[Review] YI Dome Camera – Pengawasan CCTV Semakin Luas Dengan Fitur PTZ

Yi dome camera
Yi Dome Camera

Kali ini tim KKC_ID mendapatkan kesempatan untuk melakukan pengujian terhadap Xiaoyi YI Dome IP CCTV camera. Kamera yang juga dikenal dengan sebutan Xiaomi Dome ini menawarkan fitur yang cukup wah dengan kisaran harga yang relatif murah.

Spesifikasi

XiaoYi memang sudah terkenal dalam membuat produk berspesifikasi tinggi dengan harga murah. Salah satu contoh produk IP CCTV kamera yang sudah populer di pasar Indonesia adalah YI Home Camera yang pernah KKC_ID ulas beberapa saat lalu.



YI Dome Camera sendiri merupakan model pertama dari lini kamera PTZ 360 yang ditawarkan Xiaoyi. Meskipun demikian, spesifikasi yang ditawarkan tergolong tinggi dan cukup untuk membantu Sahabat mengamankan aset yang dimiliki. Fitur utama Pan-Tilt-Zoom dengan resolusi HD dapat memberikan cakupan kamera ke seluruh ruangan.

Beberapa fitur unggulannya adalah:

  • Pan-Tilt-Zoom (PTZ) dengan Motion Tracking
  • Resolusi HD 1280 x 720 pixel dan 112 derajat field of view
  • Kompresi video H.264
  • Two Way Audio untuk percakapan dua arah
  • Motion detection
  • Night Vision dengan lampu infra merah
  • Perekaman video lokal dengan melalui slot MicroSD
  • Opsi Cloud Storage berlangganan
  • Harga : Kisaran 600 – 800 ribu rupiah
  • Situs Resmi : https://www.yitechnology.com/yi-dome-camera

Banyak orang yang menganggap Xiaoyi Home camera adalah produk dari merek Xiaomi yang sudah lebih dahulu tenar di Indonesia. Sebenarnya Xiaoyi dan Xiaomi merupakan dua merek yang berbeda dan memiliki ekosistem software yang juga berbeda. Meskipun demikian, kedua merek ini mungkin memiliki keterkaitan di belakang layar karena produk Xiaoyi pernah hadir di marketplace Xiaomi beberapa waktu yang lalu.

Desain Produk

Kesan pertama yang kami dapatkan dari kamera ini adalah ukurannya yang kecil. Ukuran kamera YI Dome tergolong kecil untuk ukuran kamera tipe PTZ. Akan tetapi, YI Dome Camera memiliki bentuk yang setipe dengan kamera dome lainnya. Hal ini membuat kamera ini tetap terkesan “mengintimidasi” jika diletakan di lokasi yang mudah terlihat oleh orang di dalam ruangan.

Seperti produk Xiaoyi lainnya, kamera IP CCTV YI Dome juga memiliki karakteristik produk yang solid dan tidak terkesan murahan. Bahan plastik yang melapisi kamera ini terasa tebal dan tidak mengkilat.

YI Dome Camera terdiri dari bagian dasar dan bagian “kepala” dimana lensa berada. Bagian kepala kamera dapat berputar untuk mencapai arah kamera yang Sahabat inginkan. Xiaoyi menyertakan dua buah sekrup yang dapat digunakan untuk merekatkan kamera ini sesuai posisi yang Sahabat inginkan seperti di atas meja, di dinding maupun di plafond.

Bagian depan kamera terdapat lampu indikator dan lensa. Bagian kiri dan kanan hanya terdapat lubang yang kelihatannya adalah lubang speaker. Bagian belakang kamera dilengkapi dengan tombol Reset, lubang power dan lubang kartu MicroSD.

Kamera YI Dome berfungsi sebagai kamera CCTV indoor. Penggunaan diluar ruangan, walau terlindungi dari hujan, tetap beresiko merusak kamera terutama pada komponen motornya. Oleh karena itu review ini akan difokuskan pada penggunaan di dalam ruangan.

Gallery – Yi Dome Camera Smart IP CCTV

Penyetelan Kamera

Kamera Xiaoyi Home yang beredar di Indonesia terdiri dari versi Tiongkok dan versi Internasional. Jika Sahabat tertarik untuk menggunakan kamera ini, pastikan Sahabat memiliki tipe internasional walau harganya sedikit lebih mahal dari tipe Tiongkok. Tipe internasional memungkinkan Sahabat mendownload aplikasi YiHome dengan region diluar Tiongkok, tidak seperti versi Tiongkok dimana aplikasi hanya bisa didownload manual atau melalui akun berbasis di Tiongkok. Versi internasional juga membuat Sahabat dengan leluasa mengupgrade firmware kamera Xiaoyi Sahabat untuk mendapat fitur terbaru dari Xiaoyi.

Aplikasi YiHome bisa didapat di Apple App Store maupun Google Playstore.

Aplikasi YiHome membutuhkan ijin aplikasi yang cukup detail seperti identitas pengguna, panggilan telepon, dan modifikasi settingan sistem. Pengguna yang sensitif terhadap privasi mungkin akan berpikir dua kali sebelum menginstal aplikasi ini karena selain ijin yang detail, sistem dan server aplikasi ini berbasis di Tiongkok yang notabene tidak memiliki reputasi baik terhadap privasi masyarakatnya.



Untungnya Xiaoyi merupakan salah satu produsen IP CCTV low end yang menunjukan komitmen nya terhadap privasi pengguna. Xiaoyi juga semakin gencar memasarkan produknya di Amerika Utara dan Eropa yang memiliki regulasi terkait provasi yang lebih ketat. Hal ini merupakan tanda positif apalagi jika Sahabat tertarik menggunakan fitur penyimpanan Cloud yang akan Kami bahas di segmen selanjutnya.

Setelah aplikasi terinstal di smartphone, Sahabat tinggal mengikuti instruksi yang ada di layar. Hebatnya, Xiaoyi Home Camera dilengkapi dengan panduan suara yang memberikan petunjuk status penyetelan kamera Sahabat. Panduan suara ini merupakan fitur yang sangat keren dan membantu.

Penyetelan kamera ke smartphone berlangsung cukup mudah. Di sisi lain, kesederhanaan penyetelan kamera berarti membatasi akses pengguna ke bagian teknis kamera. Tidak seperti kamera IP keluaran D-Link atau TP Link, Xiaoyi Home Camera tidak memberikan akses kita untuk melakukan penyetelan manual pada system network seperti IP dan firewall. Akan tetapi fitur ini mungkin tidak terlalu diperlukan bagi kebanyakan orang yang tidak ingin ribet menyetel kameranya secara manual.

Pengoperasian

Mengakses Kamera Via Aplikasi

Aplikasi YiHome tergolong sangat mudah untuk dioperasikan. Daftar kamera yang Sahabat miliki terdapat di halaman Home. Pada bagian atas layar Home terdapat tombol untuk menambah kamera. Pada bagian bawah layar terdapat beberapa tombol yaitu untuk melihat Alert / notifikasi Motion Detection, mengakses gallery gambar/video yang tersimpan, dan untuk halaman bantuan dan manajemen akun. Sahabat cukup mengklik nama kamera di bagian Home untuk mengakses kamera CCTV yang ingin Sahabat lihat.

Baru-baru ini akhirnya Xiaoyi menyediakan fitur pengaksesan melalui komputer / PC. Sahabat bisa mengakses kamera melalui aplikasi YI Home App for Mac or Windows PC yang bisa didownload di situs Xiaoyi. Sayangnya pengaksesan via PC tidak bisa dilakukan melalui browser seperti yang ditawarkan oleh D-Link.

Kamera YI Dome melakukan perekaman secara continuous loop dimana rekaman yang sudah lama akan otomatis terhapus untuk menyediakan ruang untuk rekaman baru. Sahabat juga dapat menyimpan momen-momen tertentu secara manual dengan meng-klik tombol kamera/video pada halaman pengaksesan kamera. Gambar atau video yang diambil akan tersimpan di penyimpanan lokal Smartphone Sahabat dan bisa diakses kapan pun. Navigasi rekaman dilakukan dengan sangat mudah melalui slider timeline di bagian bawah video. Kamera Xiaoyi Home juga dapat diset untuk hanya merekam video saat terdeteksi gerakan melalui fitur motion detector untuk mengurangi besar data rekaman.

KeselamatanKeluarga.com
YiDome Camera – Halaman live video stream

Sahabat yang melengkapi kamera dengan kartu MicroSD dapat dengan mudah melihat hasil rekaman video yang tersimpan. Kamera Xiaoyi Home ini mampu mengoperasikan kartu MicroSD dari ukuran 4 GB sampai kapasitas 32 GB. Nilai lebih yang saya lihat dari kamera ini adalah kemampuan untuk mengakses rekaman MicroSD dari komputer. Cukup mencabut kartu MicroSD pada kamera dan menghubungkannya kepada computer, Sahabat dapat mengakses file video rekaman yang tersimpan. Hal ini akan sangat bermanfaat jika Sahabat memerlukan pemeriksaan detail terhadap rekaman kamera yang tentunya akan lebih mudah dilakukan via komputer.

Xiaoyi Home Camera juga bisa melakukan rekaman walaupun tanpa koneksi internet. Kamera akan terus merekam video dan menyimpannya di MicroSD selama masih terhubung ke sumber daya listrik. Sahabat pun dapat melihat kembali rekaman video yang direkam saat kamera kembali terhubung ke internet.

Kualitas Gambar

Kamera Xiaoyi Home menghasilkan gambar beresolusi 1280 x 720 pixel dengan format kompresi H.264. Selain itu, kamera ini memiliki Field Of View sebesar 112 derajat yang memungkinkan Sahabat mendapatkan cakupan ruangan yang lebih luas pada tampilan layar Sahabat. Gambar yang dihasilkan dengan H.264 menghasilkan ukuran file yang kecil sehingga bisa menghemat bandwidth dan besar data yang diperlukan untuk operasi kamera. Spesifikasi ini sangat fantastis jika dibandingkan dengan kamera CCTV setara yang ditawarkan merek mainstream.

Pengujian kualitas gambar pada kondisi dalam ruangan serta dalam kondisi malam dan dengan mode Night Vision dapat Sahabat lihat pada gambar-gambar native (asli) hasil kamera dibawah. Kualitas gambar secara umum sangat mirip dengan model YI Home Camera. Walau resolusinya sudah HD 1280 x 720 pixel, kualitas gambar yang dihasilkan tidak setajam kamera yang ada pada smartphone-smartphone saat ini. Detail gambar sedikit blur tapi masih cukup untuk mengenali wajah dan objek yang ada di dalam ruangan. Bagian sisi gambar pada YI Dome Camera mengalami efek distorsi (terlihat cembung) jika dibandingkan pada YI Home Camera. Hal ini karena FOV sebesar 112 derajat pada YI Dome Camera dibandingkan dengan 93 derajat pada YI Home Camera.

Akan tetapi kualitas seperti ini memang merupakan standard kebanyakan IP CCTV kamera di segmen DIY dan relatif cukup untuk pemantauan dalam ruangan. Sahabat dapat membandingkan dengan kualitas gambar keluaran Nest Dropcam Pro seharga 2 jutaan rupiah yang memiliki karakteristik gambar yang mirip.

Gallery – Gambar Native kamera YI Dome Camera

Fitur Pan Tilt Zoom

YI Dome Camera dapat berputar sejauh 345˚ secara horisontal dan 115˚ secara vertikal. Dengan resolusi 1280 x 720 pixel, kamera ini dapat menjangkau seluruh sudut ruangan.

Pengoperasian fitur PTZ dapat dilakukan menggunakan aplikasi Yi Home App. Sahabat dapat mengarahkan sudut kamera dengan Joy Stick virtual pada halaman video stream atau dengan melakukan double tap pada sudut ruangan yang ingin Sahabat monitor. Pengoperasian joy stick memang cukup intuitif tapi terdapat sedikit lag (jeda) yang cukup mengganggu pengoperasian.

Sahabat juga dapat menyimpan sampai dengan 8 arah kamera menggunakan fitur Bookmarks. Dengan fitur ini Sahabat cukup men-tap lokasi yang ada di tab Bookmarks dan kamera pun akan otomatis mengarah ke posisi yang diinginkan. Arah-arah kamera ini juga dapat dengan mudah diakses di tab Bookmarks.

YI Dome Camera dilengkapi dengan fitur Auto-Cruise yang membuat kamera menyapu sekeliling ruangan secara horizontal. Auto-Cruise ini juga dapat diset untuk bergerak ke titik-titik yang sudah Sahabat simpan di tab Bookmarks. Sahabat juga dapat mengatur Auto-Cruise untuk berjalan seharian atau pada jam-jam tertentu. Sahabat tidak perlu kaget jika Auto-Cruise berjalan terputus putus karena hal itulah yang kami alami. Sepertinya hal ini diperlukan agar fitur Motion Detection tetap bekerja saat Auto-Cruise diaktifkan.

Hal lain yang cukup menarik adalah fitur Motion Tracking. Jika fitur ini diaktifkan, kamera akan otomatis berputar untuk mengikuti arah objek yang bergerak seperti orang yang berjalan melintasi ruangan. Fitur ini akan sangat bermanfaat untuk mendapatkan gambar yang lebih detail terhadap orang yang melintas.

KeselamatanKeluarga.com
YiDome Camera – Pengaturan PTZ, Auto-Cruise dan Bookmarks

Pergerakan motor kamera kedengarannya cukup berisik. Suara yang dihasilkan saat merubah sudut kamera akan cukup mengganggu apalagi jika digunakan di kamar tidur. Sepertinya D-Link DCS 850L memberikan suara motor yang jauh lebih halus dibanding kamera ini.

Deteksi Gerakan

Fitur pendeteksi gerakan kamera YI Dome tergolong cukup canggih di kelasnya. YI Home App akan mengirimkan notifikasi dan cuplikan rekaman saat terjadi gerakan pada smartphone Sahabat. Fitur deteksi gerakan akan mebuat kamera merekam video selama 6 detik dan menguploadnya secara otomatis ke server Xiaoyi untuk disimpan selama 7 hari (diperlukan koneksi internet). Sahabat juga dapat mendownload klip video ini ke smartphone Sahabat. Dengan ini Sahabat yang tidak melengkapi kameranya dengan MicroSD masih dapat melihat hasil rekaman video saat gerakan terdeteksi. Sahabat pun dapat mematikan fitur ini dan mengganti dengan notifikasi foto biasa jika Sahabat tidak merasa nyaman dengan mengupload video ke Server Xiaoyi.

Clip sepanjang 6 detik mungkin tidak cukup untuk menangkap detail kejadian saat diperlukan, oleh karena itu Sahabat sebaiknya melengkapi kamera dengan kartu MicroSD atau dengan berlangganan fitur YiCloud yang akan dibahas di bagian selanjutnya.

Tidak seperti Yi Home Camera, kamera YI Dome tidak dilengkapi dengan fitur pengaturan area deteksi seperti pada model Yi Home Camera Gen 1. Akan tetapi kamera ini tetap dilengkapi dengan pengaturan sensitivitas gerakan. Artinya Sahabat bisa menghindari notifikasi yang tidak perlu dikarenakan gerakan-gerakan yang normal seperti ranting / kipas angin. Sahabat juga dapat mengatur frequensi notifikasi yang muncul dari deteksi gerakan ini dari mulai rendah (Low) sampai sering (high). Perlu Sahabat ketahui bahwa motion detection ada pengaturan high memberikan jeda deteksi selama kurang lebih 30 detik.

Sayangnya YI Dome Camera tidak dilengkapi dengan fitur deteksi suara (sound detection). Walaupun sering dianggap fitur sampingan, deteksi suara dapat memberikan proteksi tambahan terhadap sistem IP CCTV Sahabat.

Fitur Penyimpanan Cloud

Semua lini XiaoYi IP CCTV camera dilengkapi dengan fitur YiCloud. Melalui fitur berlangganan ini, Sahabat dapat menyimpan rekaman video Xiaoyi ke server internet. Sahabat tidak perlu khawatir jika CCTV dan rekaman Micro SD rusak atau sengaja di rusak penjahat karena rekaman video Sahabat akan aman tersimpat secara real time di server internet. Hal ini tentunya hanya akan bekerja jika ada koneksi internet. Saat tidak ada koneksi internet, kita hanya bisa berdoa agar kamera dan rekaman di Micro SD tetap aman dan tak tersentuh.

Sahabat dapat mulai berlangganan YiCloud melalui situs Xiaoyi dengan biaya berlangganan dimulai dari $ 9.99 hingga $ 19.99 per bulan.



Sedikit catatan tentang fitur YiCloud. Xiaoyi sudah terkenal sebagai merek lokal Tiongkok. Tidak seperti D-Link, TP Link atau Samsung yang sudah memiliki reputasi positif di dunia Networking, Xiaoyi relatif sangat muda dan belum memiliki reputasi yang kuat dalam menjaga privasi penggunanya. Meskipun demikian, Xiaoyi menunjukan komitmen untuk menjaga privasi pengguna melalui beberapa pernyataan baik di aplikasi smartphone maupun di situs resminya. Semuanya kembali kepada Sahabat dalam menakar resiko privasi vs fungsi kamera ini.

Fitur Lainnya

Selain bebrapa fitur kunci diatas, Xiaoyi Home Camera 1 juga dilengkapi dengan banyak fitur pelengkap seperti fitur Talkback yang dapat digunakan untuk berbincang antara pengguna Smartphone dengan orang di depan kamera,  manajemen rekaman video via Smartphone, Opsi perekaman SD dan HD, proteksi PIN untuk mengakses kamera dan lainnya.

Penggunaan

Berdasarkan ulasan di atas, kamera IP CCTV YI Dome Camera dapat membantu Sahabat untuk:

  • Pengawasan rumah & aset secara umum (dalam ruangan)
  • Memonitor aktivitas anak bersama baby sitter selama orang tua pergi keluar rumah
  • Memonitor manula saat beraktivitas di dalam rumah
  • Memonitor anak ketika belajar tidur di kamar sendiri

Kesimpulan

Di tengah gempuran berbagai produk IP CCTV baru di pasaran, kamera YI Dome masih sangat layak untuk Sahabat pertimbangan dalam memonitor baik itu rumah maupun aktivitas orang-orang di dalamnya. Harga yang relatif murah, Fitur Pan-Tilt-Zoom beserta opsi langganan cloud yang ada pada kamera ini memberikan kemampuan monitoring yang lebih handal untuk pengguna rumahan yang ingin membangun sistem keamanan sederhana dengan budget terbatas.

Beberapa hal yang mungkin bisa menjadi pertimbangan Sahabat sebelum memutuskan untuk memilih produk ini adalah masalah jaminan keamanan privasi yang belum terbukti dan tidak adanya authorized agen/service center di Indonesia untuk jaminan aftersales.



38 KOMENTAR

  1. mas, boleh nanya dikit ngga terkait problem saya, siapa tahu bisa membantu mencari solusinya, jadi yi dome saya pas diakses lewat handphone selalu gagal dengan notifikasi “connection to this camera exceeded allowable limit (-3029)”. Kira-kira ada saran buat mengatasinya mas? terima kasih.

      • Saya pakai versi itl dan aplikasi yi home mas. Sudah berkali kali di reset tp nantinya tetep muncul error tsb. Utk skr malah kedip kedip kuning terus tanpa mengeluarkan suara. Gmn y mas?

        • Mungkin bisa dicoba re-install juga aplikasinya n region kamera dan aplikasinya diganti ke US. Kameranya sudah brp lama ya?

          • Iy kmrn install ny di region north Amerika. Baru dua bln mas. Cm skr dh g ngrespon lg. Kedip2 kuning gitu. Ngefreeze.

          • Mungkin bisa dicoba di handphone lain mas. Kalo gak bisa juga berarti seperti yang di kaskus bilang kalau ini masalah hardware.

  2. Assalamualaikum mas, saya menggunakan yi dome 3 buah, persoalan nya adalah yang satu pada sudut atau putaran yang ke 310 derajat hasil live maupun rekaman warna nya kacau /blobor jadi tidak clear, trus semua camera kok kadang off lain ya bagaimana solusi nya, suwun.

    • Waalaikum salam. Untuk kualitas gambar yang jadi kacau kami tidak mengalaminya. Mungkin bisa dicek apa semua kamera mengalami hal yang sama. Kalau hanya satu kamera yang seperti itu, bisa jadi unitnya cacat. Untuk kamera yang off, apa ada masalah pada sumber listrikny? Bisa juga dicek koneksi interetnya kalau kamera tetap on tapi di HP statusnya off. Semoga membantu.

      • mas tanya lagi ya, hehe

        xiaomi yi dome putih itu apa selalu yang versi china dan apa yang warna hitam itu selalu versi international?

        karena ada beberapa yang menjual warna putih tetapi ditulis ‘international’

        • Unit yang kami Uji versi internasional berwarna putih. Sebaiknya dipastikan dulu ke sellernya sblm membeli, mbak. Terimakasih

  3. Halo mas, kebetulan saya baru beli nih, trus mau tanya gimana cara memutar rekaman video yg ada di sdcardnya? Terimakasih sebelumnya

    • Halo, bisa di tampilan video stream. Klik sekali layarnya, nanti muncul slider warna oranye yang menunjukan waktu rekaman. Bisa juga dengan membuka MicroSD Card di komputer. Semoga membantu.

  4. Assalamu’alaikum mas, saya mau tanya, camera Yi dome ini bisa gak ngerekam semua yg di tangkapnya, seperti cctv yg biasa nya ?

    • Halo, bisa jika kamera dilengkapi dengan MicroSD Card. Kamera YiDome memiliki fitur Continuous Recording yang akan terus merekam sesuai kapasitas MicroSD terpasang.

  5. Assalamu’alaikum, malam mas Achmad
    Mohon advice lbh lanjut, sy sdh pasang kamera yihome utk 3 lokasi sdh hampir 1 bulan dan berjalan normal, bbrp hari ini tiba2 offline dan tdk bisa konek ke HP, sambungan listrik ok,
    Apakah penyebabnya?

    • Waalaikum salam. Kalau semua tiba-tiba offline, kemungkinan masalah sambungan ke jaringan internet dari kameranya. Mungkin bias dipastikan WiFi tersambung internet, bias juga di cek kalua lampu indicator nya berwarna hijau terus.

  6. SALAM MAS ..TLG BANTUAN NYA SAYA BARU BELI XIAOMI YI DOME CAMERA 720 SMART CCTV VERSI INTERNASIONA

    BARU PAKAI SEHARI SUDAH KELUAR MASALAH ..CAMERA GA MAU PAIRING DGB HP …SELALU OFFLINE ..SEDANG WIFI DI

    RUMAH GA MASALAH ..TERIMAKASIH

    OTOH -JAMBI

  7. Halo Mas, saya sudah pakai Yi Home selama setahun lebih. tapi akhir2 ini kameranya ketika saya putar jadi eror ya jadi loading terus. apakah rusak? klo rusak bisa diservice ya?

  8. Halo mas..kebetulan sya pake yg yi home camera,ada case slider orange untk putar balim the dak muncul,kira² apa sd cardnya penuh ato bagaimana?mohon pencerahan terima kasih

    • Halo, sudah coba klik gambar di tampilan stream nya? nanti slidernya muncul. Kalau engga, coba cek setting dan liat status SD card nya, apakah dibilang ok atau engga. Trims

  9. Halo mas seperti pertanyaan yang lain problem saya kenapa slider orange nya tidak muncul ya..
    Dari ke 3 hp yang saya gunakan untuk memantau hanya 1 hp utama saja yang bisa ,, 2 hp yg lain tidak bisa. Apa memang seperti itu atau ada hp tertentu yg tidak bisa di gunakan?

    • Halo, sudah coba klik gambar di tampilan stream nya? nanti slidernya muncul. Kalau engga, coba cek setting dan liat status SD card nya, apakah dibilang ok atau engga.
      Saat mencoba di HP lain, apa hp kamera utama sedang menampilkan livestream kamera? Mungkin bisa dicoba untuk mematikan live stream di HP utama dan dicoba di HP lainnya.

  10. Ass wr wb
    Mas cara biar notifikasi muncul di hp android bagaimana ya, kadang notif kadang tidak?

    Terima kasih

  11. halo mas, saya ingin beli kamera ini dengan rom internasional version
    cuma masih belum yakin apakah cctv ini bisa dilihat saat kita ga dirumah, jadi lewat internet gitu mas

  12. Gan, CCTV ini perlu IP publik atau enggak ya?
    Ane masih belum paham cara kerja aplikasinya di andorid sampai bisa manggil perangkat yg terpasang di rumah.
    Mohon pencerahannya gan.
    Tks

    • Halo, maksudnya IP Publik gimana ya? Caranya cukup simpel seperti dibahas di tulisan diatas. Cuma perlu kamera, Smartphone, dan akses internet sudah bisa.

  13. Pak apakah kamera ini bisa gunakan untuk jarak jauh misal kan mantau rumah dari kantor, terus kalau bisa gimana caranya?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here