Merancang Masa Depan Melalui Youthmanual.com

youthmanual.com

Saat ditanya mengenai cita-citanya, pada umumnya setiap anak pasti akan menjawab “dokter”, “insinyur”, atau “guru”. Beberapa yang lainnya mungkin menjawab “presiden”, “chef”, atau profesi lain yang kurang populer seperti “pesulap” dan “seniman”. Namun, seiring dengan perkembangan diri, cita-cita mereka mulai berubah. Mereka menyadari bahwa menjadi dokter atau pesulap belum tentu sejalan dengan yang mereka bayangkan dulu. Dengan bertambahnya wawasan, mereka pun mulai mengetahui bahwa ada bidang-bidang lain yang lebih cocok untuk mereka tekuni.

Di Sekolah Menengah Atas, seringkali mulai terjadi kebimbangan ketika siswa diharuskan memilih jurusan. Begitu pun di perguruan tinggi, para mahasiswa kerap dilanda keragu-raguan untuk menentukan profesi mereka kelak. Tanpa perencanaan yang matang, biasanya mereka akan mengikuti saja ke mana air mengalir. Sayangnya, tidak semua orang akhirnya menemukan pilihan yang tepat untuk dirinya. Sehingga ketika kelak menengok kembali perjalanan hidup mereka di masa lalu, rasa sesal kerap menghantui mereka.

Memahami kegalauan siswa dan mahasiswa tersebut, beberapa anak muda kreatif, dengan beragam latar belakang pendidikan dan profesi, membangun platform untuk membantu siswa dan mahasiswa menentukan bidang yang selayaknya mereka geluti. Dengan melalui beberapa tahap penilaian, siswa akan mengetahui minat, bakat, dan karier yang cocok. Platform tersebut disusun dengan apik di laman youthmanual.com.

Kenali Potensi dan Capai Mimpi

Youthmanual.com adalah panduan persiapan kuliah dan karier online berbasis data yang ditujukan untuk pelajar SMA/SMK sederajat dan mahasiswa untuk mengenali dirinya, mengembangkan potensinya, dan mencapai mimpinya. Di youthmanual.com, siswa dapat mengikuti berbagai macam penilaian (assessment) pengenalan diri, yaitu kepribadian, minat, kemampuan, gaya belajar, dan personal value yang dapat membantu siswa dan mahasiswa mengenali diri dan potensi yang mereka miliki.

Didukung dengan teknologi people science, platform youthmanual.com dikembangkan berdasarkan terobosan terkini di bidang psikologi, pendidikan, data science, dan behavioural research. Melalui algoritma pintar yang dikembangkan youthmanual.com, siswa akan mendapatkan rekomendasi dan melakukan eksplorasi jurusan-jurusan kuliah serta profesi berdasarkan hasil assessment mereka.

Youthmanual.com merancang algoritma multi-fit, multi-layering, serta platform persiapan kuliah dan karier yang menyeluruh, akurat, dan mudah digunakan. Hasilnya adalah gambaran dimensi individu paling menyeluruh dengan tingkat akurasi dan kemampuan prediktif tertinggi. Dalam mengembangkan teknologi berbasis data dan machine learning, tim psikolog, data science, riset, dan teknologi youthmanual.com menjalin kerja sama dengan beberapa ahli psikometri, konselor, praktisi pendidikan, dan ahli SDM terbaik di bidangnya.

Berbasis riset ilmiah, Youthmanual mengukur 7 dimensi profil siswa sebagai landasan dalam rekomendasi, perencanaan kuliah dan karier yang terintegrasi, berkesinambungan dan menyeluruh. – Youthmanual.com

Youthmanual.com digawangi oleh Rizky Muhammad yang berlatar belakang pendidikan IT dan teknologi serta Najeela Shihab yang merupakan pakar pendidikan dan parenting. Kiprah Najeela yang merupakan lulusan dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini dapat dilihat dari organisasi Keluarga Kita dan Inibudi.org, program Rangkul (Relawan Keluarga Kita), serta Sekolah Cikal yang didirikannya beberapa tahun silam.

Memetakan Potensi Diri

Setelah melakukan registrasi dengan mengisi nama, alamat e-mail, serta password, siswa bisa mulai menjelajahi Peta Perjalanan dirinya. Siswa harus melalui tahap demi tahap Peta Perjalanan ini. Dimulai dengan mengisi form Pengenalan Diri. Tujuannya agar youthmanual.com bisa membantu mengenali potensi siswa. Kemudian siswa diarahkan untuk mengisi Modul Kepribadian. Setelah mengisi modul ini, siswa akan dibantu untuk me-recharge diri, memproses informasi, mengambil keputusan, dan menghadapi hal-hal di sekitarnya.

Tahapan pengenalan diri dan potensi karier digambarkan dalam Peta Perjalanan situs – Youthmanual.com

Tahap selanjutnya adalah mengisi Modul Minat. Di tahap ini, siswa akan dibantu untuk mengenali kegiatan, kemampuan, topik, dan profesi yang dianggap menarik. Youthmanual.com membagi bidang yang diminati menjadi enam, yakni persuasi dan kepemimpinan, administrasi, analisis, kerja lapangan, sosial, dan kerja kreatif. Setelah mengisi modul ini, siswa akan mendapat skor untuk keenam bidang tersebut. Tiga hasil tertinggi merupakan kegiatan yang diminati, sementara tiga lainnya mungkin tidak diminati karena belum pernah dicoba.




Kemudian siswa diarahkan untuk mengisi form Gaya Belajar. Tujuan tahapan ini adalah agar siswa bisa belajar dengan lebih efektif. Di sini akan diketahui bagaimana gaya belajar siswa, misalnya apakah menyukai suasana sepi atau ramai, terang atau redup, dan informal atau formal. Setelah itu, siswa bisa mencari informasi mengenai kampus-kampus di seluruh Indonesia dengan mengeklik Eksplorasi Kampus.

Informasi Kampus, Jurusan dan bahkan Lokasi Kos

Siswa juga bisa mengetahui informasi lengkap mengenai kampus yang diidamkan, program studi, dan pilihan profesi kelak dari menu Eksplorasi. Dengan meng-klik Cari Kampus, siswa akan mendapatkan informasi lengkap mengenai kampus tersebut, mulai dari kapan berdirinya, akreditasi, fakultas dan program studi, rasio mahasiswa dan dosen, biaya kuliah, informasi pendaftaran, hingga tempat kos.

Pada kolom Cari Program Studi, siswa akan mendapat informasi mengenai mata kuliah yang akan dipelajari, karakter siswa yang sesuai, profesi dan karier, universitas yang membuka program studi tersebut, dan kecocokan dengan siswa.

Pada pencarian Profesi, siswa bisa memasukkan profesi yang diinginkan. Editor misalnya. Siswa dapat mengetahui jobdesc seorang editor, profesi yang terkait, gaji rata-rata, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan, program studi yang sesuai, serta kecocokan profesi ini dengan siswa.

Dengan informasi lebih dari 700 profesi, 200 jurusan/program studi, dan 500 kampus, youthmanual.com menjadi referensi terlengkap dalam merancang masa depan siswa.

Ketahui lebih banyak tentang karier impian melalui fitur eksplorasi kampus, jurusan, dan profesi – YouthManual.com

Opsi Layanan Premium

Untuk bisa mengakses secara penuh seluruh fitur di youthmanual.com, ada fitur premium yang bisa siswa dapatkan dengan meng-upgrade akunnya. Pada fitur premium, siswa bisa melanjutkan tahap di Peta Perjalanan, yakni Modul Kemampuan, Personal Values, dan Keterampilan 21st Century. Dalam fitur ini, siswa dapat mengunduh laporan pribadi sebanyak 41 halaman PDF yang terdiri dari tiga bagian, yakni mengenali ragam keunikan, potensi diri, dan aplikasi kekuatannya dalam kehidupan sehari-hari. ksplorasi jurusan, profesi, dan kampus yang cocok, serta merancang studi dan masa depan.

Untuk bisa memanfaatkan beragam fitur bermanfaat di atas, siswa dikenakan biaya Rp75.000 di tahun pertama dan Rp49.000 untuk tahun-tahun berikutnya. Siswa juga bisa memanfaatkan fitur-fitur dengan gratis dengan cara merekomendasikan laman ini ke 15 teman. Adapun untuk sekolah, youthmanual.com mengenakan biaya Rp 4.000.000 per tahun untuk melakukan penilaian minat dan potensi siswa ala youthmanual.com. Untuk tes minat dan potensi siswa secara konvensional dikenakan biaya mulai Rp200.000.

Akurat

Setiap akun yang terdaftar di youthmanual.com akan mendapatkan laporan lengkap dalam menu Profil. Di menu ini, siswa akan mengetahui status Peta Perjalanan yang telah dilewati, reminder jadwal kegiatan, seperti ujian SBMPTN, hasil assessment, dan cara membuat CV yang sangat diperlukan untuk melanjutkan sekolah atau melamar pekerjaan.

Kebijakan Privasi

Dalam hal perlindungan data pengguna, Youthmanual menyatakan privasi pengguna termasuk hasil assessmen psikologi merupakan komitmen dan prioritas utama. Melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi KKC, Youthmanual menyatakan tidak akan membagikan data pribadi dan hasil asesmen pengguna kepada pihak manapun tanpa persetujuan pengguna, kecuali untuk keperluan hukum yang berlaku.

Berdasarkan informasi ini, bukan tidak mungkin Youthmanual bekerjasama dengan pihak ketiga selama dalam cakupan persetujuan Sahabat dalam menggunakan layanan Youthmanual. Saat ini banyak layanan online yang menggunakan konsep kebijakan privasi seperti ini. Tapi ini semakin penting karena data pribadi dan assessmen psikologi merupakan privasi pengguna yang harus dijaga dengan baik apalagi setelah adanya penyalahgunaan data pada platform media sosial Facebook. Nah Sahabat yang berminat menggunakan layanan ini harap perhatikan Term and Condition Youthmanual.com dan pastikan Sahabat sudah benar-benar memahami kebijakan privasinya ya.

Dengan memanfaatkan layanan yang ditawarkan Youthmanual.com, diharapkan siswa dan mahasiswa bisa terbantu mengembangkan potensi menjadi individu yang visioner, kuat, dan berdaya dalam mencapai mimpinya dan mencapai kesuksesan akademis, karier, dan masa depan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here