[Review] D-LINK DCS-936L – IP CCTV Ringkas Dengan Suara Jernih

D-LINK DCS-936L

Perkembangan sistem rumah pintar berbasis Do-It-Yourself (DIY) semakin pesat dengan banyaknya gadget-gadget baru yang bisa membantu berbagai hal di rumah. D-Link pun kembali meramaikan segmen DIY melalui produk kamera IP CCTV D-Link DCS-936L HD WiFi Camera.

KKC_ID mendapatkan kesempatan untuk melakukan pengujian terhadap kamera D-Link DCS-936L HD WiFi Camera yang memiliki desain yang ringkas dan performa perekaman suara yang jernih. Seperti apa gadget ini bisa membantu Sahabat mengamankan rumah? Simak ulasannya.

Spesifikasi

Beberapa fitur unggulan D-Link DCS-936L adalah:

  • Resolusi HD 1280 x 720 pixel dan 120 derajat field of view
  • Kompresi video H.264
  • WiFi Signal Locator
  • Motion & Sound detection
  • Night Vision dengan lampu infra merah
  • Perekaman video lokal dengan melalui slot MicroSD hingga 128GB
  • Integrasi dengan D-Link Network Video Recorder
  • Harga : Kisaran 900 – 1 Juta rupiah (Okt 2017)
  • Situs Resmi : http://www.dlink.co.id/product/dcs-936l-hd-wi-fi-camera/

Nama besar D-Link yang sudah lama bermain di segmen jaringan komputer, bisa berarti kualitas produk yang lebih jelas dan juga komitmen pada privasi pengguna. Ini sangat penting terutama untuk sebuah produk yang digunakan untuk membantu Sahabat mengawasi wilayah milik pribadi seperti rumah.

Desain Produk

Kamera D-Link DCS-936L memiliki desain yang cukup inovatif. Terdapat beberapa sendi putar dan sendi lipat yang sangat membantu dalam menempatkan kamera di tempat dan arah yang dibutuhkan. Tampak depan kamera dibalut lapisan glossy berwarna hitam sedangkan bagian lainnya umumnya berwarna hitam matte.

Meskipun bernuansa serba hitam, kamera ini tidak terkesan menyeramkan karena bentuknya yang tidak seperti kamera CCTV pada umumnya. Menurut kami D-Link patut diacungi jempol dengan desain yang inovatif ini.

Pada bagian depan terdapat lensa, lampu indikator LED, sensor gerak dan lampu penerangan Infra Red. Sambungan kabel daya, tombol reset dan power terdapat di bagian belakang lingkaran kamera. Slot MicroSD terdapat di sisi kanan kamera.

Kamera ini tidak didesain untuk sebagai outdoor camera atau kamera luar ruangan. Akan tetapi, Sahabat tetap bisa memanfaatkan untuk memonitor keluar rumah selama terlindung dari cuaca dan kelembapan.

Gallery – D-Link DCS-936L HD WiFi Camera

Penyetelan Kamera

Seperti seri D-Link lainnya, penyetelan kamera dilakukan melalui aplikasi mydlink yang tersedia di App Store maupun Play Store. Sahabat cukup mengikuti panduan di layar smartphone dari mulai menyalakan kamera, memasukan password dan mengatur kamera.

Sahabat memerlukan akun mydlink yang bisa didapat secara gratis melalui aplikasi atau situs mydlink indonesia : https://id.mydlink.com/entrance.

Pengoperasian

Mengakses Kamera via Aplikasi

Kamera D-Link DCS-936L bisa diakses melalui aplikasi gratis mydLink Lite maupun aplikasi versi berbayar mydlink+.  Veri berbayar mydlink+ didesain untuk tampilan pada tablet dan juga disertai fitur-fitur tambahan.

Sahabat bisa mengakses kamera dan mengontrol fitur yang ada dari Smartphone Sahabat melalui aplikasi mydlink. Sahabat dapat menampilkan video live dari kamera dengan menekan tombol kamera pada halaman Home. Dari halaman live stream, Sahabat dapat melihat video live dan juga beberapa tombol seperti volume, pengaturan resolusi gambar dan lainnya.

Aplikasi mydlink dapat diset untuk memunculkan notifikasi ketika kamera mendeteksi adanya gerakan atau suara. Selain itu, aplikasi ini juga akan mengirimkan notifikasi ketika kamera tidak berfungsi. Hal ini sangat penting terkait kehandalan kamera, agar Sahabat segera tahu jika kamera tidak berfungsi, yang artinya kamera tidak lagi bisa memonitor si buah hati.

D-Link DCS-936L dilengkapi dengan fitur responsive recording yaitu dapat merekam klip video ke dalam MicroSD saat kamera mendeteksi adanya gerakan atau suara. Klip yang direkam sepanjang kisaran 15 detik dan dapat diputar melalui aplikasi maupun melalui MicroSD. Kamera akan menghapus rekaman klip paling tua secara otomatis jika MicroSD penuh sehingga Sahabat tidak perlu khawatir kehilangan rekaman karena MicroSD yang penuh.

Sayangnya kamera ini tidak bisa merekam video secara terus menerus 24/7 ke dalam MicroSD, tidak seperti kamera seperti Yi Home Camera atau CleverDog. Akan tetapi Sahabat masih bisa mendapatkan fitur perekaman terus menerus 24/7 dengan menambah perangkat Network Video Recoder seperti D-Link DNR-202L yang dijual terpisah.

Kualitas Gambar dan Suara

D-Link DCS-936L menghasilkan gambar beresolusi 1280 x 720 pixel dengan format kompresi H.264. Selain itu, kamera ini memiliki Field Of View sebesar 120 derajat yang memungkinkan Sahabat mendapatkan cakupan luas pada tampilan rekaman. Gambar yang dihasilkan dengan H.264 menghasilkan ukuran file yang kecil sehingga bisa menghemat bandwidth dan storage yang diperlukan untuk operasi kamera. Spesifikasi ini cukup mumpuni jika dibandingkan dengan kamera IP CCTV di segmen DIY yang beredar di pasaran.

Hasil gambar dalam ruangan pada kondisi siang dan malam dapat Sahabat lihat pada gallery dibawah. D-Link DCS-936L menghasilkan gambar yang cukup jelas untuk melihat detail wajah dan benda di sekitar. Cakupan mode Night Vision yang digunakan untuk kondisi gelap memberikan kualitas penerangan yang cukup merata.

Gallery – Gambar Native D-Link DCS-936L HD WIFI Camera

Kualitas suara yang ditangkap sangat jernih dan cukup keras. Suara manusia maupun lingkungan terekam cukup jelas. Hasil rekaman suara diatas rata-rata kamera DIY yang sudah kami review meskipun masih sedikit dibawah IP CCTV Arlo.

Video – Contoh Rekaman Video D-Link DCS-936L WiFI HD Camera

Fitur Deteksi Gerakan dan Suara

Aplikasi MyDlink akan memberikan notifikasi ketika kamera mendeteksi gerakan atau suara. Jika kamera dilengkapi MicroSD, deteksi ini akan membuat kamera merekam klip video kedalam MicroSD yang bisa Sahabat putar di waktu lain. Sayangnya Sahabat tidak dapat mendowload rekaman klip ini langsung melalui Smartphone Sahabat. Sahabat juga tidak dapat melihat rekaman atau screenshot kejadian jika kamera tidak dilengkapi dengan MicroSD atau NVR.

Sahabat dapat menset deteksi gerakan berdasarkan area dan tingkat sensitivitas gerakan. Contohnya, kamera bisa diset untuk mendeteksi gerakan seperti ke area pintu saja. Artinya Sahabat bisa menghindari notifikasi yang tidak perlu dikarenakan gerakan-gerakan yang normal seperti ranting / kipas angin. Sayangnya Sahabat tidak dapat mengatur frequensi notifikasi yang muncul dari deteksi gerakan ini seperti yang dimiliki Arlo atau Yi Home Camera.

Fitur Lainnya

Salah satu fitur yang kami sukai adalah kemampuan mengakses kamera dari laptop/PC melalui situs MyDlink. Dengan fitur ini Sahabat dapat mengakses kamera melalui web browser di PC/laptop yang mungkin lebih nyaman dibandingkan mengakses via smartphone.

Terdapat juga LED Wifi Signal Locator untuk membantu Sahabat menempatkan kamera di lokasi dengan sinyal Wifi yang cukup. LED akan menyala Hijau jika kamera berada di lokasi sinyal Wifi yang kuat dan menyala kelip oranye jika sinyal wifi lemah.

Sayangnya ada beberapa fitur yang tidak tersedia pada kamera ini seperti fitur two way audio yang artinya Sahabat hanya bisa mendengar situasi di sekitar kamera, tidak bisa melakukan percakapan melalui speaker kamera. Kamera ini juga tidak dilengkapi dengan layanan penyimpanan Cloud, layanan geofencing dan layanan integrasi smarthome seperti IFTTT.

Layanan Distributor Resmi

Produk-produk D-Link termasuk DCS-936L ini sudah banyak beredar dan memiliki jaringan distribusi dan service center yang jelas.

Penggunaan

Berdasarkan ulasan di atas, sistem kamera D-Link DCS-936L HD WiFi Camera dapat bermanfaat untuk:

  • Memonitor rumah/apartemen secara berkala
  • Memonitor area parkir dan pintu gerbang rumah
  • Pengawasan aset secara umum dimana jumlah orang yang melintas sedikit
  • Pengawasan baby sitter dan anak secara terbatas (selama video Live Stream diaktifkan)

Penggunaan D-Link DCS-936L untuk memonitor anak atau aktivitas penghuni rumah mungkin tidak akan begitu maksimal jika Sahabat hanya mengandalkan perekaman MicroSD. Sahabat memerlukan perangkat tambahan berupa Network Video Recorder untuk melakukan perekaman video secara terus menerus tanpa khawatir ada momen yang terlewat.

Kesimpulan

Kamera IP CCTV D-Link DCS-936L HD WiFi Camera menawarkan kamera pengawas satuan yang dapat membantu Sahabat mengamankan aset pribadi maupun membuat tetap terhubung dengan keluarga di rumah. Kamera ini  memiliki desain yang ringkas dengan kualitas rekaman suara yang jernih. Fitur penyimpanan MicroSD membuat Sahabat bisa memutar kembali hasil “tangkapan” kamera. Jaringan distributor D-Link dengan garansi resminya juga membuat aftersales semakin terjamin.

Yang mungkin perlu Sahabat pertimbangkan sebelum memutuskan untuk memilih produk ini adalah tidak adanya fitur perekaman terus menerus dan juga tidak adanya fitur penyimpanan cloud yang mengurangi kehandalan kamera dalam menyimpan momen-momen penting.

D-Link DCS-936L dapat menjadi pilihan bagi Sahabat yang ingin menyajikan sistem keamanan rumah yang praktis dan terjangkau.



TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here