Review Suthoceantech 960P WIFI Bulb CCTV Camera

Southoceantech 960p Wifi Bulb CCTV Camera
Southoceantech 960p Wifi Bulb CCTV Camera Cover

Penggunaan kamera IP CCTV di Indonesia menjadi semakin meriah dengan bergabungnya Southocean 960p Wifi Bulb CCTV Camera di pasaran IP CCTV camera. Kamera berbentuk lampu bohlam ini bisa menampilkan cakupan video 360 derajat dan dapat merekam video yang pada Micro SD card maupun melalui penyimpanan Cloud Storage. Kamera ini juga ditawarkan di harga yang sangat terjangkau dibandingkan dengan kamera-kamera dari produsen mainstream lainnya.

Apa saja fitur-fitur lain kamera ini dan bagaimana kamera ini bisa membantu mengamankan rumah atau properti Sahabat? Berikut ulasannya.

Review kali ini didukung oleh Southoceantech – Toko Home Gadget dan Security

Spesifikasi

Kamera CCTV berbentuk lampu bohlam belum banyak diproduksi oleh merek-merek besar seperti Xiaomi, D-Link atau Netgear. Southoceantech, salah satu pendatang baru di dunia kamera IP CCTV menawarkan salah satu produknya berupa kamera IP yang berbentuk lampu bohlam.

Kamera berbentuk lampu bohlam ini memiliki kemampuan seperti cakupan area 360 derajat dan kemampuan penyimpanan lokal di SD card maupun di Cloud Storage yang dikontrol dari aplikasi smartphone.

Beberapa fitur unggulan pada kamera ini adalah :

  • Kamera fish eye lense dengan cakupan 360 derajat
  • Desain serupa lampu bohlam
  • Lensa 180 /F2.2/ 1.29mm Fisheye Lens
  • Resolusi gambar 960 x 960 pixel
  • Format video h.264 19 fps
  • Layanan penyimpanan cloud berlangganan
  • 3x 1W white LED
  • Lampu Infra Red untuk mode Night Vision
  • Two way audio
  • Motion detection dan alarm
  • Perekaman lokal melalui Micro SD card hingga 128 GB

Desain Produk

Southoceantech 960p Wifi Bulb CCTV Camera berbentuk tepat seperti lampu bohlam. Hanya saja terdapat lubang lensa bertipe fish eye di bagian bawah lampu dan juga terdapat beberapa komponen seperti lubang slot Micro SD, speaker, lampu IR dan tombol reset. Bagian tengah bohlam terletak 3 lampu LED berkapsitas masing-masing 1 watt yang membuat kamera ini juga bermanfaat sebagai lampu penerangan.

Southoceantech 960p Wifi Bulb CCTV Camera
Southoceantech 960p Wifi Bulb CCTV Camera

Kamera berbentuk bohlam ini sangat mudah untuk dipasang selama ada colokan lampu E27 yang merupakan standard di Indonesia. Tidak diperlukan lagi pasokan listrik dari adaptor. Cukup nyalakan sakelar lampu dan sediakan jaringan WiFi, kamera pun sudah bisa digunakan. Kamera ini sangat tepat untuk dipasang di plafond untuk mencakup area yang luas.

Dengan harga pasaran di kisaran 200 ribu an, kamera ini sangat terjangkau dibanding merek-merek besar lain di Indonesia. Tapi harga yang murah ini sepertinya sangat mempengaruhi packing nya yang sederhana dan minimnya informasi teknis atau kartu garansi di paket yang kami review.

Gallery – Southoceantech 960p Wifi Bulb CCTV Camera

Pengoperasian Kamera

Pengguna harus menginstall aplikasi V380pro di smartphone Android atau IPhone untuk dapat menggunakan kamera ini. Sahabat pengguna android bisa mendownloadnya di Playstore ataupun melalui alamat berupa QR code yang terdapat pada buku manual yang disertakan.

Proses setting kamera tergolong sangat mudah. Begitu kamera sudah terhubung ke listrik dan aplikasi V380 terpasang di smartphone Sahabat, proses pairing kamera dengan jaringan Wifi tinggal mengikuti panduan yang muncul di aplikasi.

Tampilan Aplikasi V380 cukup mudah untuk dioperasikan walaupun tidak semudah aplikasi Yi Home atau D-Link. Sahabat dapat dengan mudah mengakses kamera beserta live view atau rekamannya pada home tab. Terdapat opsi penyimpanan Cloud yang juga bisa sahabat beli dan akses melalui halaman home.

Satu hal yang mungkin tidak membuat Sahabat nyaman adalah tingkat Permintaan Akses data smartphone (Application Permission) yang sangat banyak dan bahkan melebihi aplikasi Yi Home yang pernah kami review. Pengguna yang sensitif terhadap isu privasi data sebaiknya berhati-hati dalam memilih penggunaan kamera ini.

Gallery – Aplikasi V380 untuk pengoperasian 960p Wifi Bulb CCTV Camera

Fitur video 360 melalui lensa fish eye memberikan cakupan area pengawasan panorama ke seluruh penjuru ruangan. Pada awal tampilan video live stream, aplikasi V380 menampilkan tampilan gambar berbentuk fish eye. Sahabat dapat memperjelas gambar lebih detail dengan melakukan zoom in ke sudut yang ingin dituju. Sahabat juga bisa menampilkan layout live stream yang lebih detail hingga 4 sudut area wilayah di area fish eye melalui tombol di tampilan live stream.

Tampilan multi view pada aplikasi V380

Gambar yang terekam pada micro SD card dapat Sahabat download untuk diakses via komputer. Pada pengujian ini, gambar dan video kami download melalui aplikasi V380 ke smartphone kami yang kemudian kami transfer ke komputer melalui blue tooth.

Kualitas Gambar & Suara

Southoceantech 960p Wifi Bulb CCTV Camera menghasilkan gambar fish eye / ultra wide dengan resolusi 960 x 960 pixel. Resolusi ini bukan yang terbaik di pasaran tapi sudah cukup baik untuk melakukan pengawasan. Sepertinya resolusi ini tidak didukung dengan tingkat ketajaman gambar yang mumpuni. Gambar yang dihasilkan masih terlihat buram dan tidak bisa melihat pelat nomor kendaraan yang berjarak 2 m dari kamera. Sepertinya kamera ini hanya diharapkan untuk memantau situasi umum.

Sahabat dapat melihat contoh gambar asli yang dihasilkan aplikasi V380 melalui gallery dibawah. Perlu diingat kalau gambar yang diakses melalui aplikasi V380 bisa di perbesar dengan lebih jelas lagi karena ada konversi gambar fish eye / ultra wide. Tampilan hanya bisa diakses langsung melalui aplikasi V380.

Kamera ini cukup sensitif dalam menangkap situasi dengan pencahayaan minim. Sahabat dapat memilih untuk mengoperasikan 3 lampu LED normal atau dapat juga mengaktifkan lampu Infra Red untuk memperjelas gambar di suasana gelap gulita.

Dari segi kualitas suara, kamera ini memiliki sensitifitas yang terlalu tinggi sehingga terdengar noise yang cukup mengganggu. Seandainya tidak ada noise ini, kamera ini menangkap suara sekitar dengan sangat jelas.

Fitur Two Way Audio memungkinkan Sahabat berkomunikasi dengan orang di depan kamera melalui aplikasi. Kualitas suara yang dikeluarkan speaker kamera Wifi Bulb CCTV Camera ini kurang jelas tapi memiliki volume yang cukup untuk komunikasi sederhana.

Gallery – Hasil gambar Southoceantech 960p Wifi Bulb CCTV Camera

Sampel video rekaman Southoceantech 960p Wifi Bulb CCTV Camera

Fitur Lainnya

Selain fitur dasar diatas, kamera ini dilengkapi dengan beberapa fitur lain. Salah satunya adalah fitur Alarm Recording. Fitur ini memicu kamera untuk merekam video atau mengirimkan foto saat kamera mendeteksi adanya gerakan. Untuk layanan gratis, alarm hanya menangkap foto saja dan bukan video klip seperti yang diberikan gratis oleh produk Yi Camera atau Arlo Camera. Sahabat masih bisa merekam video melalui media penyimpanan lokal MicroSD hingga maksimal 64 Gb pada layanan gratis maupun berlangganan. Video akan direkam secara Continuous Loop yang artinya rekaman video yang sudah lama akan otomatis tertimpa rekaman baru. Soutoceantech menyatakan hanya dibutuhkan MicroSD sebesar 32 Gb untuk menyimpan video selama seminggu penuh.

Kamera ini juga dapat mengeluarkan suara alarm dan mengaktifkan lampu jika Sahabat memilih mengaktifkannya di halaman Setting. Area deteksi gerakan dapat di set sesuai keinginan Sahabat semisal untuk mencegah aktfifnya alarm karena gerakan pohon atau binatang peliharaan.

Kamera Southoceantech Wifi Bulb CCTV menawarkan fitur layanan Cloud yang dimulai dari biaya langganan $ 1.45 hingga $ 2.95 per bulan. Tiap skema langganan cloud berbeda untuk lama penyimpanan dan fitur AI. Sayangnya, kurangnya penjelasn dan tidak spesifiknya produsen kamera membuat kami tidak mencoba layanan Cloud kamera ini.

Menggunakan Smartphone lama yang sudah tidak Sahabat gunakan sebagai media pengontrol kamera mungkin bisa jadi solusi murah untuk mengoperasikan kamera ini secara lebih nyaman secara privasi.

Kesimpulan

Di kisaran 200 ribuan rupiah, kamera Southocean 960p Wifi Bulb CCTV Camera memberikan kamera yang bisa memantau seisi ruangan dan beberapa fitur bermanfaat lainnya untuk harga yang sangat terjangkau. Fitur tersebut membuat kamera ini sangat cocok untuk ditempatkan di teras rumah ataupun etalasi toko. Hanya saja minimnya informasi reputasi produsen kamera terhadap komitmen privasi membuat kami lebih berhati-hati dalam merekomendasikan kamera ini untuk penggunaan area pribadi terutama bagi mereka yang sensitif terhadap masalah privasi.

Jika Sahabat bisa menimbang manfaat biaya dan kemampuan kamera terhadap risiko privasi, Southocean Wifi Bulb CCTV Camera bisa menjadi pilihan murah dengan berbagai fiturnya yang sangat cukup untuk penggunaan sehari-hari.






Disclaimer : Keselamatan Keluarga dot Com menjaga komitmen independensi dalam melakukan review produk terlepas dari supporter yang membantu terwujudnya review produk ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here