Fitur Keselamatan Mobil Masa Kini – Bagian 1

Sahabat, kecelakaan yang melibatkan kendaraan roda empat selalu menjadi sorotan, karena dampaknya bisa sangat fatal. Oleh karena itu, para produsen mobil selalu berusaha melengkapi fitur-fitur keselamatan mutakhir untuk melindungi penumpang terhadap resiko kecelakaan mobil. Fitur-fitur keselamatan mobil masa kini apa sajakah yang dapat Sahabat hadirkan bagi keluarga Sahabat? Berikut ini adalah ulasannya.

Air Bag

Fitur Keselamatan Mobil Masa Kini 1a

Fitur pertama yang ingin Penulis bahas adalah air bag, atau kantung udara yang merupakan salah satu fitur keselamatan mobil paling populer saat ini. Air bag berfungsi mengurangi resiko cedera saat terjadi tabrakan dengan cara menyediakan bantalan udara bagi tubuh penumpang saat terjadi tabrakan. Saat mobil berjalan dengan kecepatan tinggi dan tiba-tiba terhenti karena tabrakan, penumpang akan cenderung terlempar kearah mobil melaju. Kejadian ini dapat membuat bagian tubuh penumpang terhantam benda-benda di dekatnya, terutama dashboard mobil.

Air bag akan melindungi bagian tubuh penumpang terutama bagian kepala, leher, dan dada melalui bantalan udara yang mengembang dalam sepersekian detik sesaat setelah mobil mengalami benturan keras.

Saat terjadi benturan yang cukup keras, sensor air bag pada mobil akan mengirimkan sinyal ke sebuah igniter yang membuat air bag mengembang seketika. Air bag inilah yang menjadi bantalan penahan tubuh penumpang saat terjadi benturan. Air bag dilengkapi lubang-lubang kecil yang berfungsi untuk mengatur volume udara yang dipompakan ke dalam air bag secara otomatis.

Pada umumnya, air bag terdapat pada bagian dashboard mobil, namun untuk mobil-mobil dengan kelas dan spesifikasi yang lebih tinggi, air bag juga disediakan pada bagian sisi mobil (jendela). Di Indonesia, Kijang Innova Type G Diesel adalah salah satu mobil yang memberikan kelengkapan airbag samping dan lutut.

Anti-Lock Braking System (ABS)

Fitur Keselamatan Mobil Masa Kini Part 1b

Fitur keselamatan lainnya yang bisa Sahabat temui adalah Anti-Lock Braking System atau yang biasa disingkat ABS.

ABS berfungsi untuk menghindari mobil kehilangan kendali karena ban selip. Saat Sahabat melakukan pengereman mendadak atau berkendara pada saat hujan, mobil akan beresiko kehilangan daya cengkram (traksi) terhadap jalan. Hal ini dapat berujung pada kecelakaan yang membahayakan.

Fitur ABS hadir untuk mengatasi permasalahan tersebut. Saat terjadi pengereman mendadak, ABS akan meningkatkan daya cengkram/traksi ban mobil untuk menghindari selip, bahkan saat pengereman secara maksimal sekalipun. Sistem ini bekerja dengan menaik turunkan tekanan rem selama sepersekian detik dengan tujuan mengembalikan daya cengkram ban terhadap jalan. Saat mobil mendeteksi ban yang selip, sensor ABS mengirimkan sinyal ke kontroler yang kemudian akan memerintahkan piston pada kampas rem untuk mengatur tekanan rem dan mengembalikan tekanan minyak rem tersebut secara normal saat ban sudah tidak mengunci lagi.

Side Impact Door Beams

CAT_KN_Artikel Fitur Keselamatan Kendaraan Masa Kini Part 1 3

Fitur keselamatan selanjutnya yang mulai banyak ditemui pada mobil-mobil di Indonesia adalah side impact beams.

Side Impact Beam berfungsi meminimalisir dampak kecelakaan terhadap penumpang saat terjadi hantaman pada bagian samping kendaraan. Kecelakaan akibat hantaman samping memiliki daya rusak yang lebih besar dibanding kecelakaan akibat hantaman depan, karena batas antara penumpang dan objek hataman hanya dibatasi oleh pintu mobil yang tipis. Hal ini tentu akan berakibat fatal bagi keselamatan Sahabat dan keluarga.

Side impact beam akan menjaga area duduk pada kabin mobil Sahabat agar tetap utuh dan tidak melukai penumpang saat terjadi benturan samping. Side impact beams ini berbentuk sebuah batang yang biasanya ditanam pada bagian pintu mobil Sahabat.

Saat terjadi benturan keras dari arah samping mobil Sahabat, side impact beams ini menahan benturan dengan cara menyalurkan tenaga benturan dari pintu mobil ke bagian body mobil lainnya. Mekanisme ini membuat area kabin bagian penumpang lebih utuh dan mengurangi dampak benturan body mobil dengan tubuh penumpang.

Automatic Emergency Braking

CAT_KN_Artikel Fitur Keselamatan Kendaraan Masa Kini Part 1 4

Fitur keselamatan selanjutnya adalah Automatic Emergency Braking atau sistem pengereman darurat otomatis. Fitur ini sepertinya belum begitu populer di Indonesia tetapi sebenarnya sangat bermanfaat bagi keselamatan keluarga Sahabat.

Automatic Emergency Braking sangat berguna saat pengemudi lengah melakukan pengereman. Fitur keselamatan ini berfungsi sebagai sistem otomatis yang akan memberikan peringatan bagi pengemudi ketika ada kendaraan lain atau obyek di depan mobil Sahabat. Jika pengemudi terlambat merespon menginjak rem, sistem ini akan melakukan pengereman otomatis dan membuat mobil berhenti dengan sendirinya.

Automatic Emergency Braking terdiri dari sensor radar yang berfungsi mendeteksi jarak obyek di depan mobil pengemudi. Ketika sensor radar ini mendeteksi obyek yang berada di dekat mobil Sahabat, sensor ini akan mengirimkan sinyal ke monitor audiovisual yang dapat dipasang di dekat kemudi mobil atau di dashboard mobil Sahabat. Sinyal yang disampaikan ini biasanya berupa getaran atau suara yang dapat dirasakan oleh pengemudi. Ketika pengemudi terlambat merespon menginjak rem mobil dan sensor mendeteksi jarak yang sudah terlalu dekat dengan obyek di depan mobil Sahabat, Automatic Emergency Braking ini akan menurunkan kecepatan mobil Sahabat atau bahkan menghentikan mobil Sahabat secara seketika.


Sahabat, fitur-fitur keselamatan lainnya seperti crumple zone dan electronic brake distribution juga tidak kalah pentingnya dengan fitur-fitur diatas. Kenali manfaat dan cara kerjanya lewat artikel berikut : Fitur Keselamatan Mobil Masa Kini – Bagian 2

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here