[Review] D-LINK DCS-2630L – Cakupan 180-derajat Untuk Pemantauan Seisi Ruangan

D-Link DCS-2630L

Produsen IP CCTV terus berlomba untuk menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik. Tidak mau ketinggalan, D-Link juga mengeluarkan produk kamera CCTV Do-It-Yourself berbasis IP bernama D-Link DCS-2630L Full HD 180-Degree Wifi Camera yang dapat mengambil gambar beresolusi HD 1080p dan cakupan tangkapan gambar seluas 180 derajat.

Kali ini tim Keselamatan Keluarga dot Com mendapat kesempatan untuk mengulas kamera D-Link DCS-2630L ini. Apa saja kelebihan dan kekurangan produk ini sebelum Sahabat mempertimbangkan untuk membelinya? Simak ulasannya.

Spesifikasi

Kamera D-Link DCS 2630L didesain dengan spesifikasi yang cukup terdepan di pasaran saat ini. Beberapa fitur utamanya adalah:

Reputasi D-Link yang sudah lama bermain di segmen jaringan komputer memberikan kepercayaan lebih terhadap kualitas produk dan juga komitmen pada privasi pengguna. Ini sangat penting terutama untuk sebuah produk yang digunakan untuk membantu Sahabat mengawasi wilayah milik pribadi seperti rumah.

Desain Produk

Kamera D-Link DCS-2630L tersedia dengan warna hitam glossy dan memiliki ukuran yang cukup besar serta berat dibanding kamera DIY berbasis IP lainnya. Dengan desain seperti ini, DCS-2630L akan cukup menonjol dan terkesan mengintimidasi penghuni ruangan. Ini cukup penting karena seharusnya kamera CCTV cukup tersembunyi dari pencuri agar tidak dijadikan sasaran vandalisme. Bentuk kamera yang terkesan mengintimidasi juga dapat membuat penghuni rumah yang terpantau oleh kamera merasa tidak nyaman.

Desain kamera ini juga membuat pemasangan kamera ke dinding menjadi lebih sulit. Selain karena ukuran dan beratnya, jenis sendi putar yang dimiliki oleh dudukan kamera ini juga kurang mudah untuk diatur. Untung saja bagian lensa dimana terdapat colokan Micro USB bisa diputar sehingga sedikit meingkatkan kemudahan pemasangan kamera.

Pada bagian depan kamera terdapat lensa, mikrofon, sensor cahaya, sensor gerak PIR dan lampu penerangan Infra Red. Tombol WPS dan reset berada di bagian belakang, sedangkan slot MicroSD berada di samping kamera. Sambungan kabel Micro USB untuk power terdapat di bagian bawah lingkaran kamera.

Kamera ini tidak didesain untuk sebagai outdoor camera atau kamera luar ruangan. Akan tetapi, Sahabat tetap bisa memanfaatkan untuk memonitor keluar rumah selama terlindung dari cuaca dan kelembapan.

Gallery – D-Link DCS-2630L Full HD 180-Degree Wifi Camera

Penyetelan Kamera

Seperti seri D-Link lainnya, penyetelan kamera dilakukan melalui aplikasi mydlink yang tersedia di App Store maupun Play Store. Sahabat cukup mengikuti panduan di layar smartphone dari mulai menyalakan kamera, memasukan password dan mengatur kamera. D-Link juga menyertakan tombol WPS yang dapat membuat penyetelan kamera menjadi lebih mudah lagi.

Sahabat memerlukan akun mydlink yang bisa didapat secara gratis melalui aplikasi atau situs mydlink indonesia : https://id.mydlink.com/entrance.

Meskipun proses penyetelan tergolong sederhana, Kami mengalami beberapa kali kegagalan dimana aplikasi tidak bisa mendeteksi keberadaan kamera. Jika Sahabat mengalami hal yang sama, ada baiknya Sahabat mereset ulang kamera dengan menekan tombol reset di bagian belakang kamera selama 5 detik.  Hambatan dalam penyetelan seperti ini cukup umum ditemui pada lini kamera IP CCTV D-Link. Semoga D-Link bisa segera menghadirkan update untuk mengatasi masalah seperti ini.

Quick Installation Card D-Link

Pengoperasian

Mengakses Kamera via Aplikasi & Website

Kamera D-Link DCS-2630L bisa diakses melalui aplikasi gratis mydLink Lite maupun aplikasi versi berbayar mydlink+.  Veri berbayar mydlink+ didesain untuk tampilan pada tablet dan juga disertai fitur-fitur tambahan seperti dapat menampilkan 4 kamera sekaligus. Akan tetapi mydLink Lite sudah sangat mumpuni dalam mengoperasikan kamera ini.

Sahabat bisa mengakses kamera dan mengontrol fitur yang ada dari Smartphone Sahabat melalui aplikasi mydlink. Sahabat dapat menampilkan video live dari kamera dengan menekan tombol kamera pada halaman Home. Dari halaman live stream, Sahabat dapat melihat video live dan juga beberapa tombol seperti volume, pengaturan resolusi gambar, pengaturan lampu infra red, dan pengaturan lainnya. Sahabat juga dapat merekam video pada handphone Sahabat dengan menekan tombol Record.

Tampilan video live stream pada D-Link DCS-2630L menggunakan aplikasi myDlink

Aplikasi mydlink dapat diset untuk memunculkan notifikasi ketika kamera mendeteksi adanya gerakan atau suara. Selain itu, aplikasi ini juga akan mengirimkan notifikasi ketika kamera tidak berfungsi. Hal ini sangat penting terkait kehandalan kamera, agar Sahabat segera tahu jika kamera tidak berfungsi, yang artinya kamera tidak lagi bisa memonitor si buah hati.

Kamera D-Link DCS 2630L dilengkapi dengan fitur responsive recording yaitu dapat merekam klip video ke dalam MicroSD saat kamera mendeteksi adanya gerakan atau suara. Klip yang direkam sepanjang kisaran 15 detik dan dapat diputar melalui aplikasi maupun melalui MicroSD. Kamera akan menghapus rekaman klip paling tua secara otomatis jika MicroSD penuh sehingga Sahabat tidak perlu khawatir kehilangan rekaman karena MicroSD yang penuh.

Sayangnya, kamera ini masih tidak bisa merekam video secara terus menerus 24/7 ke dalam MicroSD, tidak seperti kamera seperti Yi Home Camera atau CleverDog. Akan tetapi Sahabat masih bisa mendapatkan fitur perekaman terus menerus 24/7 dengan menambah perangkat Network Video Recoder seperti D-Link DNR-202L yang dijual terpisah.

Keunggulan lain kamera ini adalah kemampuannya untuk dilihat melalui web browser melalui website www.mydlink.com. Semua fitur mydlink yang ada di Smartphone juga tersedia di portal website ini. Sahabat akan sangat terbantu karena tidak harus selalu menggunakan Smartphone dalam mengakses kamera.

Kualitas Gambar dan Suara

D-Link DCS-2630L menghasilkan gambar beresolusi hingga ukuran 1920 x 1080 pixel dengan format kompresi H.264. Selain itu, kamera ini memiliki Field Of View sebesar 180 derajat yang memungkinkan Sahabat mendapatkan cakupan gambar hampir seluruh bagian ruangan di depan kamera. Spesifikasi ini cukup mumpuni dalam memberikan hasil gambar dan video yang jernih walau tetap belum cukup jelas untuk mengidentifikasi nomor pelat kendaraan dari jarak diatas 5 meter, sama seperti kamera IP CCTV DIY lainnya yang pernah kami review.

Gambar yang dihasilkan dengan H.264 menghasilkan ukuran file yang kecil sehingga bisa menghemat bandwidth dan storage yang diperlukan untuk operasi kamera. Ukuran file gambar yang dihasilkan dengan resolusi 1920 x 1080 pixel berkisar antara 100 – 280 kb, bergantung pada komposisi warna yang ada di gambar. Sahabat dapat menurunkan resolusi gambar menjadi 1280 x 720 pixel untuk menurunkan beban streaming atau storage MicroSD.

Hasil gambar dalam ruangan pada kondisi siang dan malam dapat Sahabat lihat pada gallery dibawah. D-Link DCS-2630L memberikan gambar yang sangat minim distorsi atau efek cembung di bagian sisi gambar.  Bahkan kualitas gambar terlihat lebih baik dari yang dihasilkan oleh kamera Arlo yang memiliki sudut pandang lebih kecil yaitu sebesar 130 derajat. Cakupan mode Night Vision yang digunakan untuk kondisi gelap memberikan kualitas penerangan cukup merata.

Kualitas suara yang ditangkap cukup baik dan keras. Suara manusia maupun lingkungan terekam cukup jelas dan tidak terdengar suara noise yang mengganggu.

Gallery – Gambar Native D-Link DCS-2630L Full HD 180-Degree Wifi Camera

Video – Contoh Rekaman Video D-Link DCS-2630L Full HD 180-Degree Wifi Camera

Fitur Deteksi Gerakan dan Suara

Kamera D-Link DCS-2630L akan memberikan notifikasi melalui aplikasi MyDlink ketika kamera mendeteksi gerakan atau suara. Sahabat dapat menset deteksi gerakan berdasarkan area dan tingkat sensitivitas gerakan dan suara. Contohnya, kamera bisa diset untuk mendeteksi gerakan seperti ke area pintu saja. Begitu pula dengan sensitivitas suara, D-Link menawarkan pengaturan yang cukup canggih dimana Sahabat bisa mengatur berdasarkan tingkat kekerasan suara dalam desibel. Adanya fitur deteksi-deteksi ini dapat mengurangi notifikasi yang tidak perlu dikarenakan gerakan-gerakan yang normal seperti ranting atau kipas angin.

Jika kamera dilengkapi MicroSD, deteksi ini akan membuat kamera merekam klip video kedalam MicroSD yang bisa Sahabat putar di waktu lain.

Fitur deteksi gerakan dan suara dapat diaktifkan secara otomatis melalui fitur Schedule atau penjadwalan. Dengan fitur ini Sahabat bisa menset kamera misalnya untuk aktif hanya pada siang hari saat Sahabat bepergian.

Sayangnya Sahabat tidak dapat mengatur frequensi notifikasi yang muncul dari deteksi gerakan dan suara ini seperti yang dimiliki Arlo atau Yi Home Camera.

D-Link DCS-2630L – Pengaturan deteksi gerakan dan suara

Fitur Lainnya

Salah satu kekurangan kamera D-Link DCS-2630L adalah tidak adanya fitur penyimpanan Cloud yang semakin populer di kalangan kamera DIY seperti yang disediakan oleh Yi Home dan Arlo. Sahabat hanya dapat menyimpan video di penyimpanan lokal MicroSD pada kamera atau pada handphone. Absennya fitur Cloud storage membuat rekaman penting bisa hilang jika kamera dan MicroSD nya direbut pencuri.

Kamera ini juga tidak dilengkapi dengan layanan geofencing dan layanan integrasi smarthome seperti IFTTT. Kedua fitur ini cukup bermanfaat bagi Sahabat yang tertarik membangun sistem otomatisasi rumah (smart home).

D-Link DCS-2630L juga tidak dilengkapi baterei cadangan seperti yang dimiliki Arlo. Fitur batrei memang tidak umum di pasaran kamera IP CCTV, tapi mungkin cukup membantu jika Sahabat membutuhkan IP CCTV yang mobile.

Layanan Distributor Resmi

Produk-produk D-Link termasuk D-Link DCS-2630L ini sudah banyak beredar dan memiliki jaringan distribusi dan service center yang lebih terpercaya dibanding banyak merek baru yang beredar di pasar.

Penggunaan

Berdasarkan ulasan di atas, sistem kamera D-Link DCS-2630L Full HD 180-Degree Wifi Camera dapat bermanfaat untuk:

  • Memonitor rumah/apartemen secara berkala
  • Memonitor area parkir dan pintu gerbang rumah
  • Pengawasan aset secara umum dimana jumlah orang yang melintas sedikit
  • Pengawasan baby sitter dan anak secara terbatas (selama video Live Stream diaktifkan)

Penggunaan D-Link DCS-2630L Full HD 180-Degree Wifi Camera untuk memonitor anak atau aktivitas penghuni rumah mungkin tidak akan begitu maksimal jika Sahabat hanya mengandalkan perekaman MicroSD. Sahabat memerlukan perangkat tambahan berupa Network Video Recorder untuk melakukan perekaman video secara terus menerus tanpa khawatir ada momen yang terlewat.

Kesimpulan

D-Link DCS-2630L menawarkan kemudahan mengawasi ruangan dengan cakupan gambar seluas 180 derajat dan kualitas gambar HD beresolusi 1920 x 1080p. Selain itu, sistem sensor gerak dan sensor suara  cukup canggih untuk membantu Sahabat tetap update dalam mengawasi aset. Kamera ini juga tidak memerlukan layanan berlangganan untuk mengoperasikan fitur-fiturnya.

Di sisi lain kamera ini tidak dilengkapi dengan layanan penyimpanan Cloud dan kemampuan merekam video secara terus menerus (Continous Video Recording) kecuali jika Sahabat mau mengeluarkan budget tambahan untuk Network Video Recorder. Selain itu, di kisaran harga yang tergolong tinggi, Sahabat mungkin akan menimbang antara menggunakan kamera ini atau kamera CCTV analog yang menawarkan kehandalan dan jumlah kamera yang lebih banyak.

D-Link DCS-2630L tentunya memberikan tambahan pilihan bagi Sahabat yang ingin membangun sistem keamanan aset berbasis internet. Selamat memilih.


  • Nama Produk : D-Link DCS-2630L Full HD 180-Degree Wifi Camera
  • Kisaran Harga : Rp. 2.9 Juta-an (Dec 2017)
  • Situs resmi : http://www.dlink.co.id/

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here