[Review] Netgear Arlo Pro: IP CCTV Anti Ribet Untuk Pengawasan Dalam dan Luar Ruangan

Netgear arlo pro
Netgear Arlo Pro

Kebutuhan gadget monitoring rumah berbasis IP CCTV memang semakin meningkat. Netgear, sebagai salah satu pemain besar di bidang perangkat Networking pun tidak mau ketinggalan menghadirkan produk kamera CCTV berbasis IP melalui seri Netgear Arlo Pro.

Berikut ulasan tim KKC_ID terhadap kamera Netgear Arlo Pro yang menonjolkan fitur kamera full wireless untuk penggunaan di dalam dan luar ruangan.

Spesifikasi

Netgear Arlo Pro merupakan iterasi kedua dari seri Arlo yang diproduksi Netgear. Dibanding pendahulunya, seri kamera Arlo Pro sudah dilengkapi dengan speaker dan mikrofon pada kamera untuk komunikasi dua arah, upgrade pada batrei dan fitur sirine pada unit base station.

Berikut adalah spesifikasi umum kamera IP CCTV Netgear Arlo:

  • Kamera full wireless outdoor bersertifikasi IP65
  • Rechargeable battery
  • HD Video Camera dengan resolusi 1280 x 720 pixel
  • Field of View 130 derajat
  • Real-time video streaming dengan kompressi H.264
  • Motion & Sound detection
  • Night vision
  • Perangkat audio dan mikrofon untuk komunikasi dua arah
  • Cloud Storage gratis selama 7 hari
  • Integrasi IFTTT
  • Kisaran Harga : Rp. 7,000,000.- (2 unit kamera dan 1 base station)
  • Situs Resmi : https://www.arlo.com/

Desain Produk

Netgear Arlo Pro bekerja sebagai sistem yang terdiri dari unit kamera Wireless dan unit Base Station. Paket yang kami terima terdiri dari 2 unit kamera dan 1 unit Base Station. Unit Base Station berfungsi seperti layaknya unit DVR pada kamera CCTV analog. Pada Base Station lah sambungan ke jaringan internet, penyimpanan lokal USB seperti DVR dan lampu indikator pengoperasian dikelola.

Unit kamera Wireless Arlo Pro merupakan kamera tanpa kabel (full wireless) yang dilengkapi dengan batrei yang diklaim dapat bertahan selama maksimal 6 bulan. Kamera ini bersertifikasi IP-65 yang artinya tahan air hujan dan dapat ditempatkan di luar ruangan. Kamera Arlo Pro juga dijual secara satuan yang bisa Sahabat tambahkan untuk menambah area pemantauan. Unit Base Station bisa menampung maksimal 5 kamera pada layanan standard.

Sistem kamera dan base station seperti ini memang tidak umum untuk segmen IP CCTV Do-it-Yourself. D-Link, Canary ataupun Google Nest tidak menggunakan skema Base Station. Akan tetapi, Netgear sebagai salah satu pioneer di bidang networking kemungkinan mempertimbangkan faktor reliabilitas dengan menyajikan sistem IP CCTV yang menggunakan Base Station sebagai hub seperti ini.

KeselamatanKeluarga.com
Netgear Arlo Pro

Kualitas adalah hal yang pertama kami rasakan dari produk Netgear Arlo Pro. Di harga 7 jutaan memang ini yang seharusnya didapat. Mulai dari packaging, unit Base Station, unit kamera hingga perangkat adaptor daya listrik, setiap bagian terasa didesain dengan baik.

Unit kamera memiliki bentuk yang futuristik tapi tidak kaku. Sahabat dapat menempatkan kamera ini dimanpun tanpa kesan mengintimidasi penghuni ruangan. Bagian depan kamera terdapat lensa dan lampu infra red. Bagian atas kamera terdapat tombol Sync untuk memasangkan unit dengan Base station. Selain itu bagian ini juga terdapat tombol untuk membuka kompartemen batrei. Bagian belakang terdapat colokan power berbentuk USB micro sedangkan bagian bawah dilengkapi dengan lubang speaker.

Kamera Arlo Pro dilengkapi dengan magnet untuk menempelkan kamera Arlo Pro ke segala jenis permukaan berbahan besi. Dudukan kamera yang tersedia juga berupa ball joint berbahan besi. Pengaturan arah kamera menjadi sangat mudah dan bisa menjangkau banyak arah.

KeselamatanKeluarga.com
Netgear Arlo Pro

Desain unit Base Station tidak kalah elegan dengan unit kamera. Base station berbalut warna putih dan memiliki tiga LED indikator di bagian depannya. Bagian atas base station terdapat tombol Sync/Sirine. Bagian belakang terdapat tombol power, colokan power, USB, dan LAN dan tombol reset.

Gallery – Netgear Arlo

Penyetelan Kamera

Penyetelan sistem Netgear Arlo cukup cukup mudah dilakukan. Sahabat dapat mengontrol perangkat ini melalui Smartphone dan Browser komputer. Bagi pengguna pertama kali, Sahabat akan diminta untuk membuat akun My Arlo secara gratis dan men-set-up kamera melalui Smartphone. Sahabat kemudian harus menghubungkan Base Station ke jaringan internet melalui kabel LAN. Setelah itu menghubungkan masing-masing kamera ke unit base station. Semua ini dilakukan melalui aplikasi Arlo yang dapat di download di Apple App Store maupun Google Playstore.

Instruksi pada layar aplikasi Arlo cukup intuitif dan jelas dalam memandu proses penyetelan. Panduan installasi kamera Netgear Arlo bisa dilihat pada link berikut : How to Install Arlo Pro Camera.

Hanya saja, kami harus melakukan update firmware kepada unit base station dan unit kamera pada unit yang kami terima. Proses update ini tidak berlangsung dengan lancar karena sepertinya terjadi crash pada aplikasi. Saking bingungnya kami tidak begitu yakin bagaimana akhirnya proses update firmware ini selesai (yang jelas pastikan koneksi listrik pada unit base station dan kamera tidak terputus). Untungnya kamera pun dapat berfungsi dengan lancar setelah proses update selesai.

Pengoperasian

Mengakses Kamera

Pengoperasian kamera Arlo terasa sangat mudah. Tampilan awal pada layar aplikasi Arlo terdiri dari daftar kamera beserta foto tangkapan kamera, tombol Mode untuk penyetelah fungsi keamanan, dan tombol Library untuk mengakses rekaman hasil motion/sound detection. Sahabat juga dapat mengaktifkan Sirine pada unit base station melalui tombol “Turn Sirene On”. Pada tampilan home ini Sahabat juga dapat melihat status kamera seperti batre dan sinyal wireless.

Untuk mengakses live stream dari suatu kamera, Sahabat dapat mengklik nama kamera yang dituju dan aplikasi akan menuju ke layar live stream. Pada bagian ini Sahabat dapat menggunakan berbagai fitur seperti merekam video, mengambil screenshot, menggunakan mikrofon untuk komunikasi dua arah, dan banyak lainnya.

KeselamatanKeluarga.com
Netgar Arlo Pro – Tampilan Home aplikasi Arlo pada Smartphone

Aplikasi Arlo akan memunculkan notifikasi saat kamera mendeteksi gerakan atau suara. Sahabat akan diarahkan ke halaman Library saat mengklik notifikasi deteksi di Smartphone. Dari sinilah rekaman kejadian akan diputarkan. Arlo Pro akan merekam video sepanjam 10 detik. Akan tetapi Sahabat bisa mengubah durasi rekaman menjadi maksimal 300 detik pada bagian Setting. Perlu diketahui dengan merubah setting durasi video, Video di Cloud mungkin tidak sampai disimpan hingga 7 hari. Netgear sendiri menyatakan bahwa kapasitas Cloud Storage per akun untuk opsi standard adalah sebesar 1 GB.

Arlo Pro juga dilengkapi dengan sambungan USB untuk media penyimpanan lokal seperti Flash Disk atau Hard Disk. Penyimpanan lokal ini sangat bermanfaat untuk memastikan perekaman tetap berjalan saat Arlo Pro kehilangan koneksi internet. Pada kondisi internet normal, semua video yang disimpan ke server Arlo juga akan tersimpan di media ini. Cukup colokan Flash Disk ke komputer Sahabat untuk mengakses rekaman video yang tersimpan. Penyimpanan video berlangsung secara continous loop dimana video tertua akan otomatis terhapus saat kapasitas USB storage sudah penuh.

Sayangnya Arlo Pro tidak menawarkan fitur continous recording dimana rekaman video berlangsung terus menerus untuk pengguna yang tidak berlangganan layanan Cloud Service. Arlo Pro hanya merekam video klip saat kamera mendeteksi event tertentu seperti gerakan / suara.

Netgear Arlo juga bisa diakses melalui browser. Yang menarik, semua fungsi yang terdapat pada aplikasi smartphone juga bisa diakses pada website ini. Saya dapat memerintahkan kamera untuk merekam, mengaktifkan sirine atau mengatur motion detection melalui website. Hal ini sangat praktis terutama jika kita sedang tidak bisa menggunakan Smartphone. Kamera IP CCTV seperti CleverDog dan Xiaoyi Home belum memiliki fitur seperti ini.

KeselamatanKeluarga.com
Netgar Arlo Pro – Mengakses kamera melalui web browser di komputer

Kualitas Gambar & Suara

Arlo Pro menghasilkan gambar beresolusi 1280 x 720 pixel, kompresi H.264 dan dengan Field of View 130 derajat.

Kualitas gambar yang dihasilkan Arlo Pro dapat diset dari kualitas low hingga high. Setting ini akan berpengaruh pada besar file yang disimpan. Secara umum, kualitas yang dihasilkan Arlo Pro cukup baik untuk mengamati situasi secara umum. Akan tetapi Arlo Pro tidak dapat menyajikan detail yang cukup bahkan untuk mengamati plat nomor mobil yang berjarak 5 meter. Kamera low end seperti Xiaoyi dan Clever Dog sepertinya menyajikan gambar yang lebih tajam.

Arlo Pro memiliki FOV 130 derajat dengan efek distori lensa yang sangat minim. Hal ini dapat menjangkau sisi ruang yang lebih luas dan dengan detail yang lebih baik.

KeselamatanKeluarga.com
Netgar Arlo Pro – hasil gambar dalam ruangan pada siang hari dengan brightness diset 75%

Kualitas suara yang ditangkap kamera Arlo Pro tergolong sangat impresif. Suara yang ditangkap sangat sensitif dan jernih, jauh dibandingkan kamera lain yang pernah kami review. Di sisi lain, suara yang dihasilkan speaker kamera kurang keras walaupun cukup jernih.

Beberapa sampel gambar dapat dilihat pada gallery dibawah.

Gallery – Gambar Native Netgear Arlo Pro

Deteksi Gerakan & Suara

Arlo Pro memiliki fitur deteksi gerakan yang cukup mumpuni. Sahabat dapat mengatur sensitifitas deteksi gerakan untuk menyaring mana gerakan orang yang melintas maupun gerakan daun yang bergerak. Sayangnya Arlo Pro tidak dilengkapi dengan pengaturan berdasarkan area deteksi seperti yang terdapat pada D-Link atau pada Xiaoyi Home. Mengingat Arlo Pro tidak bisa melakukan continous video recording, seharusnya Arlo Pro dilengkapi dengan fitur deteksi yang lebih Canggih lagi.

Fitur deteksi suara berfungsi cukup baik dan dilengkapi dengan pengaturan sensitifitas suara.

Kualitas Batre dan Sinyal Wireless

Arlo memang mengklain kapasitas batre selama 6 bulan, akan tetapi ini berdasarkan perekaman video selama 5 menit per hari. Sesuatu yang sebenarnya sangat kurang untuk penggunaan kebanyakan. Kami pun mencoba menguji kamera ini selama dua minggu untuk perekaman outdoor. Kapasitas batre berkurang menjadi 50% untuk frekuensi deteksi gerakan sekitar 200 deteksi dalam sehari.

Arlo memang menyediakan adaptor daya untuk mengoperasikan kamera akan tetapi keunikan wireless kamera ini menjadi hilang. Kecuali jika Sahabat berminat dengan charger bertenaga matahari, Arlo Solar Panel, seharga $ 80 (dan belum beredar di Indonesia) untuk memberikan suplai listrik pada kamera dimanapun kamera ditempatkan.

arlo.com
Arlo Solar Panel

Dari segi kualitas sinyal wireless, kamera Arlo Pro memberikan performa yang cukup hebat. Kami menempatkan kamera ini pada jarak 40 meter dari base station dan dibatasi oleh dinding rumah. Sinyal hanya berkurang 1 bar dari maksimal 3 bar. Jika tidak terbatasi oleh dinding sangat mungkin kamera ini mencapai 100 m jangkauan maksimal sinyal wirelessnya.

Penyimpanan Cloud

Arlo menyediakan layanan penyimpanan Cloud gratis untuk setiap kameranya. Dengan layanan Basic ini, rekaman video motion/sound detection akan terekam di server Arlo selama 7 hari untuk maksimal 5 kamera per akun. Setelah melewati 7 hari rekaman ini akan otomatis terhapus. Video yang tersimpan berupa klip sepanjang 10 hingga 300 detik yang terekam ketika kamera mendeteksi adanya kejadian / event seperti deteksi gerakan atau surara.

Meskipun Arlo didukung oleh distributor resmi dengan jaringan garansinya, Pengguna Arlo pro di Indonesia masih belum bisa menikmati layanan berlangganan cloud. Dimulai dari $ 10 per bulan, pengguna Arlo Pro di Amerika Serikat dapat menikmati layanan perpanjangan penyimpanan rekaman video hingga 30 hari. Selain itu, opsi langganan cloud service juga memiliki fitur Continous Video Recording yang dapat membuat Arlo merekam video secara terus menerus.

Arlo menyediakan layanan penyimpanan Cloud yang cukup baik jika dibandingkan kamera IP CCTV lain. Contohnya, Xiaoyi Yi Home hanya memberikan penyimpanan rekaman video Cloud gratis selama 6 detik dalam 7 hari atau Canary Flex yang hanya memberikan jatah penyimpanan rekaman video selama 24 jam.

Netgear sebagai perusahaan induk Arlo juga memiliki reputasi terhadap privasi yang cukup mapan. Inilah yang membedakan Netgear Arlo dengan beberapa kamera murah yang beredar di pasaran. Rekaman video Arlo dilindungi dengan enkripsi berbasis AES-128 bit dan Transport Layer Security (TLS). Hal ini merupakan salah satu elemen penting dalam sistem kamera CCTV berbasis internet.

Fitur Lainnya

Arlo Pro dilengkapi dengan fitur Geofencing. Melalui fitur ini, Arlo Pro dapat mengaktifkan sistem deteksi gerakan/suara secara otomatis ketika Sahabat meninggalkan wilayah rumah. Selain melalui Geofencing, Sahabat juga dapat mengatur sistem deteksi melalui fitur Penjadwalan yang dapat diatur hingga ke level hari dan jam masing-masing kamera.

Arlo Pro juga dapat diintegrasikan dengan perangkat pintar berbasis If you do This Then That (IFTTT) seperti D-Link Smart plug. Dengan protokol ini, notifikasi gerakan atau suara pada kamera Arlo dapat digunakan untuk secara otomatis mengaktifkan perintah seperti menyalakan lampu. Selamat datang di era Smart Home!

Fitur Sirine mungkin akan bermanfaat bagi Sahabat. Sahabat dapat mengaktifkan Sirine sekuat 100 db secara manual maupun secara otomatis ketika kamera mendeteksi suara / gerakan. Sayangnya sirine berada di Hub yang umumnya ditempatkan di dalam rumah sehingga suaranya mungkin tidak terlalu berpengaruh keluar rumah.

Gallery – Fitur-fitur Netgear Arlo Pro

Layanan Distributor Resmi

Netgear Arlo Pro juga didukung layanan distributor Netgear resmi di Indonesia. Distribusi di Indonesia didukung oleh PT Integra Global Solusi (IGS). Selain itu konsumen juga mendapatkan layanan dukungan teknis secara gratis untuk beberapa daerah di Jakarta dan Surabaya. Dukungan teknis untuk wilayah lain juga bisa diberikan dengan tambahan biaya transportasi.

Penggunaan

Berdasarkan ulasan di atas, sistem kamera Netgear Arlo Pro dapat bermanfaat untuk:

  • Memonitor rumah/appartment tanpa penghuni
  • Memonitor area parkir dan pintu gerbang rumah
  • Pengawasan aset secara umum dimana jumlah orang yang melintas sedikit
  • Pengawasan baby sitter dan anak secara terbatas (selama video Live Stream diaktifkan)

Penggunaan Netgar Arlo Pro untuk memonitor anak atau aktivitas penghuni rumah mungkin tidak akan begitu maksimal jika Sahabat tidak berlangganan layanan Continuous Recording. Layanan standard pada Netgear Arlo Pro hanya merekam video saat mendeteksi adanya kejadian (baik gerakan atau suara) sehingga tidak begitu handal untuk mengawasi gerak-gerik orang-orang secara real time.

Kesimpulan

Netgear Arlo Pro memang layak dinobatkan sebagai kamera IP CCTV anti ribet dilihat dari pemasangan dan pengoperasiannya. Fitur Full Wireless dan Rating IP-65 membuat penempatan dan pemasangan kamera menjadi sangat mudah. Fitur penyimpanan cloud gratisnya bisa merekam video klip berbasis event yang tersimpan secara online selama 7 hari dan cukup mudah untuk dioperasikan. Selain itu kamera Arlo Pro menawarkan fitur IFTTT yang dapat digunakan untuk membangun sistem rumah pintar (Smart Home). Portabilitas dan kemudahaan pemasangan merupakan poin utama yang ditawarkan kamera ini.

Di sisi lain, ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan seperti layanan standard Arlo Pro yang tidak bisa merekam video secara terus menerus karena tidak adanya fitur Continous Video Recording (CVR). Pengguna di Indonesia pun belum bisa menikmati layanan berlangganan cloud service yang bisa mengaktifkan fitur CVR dan memperpanjang masa penyimpanan video. Di kisaran harga Rp 7 jutaan, Sahabat juga mungkin akan menimbang antara Arlo Pro atau set kamera IP CCTV professional. Walau tidak mudah dipindah-pindah, kamera set IP CCTV pro bisa didapat dengan jumlah kamera lebih banyak dan disertai perekaman video secara offline tanpa bergantung kepada koneksi internet.

Arlo Pro sangat tepat bagi Sahabat yang membutuhkan sistem CCTV yang mudah dipindah-pindahkan dan dapat beroperasi di dalam dan luar ruangan. Semuanya tentunya bergantung pada karakteristik penggunaan Sahabat. Selamat memilih!


  • Nama Produk : Netgear Arlo Pro
  • Kisaran Harga : Rp. 7.000.000 untuk 2 kamera & 1 Base station (Juli 2017)
  • Situs resmi : https://www.arlo.com/en-us/

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here