Gentle Birth, Melahirkan dengan Bahagia

Anak merupakan anugrah

Kehamilan bukanlah masa yang mudah bagi setiap wanita. Saat hamil, beberapa perubahan fisik terjadi pada calon ibu, dari mulai mual, perubahan postur tubuh, hingga sakit pinggang yang seolah-olah tidak berhenti. Hal-hal seperti itu dapat membuat ibu hamil merasa merasa tidak nyaman dalam menjalani proses kehamilan.

Selain hal di atas, calon ibu, dan juga ayah, sering kali mengalami tekanan psikologis, seperti perasaan khawatir terhadap perkembangan janin, khawatir tidak mendapat dukungan yang baik saat persalinan, dan pandangan orang lain yang sering mencibir cara calon ibu dan ayah dalam menghadapi kehamilan dan mempersiapkan kelahiran si buah hati.

“Perasaan inilah yang sering dialami ibu hamil. Perubahan kondisi fisik dan psikis sangat mengganggu keseimbangan mental ibu. Membuat ibu tidak percaya pada kemampuannya melahirkan dengan normal, menyusui, hingga merawat buah hatinya.” Demikian dijelaskan oleh Irma Syahrifat, Certified Birth & Postpartum Doula dari komunitas Birth.ImWithU

Irma menjelaskan persalinan merupakan sebuah “transformasi” bersama, suatu proses yang indah. Bukan hanya seorang perempuan menjadi ibu, tetapi juga seorang laki-laki menjadi ayah. Karena itu, dibutuhkan support system yang kondusif. Sebagai bagian dari pelaku persalinan, suami merasakan kepanikan yang sama dengan kepanikan ibu saat bersalin. Peran suami bekerja sama dengan istri menjadi kunci sukses persalinan.

Dalam aktivitasnya sebagai seorang doula, yaitu pendamping persalinan non-medis yang membantu pasangan suami-istri dalam persiapan persalinan, Irma sering mengampanyekan konsep gentle birth.

Gentle birth adalah sebuah filosofi kehamilan dan persalinan yang dijalankan secara sadar agar menjadi pengalaman yang menyenangkan dan bermakna. Sadar akan pilihannya, percaya penuh pada kemampuan tubuhnya, melakukan pemberdayaan diri seutuhnya, menguasai perjalanan yang akan dihadapinya, dan percaya bahwa kontraksi persalinan merupakan sesuatu yang alamiah. Dengan gentle birth, berbagai kekhawatiran dan masalah yang akan dialami dalam proses persalinan bisa dihadapi dengan lebih tenang, rileks dan nyaman.

Sesi persiapan persalinan bersama Irma Syahrifat

Untuk bisa menjalani proses persalinan dengan gentle birth, calon ibu dan ayah bisa mengikuti kelas persiapan persalinan seperti yang sering diadakan komunitas birth.ImWithU. Dalam kelas ini, ibu dan ayah diberikan pelatihan mempersiapkan diri saat persalinan tiba secara mind, body, dan spirit. Berbagai tools relaksasi diberikan untuk dipraktikkan selama hamil dan bersalin. Ayah dan ibu juga akan diberikan pemahaman, antara lain, mengenai teknik pernapasan dan menyamankan persalinan, cara berkomunikasi dengan janin, serta peran support system dalam mendampingi persalinan.

Pada tanggal 2 Maret 2019 nanti, Birth.ImWithU akan berkolaborasi dengan FYcom dalam mengadakan kelas persiapan persalinan yang mengupas konsep gentle birth. Kelas ini akan membahas filosofi gentle birth, persalinan holistik, relaksasi hypnobirthing, peran pendamping persalinan, optimalisasi posisi janin, teknik pernapasan dalam persalinan, cara berkomunikasi dengan janin, dan teknik menyamankan persalinan.

Selain itu, ada sesi sharing bersama Finna Yudharisman, social media influencer ternama yang bersama suaminya Agianda telah berhasil menjalani proses persalinan dengan gentle birth.

“Saya merasakan sekali manfaat gentle birth dalam proses kehamilan dan persalinan. Saya menjadi lebih percaya pada kemampuan diri saya, berani mengambil keputusan terbaik atas pilihan persalinan kami, dan Agi menjadi lebih tenang serta siaga ketika bersalin bersama. Kehadiran Teh Irma sebagai doula, meskipun dari jarak jauh, juga membantu saya menenangkan diri di masa-masa sulit saat persalinan,” kata Finna memberi kesaksian.

Acara yang akan diadakan di Yello Hotel Bandung ini bertujuan membantu para calon ibu dan ayah dalam mempersiapkan dan mengetahui apa saja yang harus dilakukan pada saat menjalani proses persalinan. “Untuk itu, saya mengajak tim Birth.ImWithU dari Jakarta berkolaborasi dengan kami, FYcom, di Bandung. Saya merekomendasikan sekali kelas ini karena manfaatnya terasa langsung buat kami.”

Sahabat yang tertarik mengikuti acara ini bisa mendaftarkan diri di tautan bit.ly/kelaspersiapanpersalinan atau melalui kontak Rosmelia di 081911324712.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here