Perbandingan Fitur Keselamatan Mobil LCGC 7 Penumpang

Mobil Low Cost Green Car (LCGC) 7 penumpang memang semakin menjadi primadona semenjak diluncurkan beberapa tahun ini. Segmen LCGC 7 penumpang diawali dengan terbitnya Datsun Go+ Panca dan kemudian disusul dengan model Calya dan Sigra dari pabrikan Toyota dan Daihatsu.

Meningkatnya penjualan LCGC ini  menunjukan animo masyarakat yang tinggi terhadap mobil tipe ini. Tidak bisa dipungkiri, salah satu alasan tingginya minat terhadap mobil ini adalah harga yang “murah” dan memiliki fitur yang dianggap cukup bagi konsumen mobil di Indonesia. Dengan label “murah” yang dimiliki tipe mobil ini, sejauh mana produsen mobil menyematkan fitur keselamatan pada mobil tipe ini? Keselamatan Keluarga dot Com akan coba mengulas fitur-fitur keselamatan utama pada mobil LCGC 7 penumpang keluaran tahun 2016 yaitu Datsun+ GO T Active, Toyota Calya, dan Daihatsu Sigra.

Perbandingan Fitur Keselamatan untuk Model Tertinggi

Pada bagian ini Saya ingin membandingkan fitur keselamatan untuk model tertinggi (Termahal) pada masing-masing kendaraan.

Fitur pertama dan paling dasar adalah three point seat belt. Seperti dibahas di artikel sebelumnya, Three point seat belt memberikan perlindungan maksimal bagi para penumpang dibanding fitur 2 point seat belt. Untuk fitur ini, Toyota Calya G A/T merupakan pemenang karena memiliki three point seat belt untuk ke tiga baris kursinya. Daihatsu Sigra R dan Datsu GO+ T Style hanya melengkapi 3 point seat belt di baris kesatu dan kedua saja.

Fitur seat belt pre-tensioner juga telah tersedia di ketiga model ini. Sayangnya, Datsun GO+ T Style hanya memiliki pre-tensioner di bagian pengemudi saja sedangkan Calya dan Sigra sudah melengkapi pre-tensioner untuk kedua bangku di kursi baris kesatu.

Hal yang sama juga berlaku untuk fitur SRS Airbag. Datsun GO+ T Style dilengkapi airbag hanya di sisi pengemudi sedangkan Calya dan Sigra sudah dilengkapi di kedua kursi di baris kesatu.

Fitur side impact beam hanya tersedia di model Daihatsu Sigra. Fitur ini sangat bermanfaat dalam menghadapi tabrakan samping. Sungguh sayang Toyota Calya tidak dilengkapi dengan fitur ini padahal dibangun dari basis model yang sama dengan Sigra.

ASEAN NCAP sudah menerbitkan hasil uji tabrak untuk Toyota Calya dan Daihatsu Sigra pada bulan November lalu. Hasil uji menunjukan Toyota Calya memiliki rating 4 untuk perlindungan dewasa dan 4 untuk perlindungan anak. Daihatsu Sigra dengan model setara Calya mendapatkan rating 4 untuk perlindungan dewasa dan 2 untuk perlindungan anak (Rating 2 diberikan karena Sigra tidak dilengkapi dengan fitur ISOFIX dan top tether).

Sayangnya ASEAN NCAP belum melakukan uji tabrak pada Datsun GO+ sehingga performa keselamatannya tidak bisa dibandingkan secara langsung dengan Calya dan Sigra. Mengingat track record model datsun hatchback yang performa uji tabraknya tidak terlalu bagus, Datsun sebaiknya segera mengklarifikasi peforma Datsun GO+ agar memberikan kejelasan bagi calon pembeli.

Perbandingan lengkap fitur-fitur keselamatan utama lain seperti ABS dan sensor pakir dapat Sahabat lihat pada tabel dibawah.

Fitur-fitur keselamatan utama mobil LCGC 7 penumpang model teratas
Fitur-fitur keselamatan utama mobil LCGC 7 penumpang model teratas

Perbandingan Fitur Keselamatan Model Kisaran Harga Sama

Membandingkan tipe tertinggi dari masing-masing model mungkin tidak adil karena perbedaan harga yang mencolok. Oleh karena itu saya ingin memberikan perbandingan yang sama terhadap model dengan kisaran harga yang paling setara. Dalam hal ini saya akan membandingkan Datsun Go+ Panca T Style (harga 120.5 juta) dengan Calya E MT (harga 134 juta) dan Sigra X M/T (harga 124 juta) untuk harga OTR Jakarta. Bisa Sahabat lihat bahwa Toyota Calya memiliki selisih harga yang cukup tinggi dibanding Datsun GO+ Panca.

Secara umum tidak banyak berubah pada fitur keselamatan pada Calya E MT dan SIgra X M/T. Fitur yang paling menonjol adalah hilangnya ABS pada Calya E MT dan Sigra X M/T. Hilangnya fitur ABS ini membuat Calya dan Sigra cukup sebanding dengan Datsun GO+ T Style yang tidak dilengkapi dengan ABS.

Belum ada rating NCAP ASEAN untuk model Calya, Sigra dan Datsun GO+ yang dibandingkan di bagian ini. Saya tidak memiliki data mengenai rating uji tabrak Calya dan Sigra yang tidak dilengkapi ABS. Akan tetapi fitur keamanan pasifnya seharusnya sama dengan versi yang dilengkapi ABS. Hal ini membuat performa keselamatan Calya dan Sigra non ABS dapat lebih dipertimbangkan dibandingkan Datsun GO+ T Style.

Perbandingan lengkap fitur keselamatan untuk model yang “setara” dengan Datsun GO+ T Style dapat dilihat pada tabel dibawah.

Fitur-fitur keselamatan utama mobil LCGC 7 penumpang model setara
Fitur-fitur keselamatan utama mobil LCGC 7 penumpang model setara Datsun GO+ T Active

Sahabat, semoga informasi diatas bisa membantu dalam menentukan mobil LCGC 7 penumpang yang akan menjadi anggota baru di keluarga Sahabat. Selamat memilih dan stay safe ya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here