Manual Material Handling, Cara Aman Mengangkat dan Memindahkan Barang

Halo Sahabat Keselamatan Keluarga.. Seringkali kita menjumpai barang yang perlu kita pindahkan dengan cara mengangkatnya, saat di rumah, belanja, tempat umum, tempat transit (bandara, terminal, stasiun), tempat rekreasi, atau kantor. Memindahkan barang, atau bahasa keren nya material handling, terdengar seperti hal sepele yang bisa dilakukan dengan mudah menggunakan kedua tangan. Namun jika kita tidak mengerti dan memahami bagaimana cara memindahkan barang dengan baik dan aman, terutama jika benda yang kita pindahkan memiliki bobot yang cukup besar, dapat mengakibatkan kecelakaan fatal.

Akibat dari kurangnya pemahaman bagaimana cara mengangkat barang, dapat menimbulkan akibat buruk pada tubuh kita seperti cedera pinggang, cedera punggung, keseleo, atau bahkan hernia. Seorang atlet angkat besi saja harus memiliki posisi khusus untuk mengangkat beban, tidak asal angkat begitu saja dengan menggunakan tangan. Lalu, bagaimana caranya mengangkat barang yang benar..??

Pada prinsipnya, sebelum mengangkat barang, kita harus mengidentifikasi dahulu keadaan sebagai berikut :

1. Jenis Barang

pack1-5

Kita harus mengetahui dan mengidentifikasi jenis barang yang akan kita angkat dan pindahkan, dimensi benda, bentuk benda, berapa beratnya, dimana titik angkatnya. Berat maksimum yang dianjurkan untuk diangkat oleh 1 orang adalah 20 kg. Jika berat benda melebihi berat maximum tersebut, dianjurkan untuk menggunakan alat bantu seperti troli atau diangkat oleh 2 orang. Kita juga perlu mengetahui titik angkat dari benda yang akan kita angkat, jika tidak ada titik angkatnya, disarankan untuk menggunakan box atau alat bantu lain untuk mempermudah proses pengangkatan. Mengangkat barang yang terlalu berat diluar batas kemampuan tubuh kita dapat meningkatkan resiko cedera.

2. Kondisi Ruangan dan Rute Pemindahan

route

Setelah mengindentifikasi jenis barang, kita juga harus mengidentifikasi ruang gerak kita selama mengangkat dan memindahkan barang. Dengan kata lain, kita harus merencanakan rute perjalanan antara titik dimana kita mulai mengangkat hingga menurunkan barang. Jika ruangan cukup luas dengan sedikit rintangan mungkin akan mudah dan tidak menjadi masalah. Jika ruangan terbatas apalagi disertai rintangan, akan mempersulit proses pemindahan dan memperbesar resiko cedera karena memaksa kita untuk melakukan manuver membungkuk atau memutar. Jarak maksimum yang disarankan untuk memindahkan barang dengan berat maximum 20 kg tanpa alat bantu adalah sejauh 10m. Disarankan untuk beristirahat dahulu jika jarak melebihi 10m.




3. Teknik Mengangkat dan Memindahkan Barang

Setelah melakukan identifikasi dan rencana pemindahan barang, selanjutnya adalah bagaimana posisi yang baik dan aman mengangkat dan memindahkan barang..??

lift1

1. Posisikan badan cukup dekat dengan barang yang akan diangkat

lift2

2. Posisikan barang berada diantara kedua kaki

lift3

3. Posisikan badan dengan menekuk kaki (posisi jongkok / squat) untuk mengambil barang jika posisinya di bawah. Hindari posisi membungkuk..!! beresiko terjadi cedera pinggang atau punggung.

4. Saat mengangkat, gunakan otot kaki sebagai titik angkat, bukan pinggang atau punggung, kemudian posisikan barang dekat atau menempel dengan badan.

lift4

5. Saat berjalan memindahkan barang, posisikan tangan lurus ke bawah menahan beban, punggung dan leher tetap tegak, tidak membungkuk. Posisikan barang tidak menghalangi pandangan.

6. Jika terpaksa melakukan manuver berbelok, memutar, berbalik, dan lainnya, gunakan tumpuan kaki, bukan pinggang atau punggung. Hal ini perlu dihindari untuk mencegah cedera pinggang atau punggung.

lift5

7. Jika posisi akhir benda ada di bawah, kembali gunakan posisi jongkok / squat untuk meletakan benda, bukan dengan cara membungkuk.

Demikian Sahabat, cara-cara aman untuk mengangkat dan memindahkan barang. Hal yang terlihat sepele, namun bisa menimbulkan resiko cedera jika tidak kita perhitungkan. Semoga bermanfaat. Tetap sehat dan selamat..

 

Referemsi : http://www.highspeedtraining.co.uk/

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here