Mengenali Gejala Stroke dengan Metode FAST

Seperti yang Sahabat ketahui, stroke adalah kejadian matinya sel-sel otak akibat kekurangan makanan dan oksigen. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa alasan. Misal, pecahnya pembuluh darah atau pembuluh darah yang tersumbat. Akibatnya, muncul beberapa kerusakan pada otak. Bahkan kerusakan ini bisa bersifat permanen pada otak. Mengapa demikian? Karena bila dalam jangka waktu 6 menit sel otak tidak mendapat suplai oksigen yang cukup, otak tidak akan bisa bekerja dengan sempurna. Padahal otak merupakan pusat dari segala sesuatu yang terjadi pada tubuh kita.

Karena otak tidak dapat bekerja, stroke dapat berakibat fatal bagi manusia, bahkan dapat berakhir dengan kematian. Pada artikel ini penulis akan berbagi cara untuk mengenali gejala stroke dengan metode FAST.

Metode FAST merupakan singkatan dari kata Facial drooping, Arm weakness, Speech difficulties dan Time. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, berarti wajah yang terkulai, lengan tangan yang menjadi lemah, kesulitan dalam berbicara, serta waktu.

Gejala stroke FAST
Metode FAST untuk mengenali gejala stroke

Metode FAST pertama dikembangkan di Inggris, pada tahun 1998 oleh sekelompok dokter pakar stroke, tenaga perawat dan dan dokter jaga di UGD. Metode ini kemudian dibuat menjadi suatu bagian yang terintegrasi dalam pelatihan untuk penanganan stroke. Di beberapa negara metode FAST sudah sering dikampanyekan. Ini adalah sebagian dari usaha untuk membuat masyarakat luas mengenal akan beberapa gejala stroke. Selain itu, kampanye ini mendorong masyarakat agar mengetahui tindakan apa saja yang perlu dilakukan jika sewaktu-waktu menemukan seseorang yang terkena serangan stroke.

Berikut adalah penjelasan mengenai metode FAST yang bisa Sahabat terapkan untuk mengidentifikasi ketika seseorang terkena serangan.


Face drooping

Facial drooping adalah wajah yang tertarik ke satu sisi atau ke bawah dan sulit untuk digerakkan. Biasanya Sahabat akan mudah mengenali gejala ini karena tampak secara nyata. Misalnya, daerah wajah terlihat seperti “terjatuh” pada satu bagian. Bisa juga misalnya penderita mengalami kesulitan untuk minum dari cangkir, sehingga ada yang tertumpah.

Arm weakness

Arm weakness adalah ketika seseorang mengalami kesulitan untuk menggerakan lengan tangannya. Untuk mengetesnya, Sahabat bisa meminta penderita untuk mengangkat kedua tangan ke atas. Kemudian, Sahabat amati apakah salah satu tangan jatuh atau tidak terangkat secara sempurna. Pada beberapa kejadian penderita mengalamai mati rasa atau sensasi kebas meskipun masih bisa menggerakkan tangan.

Speech difficulties

Sesuai dengan namanya, speech difficulties artinya kesulitan berbicara. Pada tahap ini, penderita berbicara dengan tidak jelas dan cenderung sulit dipahami. Cobalah Sahabat mengucapkan beberapa patah kata, kemudian mintalah orang tersebut mengulanginya. Jika orang tersebut kesulitan untuk mengulangi, bisa jadi ia mengalami gejala kesulitan berbicara.

Time

Terakhir, bila terjadi hal-hal di atas, maka waktu respons Sahabat menjadi sangat penting. Sahabat dianjurkan segera memanggil bantuan medis dan membawa penderita ke rumah sakit. Perlu Sahabat ketahui bahwa stroke merusak sekitar dua juta sel otak per menit. Jadi, waktu amatlah penting bagi seseorang yang terkena serangan stroke. Semakin cepat memperoleh pertolongan, maka akan semakin banyak sel otak yang dapat diselamatkan.


Sahabat harus ingat, bila mengenali salah satu saja dari tanda-tanda di atas, Sahabat harus merasa curiga bahwa orang tersebut mungkin terkena serangan stroke. Bahkan, jika Sahabat hanya melihat salah satu tanda saja, Sahabat tidak boleh ragu uantuk segera mencari bantuan medis. Sayangnya, sekitar 10% dari serangan stroke tidak memberikan gejala-gejala yang nyata. Ini memuat penderita tidak menyadarinya sehingga pengamatan Sahabat amat bermanfaat dan membantu. Pada waktu tiga hingga empat jam pertama adalah “periode emas” untuk penanganan stroke. Artinya pada fase ini, segala pertolongan yang didapatkan oleh penderita amatlah vital.

Jadi, sesuai dengan namanya, metode FAST dapat membantu Sahabat mengenali gejala awal serangan stroke dan mencarikan bantuan dengan cepat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here