Bahaya Kebakaran di Rumah : APAR dan Cara Penggunaannya

clipartfest.com

Halo Sahabat Keselamatan Keluarga. Setelah pada artikel sebelumnya kita membahas mengenai sumber dan hal-hal yang dapat menyebabkan kebakaran, pada artikel ini mari kita membahas mengenai APAR, atau Alat Pemadam Api Ringan sebagai langkah pertama untuk memadamkan kebakaran yang sedang terjadi.

APAR atau Alat Pemadam Api Ringan adalah peralatan wajib yang harus sahabat miliki. Walaupun kita sudah sangat berhati-hati terhadap api, adakalanya hal buruk terjadi diluar kendali kita. Disaat seperti inilah kita dituntut mempunyai kesiapan dan perlengkapan yang memadai untuk melawan api, salah satunya APAR. APAR sangat efektif untuk memadamkan kebakaran ringan. Intervensi kita saat api masih kecil inilah yang seringkali menghindarkan kita dari bahaya kebakaran yang lebih besar.

APAR tersedia dipasaran dengan berbagai jenis dan merek. Menurut jenisnya, APAR dibedakan menjadi beberapa jenis, yang tujuannya semua sama, yaitu menghilangkan atau mengisolasi salah satu unsur segitiga api :

  • APAR Jenis Air
  • APAR Jenis Tepung Kimia
  • APAR Jenis Busa
  • APAR Jenis CO2
  • APAR Jenis Hallon

Walaupun tersedia dalam berbagi jenis, APAR yang ada sekarang ini sudah dibuat sangat global dalam hal penggunaanya. Untuk menggunakan APAR dengan benar, berikut adalah langkah-langkah yang harus Sahabat semua lakukan:

  • Ambil APAR dari tempatnya
  • Bebaskan selang dari jepitannya
  • Cabut pin pengaman
  • Pegang nozzle dengan tangan kiri arahkan keatas
  • Tekan katup/handle (untuk tes alat)
  • Ambil jarak ideal ± 4 meter dibelakang arah angin
  • Arahkan nozzle ke sumber api
  • Sapukan dimulai dari api yang terkecil
kebakaran PASS
www.fullworksfiresafety.com.au

Kita tidak pernah tahu kapan bencana datang dan siapa yang akan datang pertama kali untuk melakukan pertolongan. Sangat penting untuk meletakkan APAR yang Sahabat miliki ditempat yang mudah dijangkau dan gampang dilihat, bahkan oleh tamu-tamu kita sekalipun. Idealnya APAR harus tersedia minimal satu disetiap lantai jika rumah kita bertingkat ataupun memiliki basemen. Jika harus memilih prioritas, pastikan dapur atau tempat dimana kita sering menyalakan api berada di daftar paling atas.

Catatan penting terkait APAR: Perlu sahabat ingat bahwa APAR memiliki keterbatasan yaitu hanya bisa digunakan untuk kebakaran ringan. Api bisa merambat dan membesar dengan cepat. Prioritas utama kita saat terjadi kebakaran adalah bagaimana bisa keluar dengan selamat. Perhitungkan dengan cermat resiko disekitar anda ketika menggunakan APAR. Jangan pernah mencoba untuk menyelamatkan barang-barang, segera keluar dan selamatkan diri ketika api tidak bisa kita kendalikan.

Jika Sahabat belum memiliki APAR di rumah, Sahabat dapat menggunakan peralatan sederhana untuk menangani kebakaran. Misalnya karung goni, atau kain basah dapat Sahabat gunakan untuk menangani kebakaran dengan skala kecil. Atau mungkin air melalui selang pun dapat menjadi alat pemadam api.

http://surreyfire.co.uk/types-of-fire-extinguisher/
http://surreyfire.co.uk/types-of-fire-extinguisher/

Namun Sahabat perlu perhatikan juga penggunaan APAR atau alat pemadam api sederhana yang disebutkan diatas dengan jenis kebakaran yang terjadi. Apabila kebakaran disebabkan oleh konsleting arus listrik, jangan pernah sekali-kali Sahabat menggunakan APAR dengan media air.

Tetap sehat dan selamat ya Sahabat..

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here