan menyulitkan.

Gallery – Sabuk Bonceng Oscas

Performa Keselamatan

Pada sabuk bonceng Oscas, anak diamankan dari jatuh dengan prinsip mengikatkan badan anak ke pengemudi melalui sabuk pengikat bagian pinggang. Badan anak diamankan dengan mekanisme seperti tas ransel dimana terdapat sabuk pengikat yang melingkar setiap bahu anak. Mekanisme seperti ini sangat meningkatkan kenyamanan anak karena bagian dada hingga kepala anak tidak terkunci dengan gerakan punggung pengendara seperti pada beberapa sabuk bonceng tipe lain.

KeselamatanKeluarga.com
Sabuk Bonceng Oscas – Penggunaan

Sabuk bonceng dipasang dengan menggunakan 5 gesper untuk 5 bagian pengikat pada Sabuk Oscas ini. Artinya pemasangannya menjadi lebih mudah dan cepat. Selain itu, tiap sabuk pengikat juga dilengkapi pengatur panjang tali agar bisa diatur sesuai ukuran anak.

Oscas menyatakan sabuk ini bisa digunakan untuk posisi bonceng anak di depan atau di belakang. Akan tetapi dengan tidak adanya bagian sabuk untuk penyangga duduk, akan lebih bijak untuk menggunakan sabuk ini hanya pada posisi bonceng anak di belakang.

Kami pun mencoba menggunakan sabuk bonceng ini untuk membonceng anak yang berusia 4 tahun dan tinggi 100 cm. Pengujian dilakukan seaman mungkin di kompleks perumahan dengan lalu lintas yang kosong.

Pemasangan sabuk bonceng sangat mudah. Cukup kaitkan semua gesper yang terdapat di sabuk bagian anak, angkat anak ke jok motor, kaitkan sabuk pengikat ke pinggang, atur kekencangan sabuk dan Sahabat pun sudah bisa berkendara. Memang Sabuk dengan pengikat berkonsep “ransel” ini menawarkan kemudahan pemasangan.

KeselamatanKeluarga.com
Sabuk Bonceng Oscas – Penggunaan

Kami pun tidak lupa untuk memastikan helm pengemudi dan helm anak sudah terpasang dengan benar.

Posisi duduk terasa lebih nyaman jika dibandingkan saat tidak menggunakan Sabuk bonceng. Anak terasa lebih kokoh duduk di jok belakang. Selain itu juga ada perasaan anak terikat dengan aman sehingga dapat meningkatkan konsentrasi mengemudi.

Di sisi lain, ukuran anak setinggi 100 cm mungkin belum bisa sepenuhnya terikat dengan kencang karena tubuhnya yang masih kecil dan ringan. Masih ada ruang bagi anak untuk bergerak miring ke samping walaupun kecil kemungkinannya untuk terjatuh. Selain itu, kepala anak menjadi terbatas saat memandang ke depan – keterbatasan ini dapat juga terjadi kalau anak dibonceng secara diapit diantara orang tua.

Keterbatasan seperti ini memang salah satu kelemahan pengikat tipe ransel. Pengikat ini di satu sisi memberikan kenyamanan bagi anak tapi disisi lain mengurangi titik pengikatan badan anak ke pengemudi.

Ikatan sabuk tentu akan lebih nyaman lagi jika berat badan dan tinggi anak lebih tinggi. Mungkin usia terbaik adalah 4 tahun keatas. Saat inilah ukuran tubuh anak membuat sabuk bonceng terasa sangat pas untuk digunakan.

Gallery – Penggunaan Sabuk Bonceng Oscas

Kesimpulan

Sabuk bonceng Oscas merupakan buah inisiatif masyarakat yang ingin membuat kegiatan membonceng anak menjadi lebih aman.

Sabuk bonceng Oscas berhasil memberikan kenyamanan dan keamanan lebih dalam membonceng anak melalui fitur pengikat badan anak ke pengemudi. Bahan yang lembut dan ringan serta desain yang menarik merupakan salah satu poin plus yang ditawarkan. Tipe pengikat yang seperti ransel pada punggung anak juga membuat penggunaan sabuk lebih praktis serta memberikan kenyamanan bagi anak yang dibonceng. Hanya saja konsekuensi pengikat seperti ini adalah semakin besar dan tingginya badan anak yang diperlukan agar terikat dengan kokoh dan nyaman.

Selalu rencanakan jalur perjalanan yang aman dan gunakan sabuk bonceng anak secara bijak ya Sahabat!



 

Bahan bacaan :

Child Development and Motorcycle Safety – World Health Organization

 

Catatan :

Redaksi KKC berkomitmen untuk mengenalkan produk-produk keselamatan agar lebih dikenal oleh masyarakat luas. Artikel perkenalan produk dibuat secara independen untuk membantu Sahabat dalam memilih produk keselamatan keluarga terbaik. Silahkan hubungi tim redaksi KKC jika Sahabat memiliki produk yang dirasa bermanfaat bagi peningkatan taraf keselamatan keluarga Indonesia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here