Review Southoceantech 360 Degree Home Security Camera

Southoceantech 360 Degree Home Security Camera

Setelah puas mengulas kamera berbentuk bohlam dari Southoceantech pada artikel lalu, Saya pun mendapat kesempatan untuk mencoba kamera home security lain dari Southoceantech yaitu Southoceantech 360 Degree Home Security Camera.

Kamera CCTV berbasis internet Southoceantech 360 Degree Home Security Camera memiliki harga yang sangat terjangkau dibanding merek-merek yang sudah beredar di pasaran. Meskipun berada di segmen harga yang murah, kamera ini memiliki kemampuan mumpuni seperti perekaman kualitas HD (1280×720 pixel), cakupan pengawasan seluruh ruangan 360 derajat, dan opsi penyimpanan lokal maupun via Cloud.

Apa saja fitur-fitur lain kamera ini dan bagaimana kamera ini bisa membantu mengamankan rumah atau properti Sahabat? Berikut ulasannya.

Review kali ini didukung oleh Southoceantech – Toko Home Gadget dan Security

Spesifikasi

Harga yang murah bukan berarti Southoceantech menahan diri untuk memberikan spesifikasi yang cukup baik. Dengan resolusi gambar HD dan kemampuan cakupan seluruh ruangan dengan adanya penggerak kamera, Sahabat cukup menggunakan satu kamera ini untuk mengawasi seisi ruangan.

Beberapa fitur unggulan pada kamera ini adalah :

  • Cakupan 360 derajat baik secara mode manual maupun otomatis
  • Kualitas gambar HD (1280×720 pixel)
  • Akun Keamanan dan manajemen password pengguna
  • Layanan penyimpanan Cloud berlangganan atau lokal melalui MicroSD card hingga 64 GB
  • Fitur deteksi gerakan
  • Komunikasi dua arah – Two Way Audio
  • Night Vision dengan lampu infra merah
  • Kompresi video H.264
  • Pemantauan menggunakan Smartphone maupun PC

Desain Produk

Dari segi bentuk, kamera Southoceantech 360 Degree Home Security Camera memiliki tampilan yang cukup standar dengan lensa dan lampu IR yang bisa berputar secara horizontal dan vertikal. Yang cukup menojol adalah adanya 3 antena yang cukup besar di bagian belakang kamera. Adanya antena ini tentunya dapat meningkatkan jarak kamera dengan router WIiFI Sahabat.

Kualitas material terasa cukup “murah”. Bahan kamera terbuat dari plastik glossy yang terasa tipis. Wajar saja dengan harga di kisaran 200 ribuan kita sudah cukup terbantu dengan fitur lain kamera yang disediakan. Bahkan kamera ini sudah dilengkapi dengan charger dan dudukan kamera untuk pemasangan di Dinding.

Harga yang murah ini sepertinya juga mempengaruhi packing nya yang sederhana dan minimnya informasi teknis atau kartu garansi di paket yang kami review.

Gallery – Southoceantech 360 Degree Home Security Camera

Pengoperasian Kamera

Sahabat harus menginstall aplikasi V380pro di smartphone Android atau IPhone untuk dapat menggunakan kamera ini. Sahabat pengguna android bisa mendownloadnya di Playstore ataupun melalui alamat berupa QR code yang terdapat pada buku manual yang disertakan.

Proses penyetelan kamera tergolong sangat mudah. Begitu kamera sudah terhubung ke listrik dan aplikasi V380 terpasang di smartphone Sahabat, proses pairing kamera dengan jaringan Wifi tinggal mengikuti panduan yang muncul di aplikasi.

Diantara fitur kemampuan kamera yang cukup lengkap, aplikasi V380 serasa kurang bersahabat untuk dioperasikan. Untuk mengakses kamera memang sangat mudah. Setting penyimpanan rekaman, alarm dan utilitas lainnya terasa kurang didesain dengan baik. Sahabat yang terbiasa menggunakan aplikasi Xiaomi, Xiaoyi atau D-Link mungkin akan terasa kerepotan saat menggunakan aplikasi V380.

Akan tetapi, fitur dasar untuk mengakses kamera sudah cukup baik. Sahabat dapat dengan mudah mengakses kamera beserta live view atau rekamannya pada home tab. Terdapat opsi penyimpanan Cloud yang juga bisa sahabat beli dan akses melalui halaman home.

Pada tampilan live stream, sahabat bisa melihat video live yang sedang ditangkap kamera. Untuk mengakses rekaman yang sebelumnya disimpan di MicroSD card, Sahabat dapat menekan tombol replay di bagian kanan bawah aplikasi. Disini terdapat tampilan slider waktu untuk melihat rekaman pada waktu tertentu. Di halaman ini juga terdapat tombol Cloud untuk mengakses video yang tersimpan di layanan Cloud jika Sahabat berlangganan.

Tampilan aplikasi V380 untuk mengakses kamera Southoceantech
Tampilan aplikasi V380 untuk mengakses kamera Southoceantech

Satu hal yang mungkin tidak membuat Sahabat nyaman adalah tingkat Permintaan Akses data smartphone (Application Permission) yang sangat banyak dan bahkan melebihi aplikasi Yi Home yang pernah kami review. Pengguna yang sensitif terhadap isu privasi data sebaiknya berhati-hati dalam memilih penggunaan kamera ini.

Fitur Deteksi Gerakan & Pam-Tilt-Zoom (PTZ)

Kamera ini sudah dilengkapi dengan fitur deteksi gerakan yang dapat memuncul kan notifikasi di aplikasi saat kamera mendeteksi gerakan. Fitur ini memicu kamera untuk merekam video atau mengirimkan foto saat kamera mendeteksi adanya gerakan. Untuk layanan gratis, alarm hanya menangkap foto saja dan bukan video klip seperti yang diberikan gratis oleh produk Yi Camera atau Arlo Camera. Sahabat masih bisa merekam video melalui media penyimpanan lokal MicroSD hingga maksimal 64 Gb pada layanan gratis maupun berlangganan. Video akan direkam secara Continuous Loop yang artinya rekaman video yang sudah lama akan otomatis tertimpa rekaman baru. Soutoceantech menyatakan hanya dibutuhkan MicroSD sebesar 32 Gb untuk menyimpan video selama seminggu penuh.

Kamera dapat diset untuk mendeteksi gerakan di area tertentu pada layar. Hanya saja tidak ada fitur pengaturan sensitivitas gerakan untuk mengurangi jumlah alarm yang muncul karena gerakan ringan seperti tanaman atau kipas angin.

Yang unik dari kamera ini, tombol panah untuk menggerakan arah kamera sepertinya terbalik. Kamera bergerak ke arah kiri ketika saya tekan tombol arah kanan. Memang tidak mempengaruhi fungsi, tapi cukup terasa menyebalkan.

Kualitas Gambar & Suara

Southoceantech 360 merekam gambar pada resolusi HD (1280×720) dan resolusi 640x420p. Adanya opsi ini membuat kita bisa menghemat kapasitas SD atau Cloud.

Resolusi yang ditawarkan memang cukup besar dan cukup untuk pengawasan rutin rumah/toko Sahabat. Tingkat ketajamannya memang bukan yang terbaik dibanding unit lain yang pernah kami review. Tapi tidak begitu berbeda untuk ukuran kamera home IP CCTV pada umumnya.

Suara yang dihasilkan cukup jelas dan keras. Sahabat bisa menggunakan fitur Two-way-Audio untuk berbicara melalui tampilan live stream.

Kualitas gambar pada kondisi dalam ruangan serta dalam kondisi malam dan dengan mode Night Vision dapat Sahabat lihat pada gambar-gambar native (asli) hasil kamera dibawah. Detail gambar sedikit blur tapi masih cukup untuk mengenali wajah dan objek yang ada di dalam ruangan. Gambar yang dihasilkan di kondisi luar ruangan belum bisa menangkap nomor pelat nomor secara jelas pada jarak 5 meter – tapi ini cukup normal untuk kamera IP CCTV rumah yang banyak beredar di pasaran.

Gallery – Hasil gambar Southoceantech 360 Degree Home Security Camera

Sampel video Southoceantech 360 Degree Home Security Camera

Fitur Lainnya

Kamera Southoceantech 360 Degree Home Security Camera menawarkan fitur layanan Cloud yang dimulai dari biaya langganan $ 2.98 hingga 5.98 per bulan. Tiap skema langganan cloud berbeda untuk lama penyimpanan dan fitur Artificial Intelegence (AI). Sayangnya, kurangnya penjelasan dan tidak spesifiknya produsen kamera membuat kami tidak mencoba layanan Cloud kamera ini.

Menggunakan Smartphone lama yang sudah tidak Sahabat gunakan sebagai media pengontrol kamera mungkin bisa jadi solusi murah untuk mengoperasikan kamera ini secara lebih nyaman secara privasi. Informasi probadi di Smartphone utama bisa terpisah dari aplikasi V380 yang terpasang di Smartphone lama.

Kesimpulan

Southocean tech 360 Degree Home Security Camera kembali menawarkan produk CCTV yang murah tapi tetap kaya akan fitur. Kamera ini memiliki fitur yang cukup untuk memantau rumah atau toko. Dengan fitur PTZ, cukup satu kamera ini untuk memantau seisi ruangan.

Hanya saja minimnya informasi reputasi produsen kamera terhadap komitmen privasi perlu menjadi pertimbangan Sahabat dalam menempatkan kamera ini di wilayah privat. Tentu saja tidak jadi masalah besar jika kamera ini digunakan untuk memantau toko atau jalanan di depan rumah.

Jika Sahabat bisa menimbang manfaat biaya dan kemampuan kamera terhadap risiko privasi, Southocean 360 Degree Home Security Camera bisa menjadi pilihan murah dengan berbagai fiturnya yang sangat cukup untuk penggunaan sehari-hari.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here