Menyiapkan Makanan Sehat untuk Bekal Anak Sekolah

Memastikan anak untuk dapat selalu mengonsumsi makanan sehat tentu selalu menjadi perhatian Sahabat sebagai orang tua. Namun, karena sibuk memperhatikan keperluan sehari-hari di rumah, masih banyak orang tua yang luput memperhatikan konsumsi makanan sehat ketika anak bersekolah. Padahal, sekolah biasanya menjadi tempat anak beraktifitas dan menghabiskan waktunya sepanjang hari. Jika demikian, maka pengetahuan di seputar jenis dan pola makanan sehat yang tepat adalah sesuatu yang mesti Sahabat ketahui untuk memastikan perkembangan anak tetap optimal sesuai dengan proses pertumbuhannya.

Saat ini masih terdapat banyak sekolah yang tidak aktif memperhatikan jajanan apa yang dijual pedagang di sekitarnya. Mengingat banyaknya makanan tidak sehat (bahkan berbahaya) yang beredar di pasaran, dalam hal ini di lingkungan sekolah, maka keterlibatan Sahabat sebagai orang tua sangat diperlukan untuk bisa mengawasinya. Namun, bagi Sahabat yang tidak dapat selalu ikut mengawasi jajanan anak di sekolah secara langsung, Sahabat bisa mengantisipasinya dengan membagi wawasan tentang makanan sehat kepada anak dan, tentunya, menyiapkan bekal makan sekolah anak yang sehat dan sudah terjamin dari rumah.

Makanan Sehat: Makanan bergizi dan berimbang.

Berbicara tentang makanan sehat, tentu Sahabat semua mengetahui slogan 4 Sehat 5 Sempurna (4S 5S) yang masih populer hingga saat ini. Ya, belum banyak orang yang tahu jika slogan resmi dari pemerintah itu sudah lama telah disempurnakan menjadi Pedoman Gizi Seimbang (PGS). Sayangnya, slogan ini masih kurang populer di masyarakat karena sosialisasinya yang masih kalah gencar dibandingkan dengan slogan sebelumnya. Pada intinya, perbedaannya adalah jika dalam 4S 5S kita hanya cukup menyediakan semua jenis makanan bergizi untuk keluarga kita, maka dalam PSG kita juga harus memperhatikan kebiasaan sehat (kebersihan & olahraga), pola makan, dan porsi keseimbangan gizi dari makanan-makanan tersebut.

Gizi yang terdapat dalam makanan di antaranya adalah: karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan serat. Kecukupan gizi yang tidak terpenuhi dalam tubuh akan mengakibatkan hambatan dan gangguan kesehatan, dan karena tidak ada satupun makanan yang secara sempurna memiliki semua zat gizi tersebut, maka kita perlu mengonsumsi makanan yang beragam agar tubuh mendapatkan semua zat gizi yang diperlukan. Untuk lebih jelasnya, makanan gizi seimbang dalam satu porsi makan diilustrasikan dalam gambar yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) di bawah ini.

Makanan sehat

Menurut Kemenkes, bahan makanan dan makanan yang dianjurkan setidaknya harus terdiri dari:

  • Sumber zat tenaga (karbohidrat) seperti: beras, jagung, kentang, sagu, bihun, mie, roti, makaroni, biskuit, dsb.
  • Sumber zat pembangun (protein, termasuk di dalamnya mengandung lemak, serat, dan mineral) seperti: ayam, ikan, daging, telur, hati, keju, susu, kacang-kacangan, tahu, tempe, dsb.
  • Sumber zat pengatur (vitamin, serat, dan mineral) seperti: sayur dan buah yang berwarna dan segar, dsb.

Selanjutnya,  selain dari jenis bahan makanannya, makanan sehat juga ditentukan oleh cara pengolahan masakannya. Ciri-ciri pengolahan makanan sehat di antaranya:

  • Tidak/sedikit mengandung Monosodium Glutamat (MSG).
  • Tidak digoreng dengan minyak bekas pakai berulang-ulang atau minyak berlebih.
  • Tidak dipanggang (karena menurut WHO, lemak yang terbakar karena menetes pada arang akan menghasilkan zat karsinogen yang berbahaya).
  • Tidak menggunakan bahan-bahan kimia (biasanya digunakan untuk pengawet, pewarna, dan pemberi rasa).

Beberapa ide makanan sehat yang bisa dijadikan bekal sekolah dijelaskan lebih lanjut pada tulisan berikut : Ide Bekal Makan Sekolah Anak yang Sehat.


Peran penuh Sahabat sebagai orang tua sangat penting untuk dapat menanggulangi ancaman keselamatan keluarga dalam hal konsumsi makanan sehat di sekolah. Kepolosan atau keengganan anak untuk memilih jajanan yang tepat dan abainya pihak sekolah untuk ikut memastikan kualitas jajanan tersebut tidak akan menjadi permasalahan yang berarti apabila Sahabat dapat ikut aktif untuk mengambil peran dalam kondisi tersebut.

Semoga anak-anak kita dapat tumbuh dengan baik dan sehat, karena kesehatan adalah modal dasar bagi mereka untuk dapat terus bergerak meraih mimpi-mimpinya.


Sumber:

http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/661/jbptunikompp-gdl-anggakrist-33032-10-unikom_a-i.pdf

http://idamragilwa.staff.uns.ac.id/files/2010/07/ilmu-gizi.pdf

http://repository.unand.ac.id/24/1/MENU_BERAGAM_BERGIZI_DAN_BERIMBANGc.pdf

http://gizi.depkes.go.id

Foto ilustrasi MG_1113  by Bread for the World / CC BY NC ND

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here