Lokasi Strategis Untuk Pemasangan Kamera CCTV

CCTV untuk Keamanan Rumah

Seperti dijelaskan pada artikel sebelumnya, ada beberapa faktor dalam memilih CCTV untuk sistem keamanan rumah. Namun, ada satu faktor penting lainnya yang harus sahabat pertimbangkan sebelum memasang kamera CCTV, yaitu lokasi pemasangan kamera CCTV. Lokasi pemasangan tidak bisa sembarangan, karena harus mencakup titik kerawanan dalam pencegahan tindak pencurian. Nah, ada beberapa lokasi strategis yang harus dipertimbangkan dalam pemasangan CCTV beserta model yang tepat. Berikut ulasannya:

Pintu Depan

Menurut survey yang dilakukan oleh International Association of Certified Home Inspector, didapatkan hasil bahwa hampir 34% pencuri memasuki rumah melalui pintu depan. Oleh sebab itu, pintu depan merupakan lokasi utama yang harus dipasang CCTV untuk mencegah tindak pencurian. Jika rumah sahabat memiliki lebih dari satu lantai, disarankan untuk memasang CCTV di lantai dua yang menghadap ke pintu depan. Ini bertujuan agar pencuri tidak menyadari adanya CCTV kamera dan berusaha merusak kamera. Namun, jika rumah sahabat hanya terdiri dari satu lantai, kamera tersembunyi yang menghadap ke pintu depan harus dipertimbangkan. Pertimbangan lainnya adalah sahabat bisa memanfaatkan kamera peephole, seperti Brinno, Peepple, etc, untuk mengetahui siapa yang mengetuk pintu sebelum sahabat membukanya.

Pemasangan kamera CCTV
Illustrasi Pemasangan Kamera Peephole pada pintu depan (sumber gambar: http://www.brinno.com/)

Pintu Belakang

Pada urutan kedua menurut survey, hampir 22% pencuri memasuki rumah melalui pintu belakang. Biasanya pintu belakang tersambung dengan gudang atau dapur yang gelap dan jarang sekali dikunjungi oleh penghuni rumah. Pemasangan CCTV kamera pada lokasi ini juga harus mempertimbangkan kamera tersembunyi yang tidak bisa dijangkau oleh siapapun. Pastikan kamera dapat beroperasi saat kondisi panas dan dingin, serta mampu beropertasi dalam segala cuaca, dan yang paling penting kamera harus memiliki fitur night vision (infrared) agar tetap memantau dalam suasana gelap. Pasang kamera pada sudut rumah yang menghadap pintu belakang dengan posisi bird-view yang mencover hampir semua area.

Contoh kamera dengan fitur night-vision untuk melindungi pintu belakang rumah (sumber: www.lorextechnology.com)
Contoh kamera dengan fitur night-vision untuk melindungi pintu belakang rumah (sumber: www.lorextechnology.com)

Jendela Yang Tidak Menghadap Jalan

Hampir 23% pencuri memasuki rumah melalui jendela. Namun, biasanya jendela yang menjadi target utama pencuri adalah yang tidak menghadap langsung ke jalan. Ini dikarenakan, pencuri akan leluasa melakukan aksinya tanpa diketahui oleh orang lain yang berada di jalan lingkungan rumah. Oleh sebab itu pemasangan CCTV pada jendela yang tidak menghadap jalan perlu dipertimbangan. Karena cakupan yang luas dan ada kemungkinan menimbulkan blank spot, kamera nirkabel dengan fitur night-vision dan remote control yang bisa dikendalikan dengan menggunakan ponsel bisa menjadi pilihan.

Halaman Depan/Pintu Gerbang

Pemasangan CCTV kamera di halaman depan rumah yang menghubungkan pintu gerbang utama dan pintu depan sangat dianjurkan. Selain memantau pergerakan pencuri di lingkungan rumah, pemasangan di lokasi untuk juga bisa membantu dalam pemantauan pergerekan pencuri di rumah tetangga. Kamera luar ruangan yang memiliki fitur night-vision harus menjadi pilihan utama, sehingga bisa memantau di siang dan malam hari. Kamera yang digunakan juga memerlukan kualitas material yang baik agar dapat tetap beroperasi saat kondisi panas dan dingin, serta mampu beropertasi dalam segala cuaca.

Beberapa pilihan kamera luar ruangan
Beberapa pilihan kamera luar ruangan

Ruang Tamu/Kamar Tidur

Pemasangan CCTV dalam ruangan untuk pencegahan tindak pencurian bisa dipertimbangan. Isu privacy terkadang menjadi masalah dalam pemasangan CCTV dalam ruangan. Jika sahabat memiliki dana yang terbatas dalam pembelian kamera, penggunaan metode hybrid bisa dipertimbangan: yaitu memasang dummy kamera dengan harga relative murah yang terlihat seperti kamera sungguhan di dalam ruangan dan memasang kamera sungguhan di luar ruangan. Hal ini bertujuan agar pencuri yang telah berhasil memasuki ruangan akan berpikir ulang dalam melakukan aksinya. Namun, jika sahabat memiliki budget yang cukup, pemasangan kamera sungguhan bisa menjadi pilihan.

Sahabat, semoga ulasan diatas bisa menjadi pertimbangan dalam menentukan lokasi untuk pemasangan kamera CCTV. Tetap kunjungi situs Keselamatan Keluarga dot Com untuk info lebih dalam seputar penggunaan CCTV.

 

Sumber: https://www.safety.com/

Ilustrasi CCTV by Open Grid Scheduler / Zero 1.0

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here