Apa Jadinya Jika Mobil Vintage Bertabrakan dengan Mobil Masa Kini?

Uji tabrak Chevrolet Bel Air 1959 vs Chevrolet Malibu 2009 - IIHS

Sahabat, mobil-mobil vintage memang memiliki tampilan yang elegant dan juga terasa kokoh saat digunakan. Akan tetapi, hasil uji tabrak yang dilakukan oleh Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) ini membuktikan sebaliknya. IIHS melakukan uji tabrak antara mobil Chevrolet Bel Air tipe tahun 1959 dan Cherolet Malibu tipe tahun 2009. Pengujian ini bertujuan untuk menunjukan tingkat keamanan mobil masa kini yang terus meningkat dibandingkan mobil-mobil yang diproduksi di masa lampau. Simak video hasil uji tabraknya dibawah.

Hasil uji tabrak yang dilakukan IIHS menunjukan tingkat keselamatan penumpang saat tabrakan pada Chevrolet tahun 2009 lebih baik dibandingkan tipe vintagenya. Pada video diatas kita bisa melihat bagaimana area kabin pada Chevrolet Malibu tetap terjaga sehingga menghindarkan pengemudi dari bahaya terhimpit. Selain itu, keberadaan airbag pada Chevrolet Malibu juga mengurangi dampak akibat benturan dengan kemudi. Untuk Chevrolet Bel Air, struktur kabin pengemudi tidak mampu menahan dampak tabrakan sehingga menjadi ringsek dan menghimpit badan boneka dummy pengemudi. Sahabat bisa membaca artikel fitur keselamatan mobil masa kini untuk mempelajari lebih jauh mengapa hal ini bisa terjadi.

Nah Sahabat, walaupun sangat disayangkan mobil vintage semulus Chevrolet Bel Air 1959 harus dikorbankan untuk test ini :), kita sangat bersyukur Industri otomotif selalu berkembang untuk membuat mobil menjadi lebih aman. Semoga kesadaran keselamatan berkendara kita dan lembaga seperti IIHS bisa terus mendorong peningkatan standard keamanan otomotif ya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here