[Review] D-Link DSP-W215 Smart Plug – Kendalikan Peralatan Listrik Menggunakan Ponsel

d-link DSP-W215 smart plug
D-Link DSP W215

Home is where the smart is“. Demikian slogan yang diusung D-Link untuk rangkaian produk perangkat pintarnya, termasuk D-Link DSP-W215 Smart Plug.

Smart Plug DSP-W215 merupakan stop kontak yang dapat dikendalikan dari jarak jauh, menggunakan sinyal WiFi. Bukan hanya itu, stop kontak ini juga dapat melakukan berbagai hal yang dapat membuat rumah Sahabat semakin “pintar” untuk menjawab kebutuhan gaya hidup modern.

Spesifikasi

Tidak seperti stop kontak biasa, D-Link DSP-W215 dilengkapi dengan fitur kelistrikan yang lengkap seperti beban maksimum sebesar 3120 Watt dan disertai dengan sekring dan sensor suhu. Spesifikasi lengkapnya adalah :

  • Stop kontak listrik standard Indonesia
  • Dimensi 117 x 66 x 39.3 mm
  • Beban maksimum 3120 watt
  • Sekring dan sensor thermal
  • Support standard wifi wireless 802.11n dengan WPS set up
  • Aplikasi pengoperasian gratis MyDlink Home

Selama terhubung ke internet melalui Wi-Fi, perangkat listrik yang dicolokkan ke alat ini dapat dinyala-matikan melalui smartphone dari mana pun.

Tak hanya itu, Sahabat juga dapat menjadwalkan pemakaian dan mengawasi penggunaan listrik sambil menghitung sekaligus menganggarkan biayanya. Semua dilakukan dari aplikasi yang intuitif.

D-Link juga menambahkan fitur sensor thermal / suhu yang dapat mencegah terjadinya kerusakan pada perangkat listrik atau, lebih parah lagi, bahaya kebakaran.

Desain Produk

D-Link DSP-W215 memiliki dimensi 117 x 66 x 39.3 mm. Smart Plug ini digunakan dengan “menimpa” lubang stop kontak yang ada dengan unit Smart Plug. Karena nya Sahabat harus menyediakan tambahan ruang kosong untuk mencolokan peralatan listrik ke D-Link DSP-W215.

Unit smart plug D-Link DSP-W215 didesain dengan cukup elegan. Berbalut warna putih yang sedikit glossy, bagian depan terdiri dari lubang stop kontak dan tombol power untuk menyalakan/mematikan daya. Tombol power ini akan menyala jika Smart Plug dalam posisi nyala.

Pada bagian kiri plug terdapat tombol WPS dan lampu LED untuk indikator proses pairing smart plug. Bagian belakang sendiri dilengkapi dengan power plug dan stiker berisi informasi unit dan identitas wireless.

Smart Plug D-Link DSP-W215 sudah tersedia dalam stop kontak listrik standard Indonesia.

Gallery – D-Link DSP-W215 WiFi Smart Plug

Pengaturan Awal

Untuk dapat digunakan, D-Link Wi-Fi Smart Plug harus terhubung ke internet melalui Wi-Fi, sehingga pengaturan awal dilakukan pada dua tempat: ponsel dan router Wi-Fi. Namun tak perlu khawatir karena D-Link telah membuat proses pengaturan awalnya cukup mudah sehingga dapat dilakukan oleh siapapun.

KeselamatanKeluarga.com
D-Link DSP W215 – mydlink Home App

Untuk menghubungkannya dengan router Wi-Fi, Sahabat hanya perlu menekan tombol WPS yang ada pada smart plug dan router, atau jika router tidak mendukung fitur WPS, pengaturan bisa dilakukan secara manual.

Di sisi ponsel, Sahabat cukup menginstall aplikasi mydlink Home di perangkat Andriod atau iOS dan mengikuti langkah-langkah yang ditampilkan pada aplikasi tersebut.

Pengoperasian

KeselamatanKeluarga.com
D-Link DSP W215 – mydlink Home App

Setelah smart plug sukses terdeteksi di aplikasi mydlink Home, Sahabat sudah bisa mencoba fitur dasarnya: mematikan dan menghidupkan smart plug melalui ponsel, baik saat ponsel Sahabat terhubung ke Wi-Fi atau jaringan 4G.

Kontrol Jarak Jauh

Sahabat dapat menekan tombol icon power pada aplikasi mydlink home untuk menyalakan atau mematikan daya pada smart plug. Sahabat juga dapat melakukannya melalui tombol fisik yang ada di bagian depan smart plug. Tombol ini akan menyala hijau jika smart plug dalam keadaan menyala. Adanya tombol on/off secara fisik ini menjadikan pengoperasian smart plug menjadi lebih praktis.

Manajemen Penggunaan Daya Listrik

Saat pertama kali menancapkan perangkat listrik ke Smart Plug, Sahabat bisa langsung melihat seberapa besar daya yang dikonsumsi. Dengan melakukan pengaturan biaya per kWh, nantinya Sahabat juga bisa melihat total biaya yang dikeluarkan selama perangkat tersebut digunakan. Sahabat juga dapat menggunakan informasi ini untuk mengetahui besaran daya aktual yang digunakan peralatan listrik yang terhubung ke smart plug.

Kami pun mengamati daya listrik peralatan seperti kulkas dapat bervariasi sepanjang hari. Disinilah fitur manajemen biaya penggunaan listrik menjadi bermanfaat untuk mengetahui total besar penggunaan daya listrik selama periode tertentu, misalnya sebulan.

Tak ingin konsumsi listriknya berlebihan? Ada fitur Power budget yang memungkinkan Sahabat menganggarkan jumlah daya maksimal dan mengatur notifikasi saat penggunaan daya sudah mencapai 70-90% dari total anggaran.

Ini adalah fitur yang tidak mampu diberikan oleh alat pengukur daya listrik biasa.

Penjadwalan Penggunaan Peralatan Listrik

Bisa menyalakan atau mematikan AC di rumah melalui ponsel bahkan saat Sahabat sedang bersiap pulang dari kantor memang mengagumkan. Tapi tanpa pengotomatisan rasanya masih belum bisa disebut “rumah pintar”.

Melalui aplikasi mydlink Home, Sahabat bisa menjadwalkan kapan smart plug mulai menyala dan kapan harus dimatikan. Nantinya perangkat listrik juga akan menyala dan mati sesuai waktu yang sudah Sahabat jadwalkan.

Penjadwalan bisa diset berdasarkan jam dan hari. Sahabat dapat mengatur jam pengoperasian yang berbeda tiap harinya.

Sensor Thermal untuk Mencegah Kebakaran

Listrik adalah penyebab utama kebakaran di rumah. Di antaranya terjadi karena terbakarnya kabel dan stop kontak akibat panas yang berlebihan pada steker. Panas berlebih yang dihasilkan tersebut bisa disebabkan oleh stop kontak yang longgar atau perangkat listrik yang memang mengalami kerusakan internal.

Smart plug D-Link DSP-W215 dapat mengantisipasi bahaya kebakaran akibat panas berlebih ini dengan adanya sensor thermal / panas yang bisa mendeteksi suhu smart plug. D-Link DSP-W215 akan memutuskan arus ke perangkat listrik secara otomatis apabila suhu sudah melebihi batas yang sudah Sahabat tetapkan. Dari aplikasi mydlink Home, Sahabat bisa mengatur berapa batas toleransi suhu yang aman.

Gallery – Fitur-fitur smart plug D-Link DSP-W215 pada mydlink Home App

Penggunaan

Berdasarkan ulasan di atas, smart plug D-Link DSP-W215 WiFi dapat membantu Sahabat untuk:

  • Mengontrol pengeluaran listrik
  • Melindungi perabotan listrik dari overheat
  • Investigasi penggunaan listrik tak terduga di rumah
  • Menghalau niat kejahatan melalui kesan rumah yang dihuni

Kesimpulan

Stop kontak “pintar” D-Link DSP-W215 Wi-Fi Smart Plug bukan sekedar menghadirkan kepraktisan mengontrol peralatan rumah dari jarak jauh. Fitur manajemen penggunaan daya listrik pada alat ini dapat membantu mengefisienkan penggunaan listrik dengan aman.

Smart plug D-Link DSP-W215 merupakan inovasi perangkat “Smart Home” yang patut Sahabat pertimbangkan. Kemampuan kontrol jarak jauh dan sistem penjadwalan nya dapat membantu Sahabat menghemat pengeluaran listrik dan juga melindungi peralatan listrik dari potensi overheat. Selain itu, alat ini dapat membantu menimbulkan kesan rumah yang terhuni saat Sahabat bepergian jauh dari rumah.

Dengan kisaran harga diatas 500 ribu, Sahabat mungkin tidak memerlukan setiap perangkat untuk dilengkapi smart plug ini. Sahabat dapat fokus ke peralatan berdaya tinggi ataupun alat lain yang dirasa meningkatkan keamanan rumah dari potensi kejahatan.



TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here