IKEA Indonesia Merecall PATRULL Safety Gate untuk Anak

Ikea Indonesia Merecal PATRULL Safety Gate Untuk Anak

Sahabat, pada 23 Juni 2016 lalu IKEA Indonesia melalui situs resminya www.ikea.co.id mengumumkan recall terhadap produk PATRULL safety gate. Pengguna perabot ini sangat disarankan untuk membawa kembali ke showroom IKEA untuk mendapatkan full refund.

IKEA PATRULL safety gate adalah gerbang pengaman yang biasanya dipasang di area tangga untuk melindungi anak dari terjatuh. Perabot ini terdiri dari dari tipe PATRULL KLÄMMA and PATRULL FAST yang sudah dijual beberapa tahun kebelakang.

Seri Patrull Gerbang Pengaman IKEA
Seri Patrull Gerbang Pengaman IKEA

Recall ini dilakukan karena IKEA mendapat laporan beberapa pengguna yang menyatakan bahwa gerbang pengaman dapat terbuka secara tidak sengaja sehingga menyebabkan anak-anak terjatuh di tangga rumah. Beberapa kejadian bahkan sampai membutuhkan penanganan medis. Investigasi yang diadakan terkait kecelakaan ini menunjukan bahwa sistem pengunci gerbang pengaman tidak berfungsi dengan baik sehingga menimbulkan resiko bagi anak kecil.

Sahabat pengguna perabot ini bisa melakukan refund ke showroom IKEA di Alam Sutra dan penukaran bisa dilakkukan tanpa memerlukan receipt pembelian. Informasi lebih jelas bisa didapat di www.IKEA.co.id atau layanan bebas pulsa IKEA di (021) 2985 3900.

Tentang Recall produk Kabinet Laci tipe MALM di Amerika Utara

Beberapa waktu lalu IKEA juga baru saja melakukan kampanye recall sukarela terhadap produk kabinet laci tipe MALM di wilayah Amerika Utara (Amerika Serikat dan Kanada).

Recall ini dilakukan setelah adanya temuan kematian 6 anak yang meninggal karena secara tidak sengaja tertimpa Kabinet laci yang tidak dikaitkan ke dinding. Kabinet laci tipe MALM sangat tidak stabil dan bisa terguling saat semua laci terbuka. Resiko terguling ini bisa diatasi jika kabinet laci dikaitkan ke dinding dengan alat yang disediakan pada produk MALM terbaru. Video dibawah menunjukan betapa berbahayanya laci MALM yang tidak dikaitkan ke dinding.

Melalui surat resmi dari akun facebook IKEA yang tim Keselamatan Keluarga terima, IKEA menyatakan bahwa kampanye di Amerika Utara bersifat sukarela setelah mereview ketentuan yang tertuang dalam badan standard ASTM di Amerika Serikat. Di Indonesia sendiri tidak ada ketentuan spesifik yang mengatur desain kabinet laci ini. IKEA juga telah mewajibkan penggunaan pengikat laci ke dinding dalam instruksi perakitan laci ini. Dua alasan diatas menjadi poin utama mengapa IKEA Indonesia tidak merecall produk kabinet laci MALM mereka.

“Hi Achmad,
Keselamatan produk merupakan prioritas utama di IKEA dan tidak dapat dikompromikan. Lemari laci IKEA akan aman saat dikaitkan ke dinding menggunakan alat pengencang yang disertakan bersama produk. Kami tidak memiliki informasi apapun tentang insiden terjatuh dengan lemari laci yang sudah dikaitkan ke dinding dengan benar. IKEA berkomitmen untuk membuat perubahan melalui kampanye Pastikan aman!.

Penarikan di Amerika Utara adalah salah satu hasil dialog antara IKEA di Amerika Utara dan pejabat berwenang setempat karena tidak sesuai dengan standar ASTM setempat. Namun demikian lemari laci IKEA telah memenuhi semua persyaratan di negara lain.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Terima kasih atas perhatiannya. ” – IKEA Indonesia

So Sahabat, jika sahabat termasuk pengguna kabinet laci MALM, pastikan pengikat laci ke dinding sudah terpasang dengan aman. Jangan segan untuk menghubungi IKEA jika ada pertanyaan terkait keselamatan perabot yang Sahabat beli dari IKEA.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here