Penanganan Tersedak pada Orang Dewasa

Penanganan Tersedak Pada Orang Dewasa

Tersedak dapat terjadi akibat tersumbatnya saluran kerongkongan akibat benda luar seperti makanan. Pada kondisi tersedak ringan, saluran udara hanya tersumbat sebagian sehingga masih memungkinkan korban untuk bernafas. Yang paling berbahaya adalah kasus tersedak berat diamana saluran pernafasan sepenuhnya tersumbat dan dapat mengakibatkan korban kehilangan nyawa akibat kehabisan nafas. Pada artikel ini saya ingin berbagi cara penanganan tersedak pada orang dewasa yang mungkin Sahabat butuhkan pada saat darurat.

Kasus tersedak ringan hingga yang serius sebenarnya bisa ditangani asalkan Sahabat tahu apa yang harus dilakukan. Ada beberapa metode pertolongan yang bisa Sahabat gunakan, contohnya adalah metode Five and Five dan manuver Heimlich. Di negara-negara maju seperti Amerika dan Jepang, prosedur penanganan tersedak sudah diajarkan sejak SD. Namun, entah mengapa di Indonesia hal ini belum dilakukan. Padahal penanganan tersedak harus dilakukan secara cepat.

Kenali Gejala Tersedak

Hal pertama yang harus Sahabat ketahui adalah gejala orang yang tersedak. Tersedak sering tidak terduga dan luput dari perhatian orang sampai korban jatuh dan mengalami dampak yang mematika. Oleh karena itu perhatikan gejala dibawah untuk mengenali orang yang tersedak :

  1. Memegang leher secara spontan sebagai pertanda ada sumbatan di kerongkongannya.
  2. Tidak dapat berbicara
  3. Ada tanda kesulitan bernafas atau tarikan nafasnya terlihat berat dan berbunyi
  4. Tidak dapat batuk secara sengaja
  5. Kulit muka, bibir dan kuku berubah menjadi biru dan pucat
  6. Gejala paling parah berupa pingsan

Metode Five and Five

Ketika Sahabat melihat orang yang mengalami gejala tersedak diatas, cara pertolongan pertama yang bisa Sahabat berikan adalah dengan metode Five and Five berikut:

  1. Berdirilah di belakang korban dan bungkukkan badan ke depan.
  2. Dengan pangkal telapak tangan pukullah punggung korban 5 kali secara kuat.
  3. Posisiku ibu jari Sahabat di atas pusar korban kemudian dan tarik dengan kedua tangan sebanyak 5 kali.
  4. Ulangi langkah-langkah di atas sampai makanan keluar.

Manuver Heimlich

Pertolongan lain yang bisa Sahabat lakukan adalah dengan melakukan Manuver Heimlich, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Berdirilah di belakang korban dan pegangi korban dengan kedua tangan pada bagian sekitar pinggang.
  2. Bungkukkan badan korban ke depan.
  3. Kepalkan tangan Sahabat sedikit di atas pusar dan pegang dengan tangan yang lain.
  4. Tekan perut korban dan gerakkan tangan Sahabat ke arah atas.
  5. Ulangi setidaknya lima kali.
  6. Bila makanan belum keluar, ulangi lagi sebanyak lima kali.

Video dibawah memberikan gambaran lebih jelas mengenai metode Heimlich.

Jika Kita Mengalami Tersedak

Namun bagaimana jika kita sendiri yang tersedak? Apalagi ketika tidak ada orang lain di sekitar kita yang bisa memberikan pertolongan. Bila Sahabat mengalami hal ini, ada satu hal penting yang harus diingat. Sahabat tidak boleh panik. Situasi panik akan mengakibatkan detak jantung seseorang menjadi semakin cepat. Panik juga membuat tarikan dan dorongan nafas menjadi memburu. Padahal, ketika tersedak jalan nafas justru sedang mengalami hambatan.

Jadi, ketika Sahabat tersedak dan tidak menemukan orang lain yang dapat membantu, Sahabat bisa melakukan hal-hal sebagai berikut:

  1. Kepalkan tangan kanan dan arahkan ibu jari ke arah badan di bawah iga atau di atas pusar.
  2. Gunakan tangan kiri untuk memegang pergelangan tangan kanan. Setelah itu, sentak ke arah atas dengan cepat dan kuat.
  3. Bila memungkinkan, badan bisa dimiringkan ke ujung atau pinggiran meja. Lalu, dorong perut ke arah pinggiran meja tersebut.

Mungkin Sahabat bertanya-tanya, mengapa makanan yang kecil seperti pil dan kacang dapat macet atau menyangkut di kerongkongan? Sebenarnya hal ini diakibatkan oleh situasi di kerongkongan yang kering. Keringnya kerongkongan membuat makanan tidak dapat bergeser dengan lancar. Apalagi untuk pil obat yang berlapis (coated pill) seringkali sulit untuk ditelan tanpa air. Untuk mencegah pil macet saat diminum, Sahabat bisa melakukan beberapa hal untuk membantu proses meminum pil, seperti berikut:

  • Minum banyak air sebelum dan sesudah menelan obat, untuk meyakinkan bahwa pil sudah tertelan dengan sempurna.
  • Melonggarkan tenggorokan dengan cara menengadahkan kepala.
  • Bagi anak-anak, obat bisa digerus agar menjadi butiran atau bubuk yang lebih kecil bentuknya.

Penulis pernah membaca sebuah kisah tentang seorang remaja penderita autis bernama Brandon Williams. Ia berhasil menolong temannya sewaktu tersedak. Jessica Pellegrino teman Brandon tersebut tiba-tiba mengalami kesulitan bernapas akibat makan di kantin sekolahnya. Tanpa pikir panjang Brandon melakukan manuver Heimlich yang telah disebutkan diatas. Manuver Heimlich yang dilakukan oleh Brandon berjalan sukses dan ia berhasil menyelamatkan nyawa Jessica. Hebatnya lagi, sewaktu Brandon ditanya darimana dia belajar, ia menjawab bahwa semuanya dia tirukan dari film kartun favoritnya, SpongeBob Squarepants.

Jadi, sebenarnya Sahabat bisa melakukan pertolongan untuk orang lain yang sedang mengalami tersedak, asalkan Sahabat tahu cara dan metode yang tepat untuk menolong mereka.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here