Mengenal Car Dashboard Camera

Apa itu Car Dashboard Camera - engadget.com

Apakah sahabat pernah mendengar tentang car dashboard camera atau kamera dashboard mobil?

Car Dashboard Camera adalah kamera yang yang dipasangkan di atas dashboard mobil untuk merekam kondisi jalanan di depan mobil selama mengemudi. Sahabat dapat mebayangkan car dash cam seperti kamera GoPro yang ditempel pada mobil yang merekam kejadian apapun di depan mobil sebagaimana yang dilihat pengemudi. Proses perekaman didesain secara otomatis dan dimulai ketika mobil dinyalakan.

Baca juga : Tips Memilih Car Dashboard Camera

Beberapa fitur yang membuat Car Dashboard Camera menjadi unik dibanding kamera-kamera lainnya adalah adanya fitur continuous loop. Dengan fitur ini, dash cam tidak akan kehabisan memori untuk menyimpan video karena sistem akan otomatis menghapus rekaman paling awal dan menimpanya dengan rekaman terbaru. Biasanya rekaman dibuat dibagi menjadi beberapa klip video sepanjang 1-3 menit. Klip video paling akhir akan terhapus dan diganti dengan video rekaman terbaru. Sahabat juga tidak perlu khawatir untuk melewatkan momen penting selama mengemudi karena biasanya dash cam juga dilengkapi fitur emergency recording yang mengunci beberapa bagian rekaman agar tidak terhapus secara tidak sengaja.

Fitur lain yang juga sangat penting adalah fitur G-force sensor yang dapat mendeteksi jika ada gerakan tiba-tiba semisal mengerem mendadak atau bertabrakan. Sensor ini akan mengamankan bagian penting dari rekaman perjalanan kita agar tidak hilang terhapus proses continuous loop.

Selain kedua fitur diatas, beberapa dash cam dilengkapi dengan fitur perekaman suara ataupun penglihatan malam (night vision) menggunakan lampu Infra Red. Beberapa dash cam bahkan dilengkapi dengan GPS sehingga Sahabat dapat mengetahui detail lokasi dimana rekaman yang diambil.

Dash cam terdiri atas satu ada dua lensa digital pada kamera yang bagian bawahnya dapat ditempelkan pada dashboard atau kaca mobil. Untuk sumber listriknya diperoleh dari baterai atau bisa juga melalui colokan pematik rokok yang ada di mobil. Cara menempelkannya mudah kok, Sahabat. Bisa dengan double tape atau dudukan vakum yang biasanya tersedia pada paket unit dash cam.

Kegunaan Car Dashboard Camera

Fungsi utama dash cam adalah sebagai bukti untuk kecelakaan yang melibatkan mobil yang Sahabat kendarai. Dash cam dapat merekam hal-hal yang nantinya bisa membantu Sahabat menyikapi kecelakaan selama berkendara. Ketika ada kejadian tak terduga seperti kendaraan yang menerobos lampu merah atau ketika ada orang yang menabrakan diri ke mobil sahabat, dash cam akan merekam kejadian tersebut dan menyimpannya sebagai referensi Sahabat. Fungsi inilah yang membuat dash cam amat populer di Rusia karena tingginya tindak kejahatan asuransi lalu lintas pada kendaraan di negara itu. Selain di Rusia, dash cam juga cukup menarik perhatian di negara maju seperti Inggris dan Amerika.

Selain kegunaan diatas, berikut beberapa manfaat car dashboard camera yang juga tidak kalah pentingnya.

  1. Mencegah penipuan asuransi. Contoh kasus yang dimaksud adalah jika ada kendaraan lain yang dengan sengaja menabrak untuk membuat klaim asuransi. Di beberapa negara, penggunaan dash cam diwajibkan bila kita ingin mengasuransikan kendaraan.
  2. Mencegah terjadinya pungutan liar. Ternyata hal ini normal di negara Rusia, dimana tingkat penyalahgunaan wewenang oleh kepolisian negara itu cukup tinggi. Maka, para pengemudi, terutama para pengemudi kendaraan besar seperti truk, sangat tertarik untuk mempunyai dan memasang dash cam di kendaraannya.
  3. Mengawasi diri sendiri. Jika kita memiliki anak yang masih remaja dan sedang belajar mengemudi, maka dash cam bisa membantu kita memberikan review atau penilaian agar kelak mereka dapat berkendara dan berlalu lintas dengan lebih baik.
  4. Menghindari pemerasan dengan dalih kecelakaan. Rekaman dash cam dapat menggambarkan dan memutar ulang kejadian yang telah terjadi, maka rekaman ini dapat melindungi kita ketika ada orang lain yang berdalih mengenai suatu kecelakaan.
  5. Perlindungan ketika kendaraan parkir dan tidak diawasi. Beberapa dash cam dilengkapi dengan fitur perekaman walau mobil dalam keadaan mati. Siapa tahu dengan adanya dash cam, orang yang hendak mencuri akan berpikir ulang untuk melakukan tindak kejahatan.
  6. Melacak jarak serta cara pemakaian mobil bila dipinjam. Hal ini amat bermanfaat, terutama bagi perusahaan rental kendaraan.
  7. Untuk kesenangan, misalnya membuat catatan perjalanan wisata.
  8. Bukti bila terjadi kejahatan di kendaraan umum, seperti di taksi
  9. Untuk merekam semua kejadian yang tidak terduga. Seperti ini jatuhnya komet di Rusia ini.

Saat ini penggunaan car dashboard camera di Indonesia semakin populer karena harganya yang mulai terjangkau dan tingginya kesadaran pengemudi kita. Unit dash cam yang dijual di pasaran dimulai dari Rp. 150 ribu hingga jutaan rupiah. Bukan harga yang mahal untuk keamanan lebih selama berkendara, bukan? Sahabat juga tidak akan kehabisan pilihan untuk memilih dash cam berdasarkan merek dan fiturnya.

Toko online seperti Bukalapak dan Tokopedia menyediakan ratusan pilihan car dashboard camera bagi Sahabat.

Baca juga : Tips Memilih Car Dashboard Camera dan berbagai fitur keselamatan mobil masa kini untuk keamanan dan keselamatan berkendara Sahabat dan keluarga.

 

Foto ilustrasi : engadget.com

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here