[Review] D-Link DCS-8100LH HD Wireless 180-Degree Camera

D-Link DCS-8100LH

Kamera CCTV berbasis internet sangat bermanfaat untuk membantu pengawasan di dalam atau di luar rumah. Mulai dari memeriksa kondisi keamanan rumah, hingga membantu berkomunikasi dengan penghuni rumah melalui fitur Two-Way-Talk. Pada perkembangannya, kamera jenis ini pun mulai dilengkapi dengan fitur Home Automation, dimana kamera dapat berfungsi untuk mengendalikan perangkat pintar di rumah. D-Link DCS-8100LH adalah salah satu kamera yang mengusung fitur Home Automation. Kamera ini dapat diintegrasikan dengan sistem Smart Home dari Google, Amazon atau perangkat berbasis IFTTT.

Apa lagi fitur-fitur bermanfaat lain yang ditawarkan kamera ini? Simak ulasannya berikut.

Spesifikasi

Kamera D-Link DCS-8100LH memiliki bentuk yang serupa dengan DCS-936L yang pernah kami review. Akan tetapi fitur kamera ini jauh lebih mumpuni, terutama dengan adanya fitur cakupan 180 degree field of view dan Cloud Recording. Selain itu kamera ini juga sudah bisa diintegrasikan dengan Google Assistant, Amazon Alexa atau IFTT.

Beberapa fitur unggulan D-Link DCS-8100LH adalah:

  • 180 degree field of view dengan Resolusi kamera HD 1280 x 720 pixel @30 fps
  • Layanan penyimpanan cloud untuk klip video
  • Kompresi video H.264
  • Integrasi Amazon, Google Assistant, dan IFTTT
  • Motion & Sound detection
  • Night Vision dengan lampu infra merah
  • WiFi Signal Locator
  • Perekaman video lokal dengan melalui slot MicroSD hingga 128GB
  • Situs Resmi : https://www.dlink.com.sg/product/hd-wireless-180-degree-camera/

D-Link juga sudah lama bergerak di bidang perangkat networking sehingga memiliki rekam jejak yang baik dari sisi kualitas dan komitmen pada privasi pengguna. Kedua hal ini sangat penting, terutama untuk sebuah produk yang digunakan untuk membantu Sahabat mengawasi wilayah milik pribadi seperti rumah.

Desain Produk

D-Link DCS-8100LH memiliki beberapa sendi putar dan sendi lipat untuk mengatur arah kamera baik posisi di dinding atau di meja. Sendi-sendi ini cukup mempermudah pemasangan, tetapi Kami sendiri lebih nyaman dengan sendi tipe Ball-joint yang lebih mudah diatur.

Bentuk kamera cukup dekoratif sehingga tidak terlalu terkesan “memonitor” penghuni yang ada di ruangan.

Pada bagian depan terdapat lensa, lampu indikator LED, sensor gerak, dan lampu penerangan infra merah. Sambungan kabel daya, tombol reset dan power terdapat di bagian belakang lingkaran kamera. Slot MicroSD terdapat di sisi kanan kamera.

Kamera ini tidak didesain untuk sebagai outdoor camera atau kamera luar ruangan. Akan tetapi, Sahabat tetap bisa memanfaatkan untuk memonitor keluar rumah selama terlindung dari cuaca dan kelembapan.

Gallery – D-Link DCS-8100LH HD WiFi Camera

Penyetelan Kamera

Penyetelan kamera dilakukan melalui aplikasi myDlink yang tersedia gratis di App Store maupun Play Store. Sahabat memerlukan smartphone dengan fitur Bluetooth untuk menyetel kamera agar dapat terhubung ke jaringan WiFi rumah dan smartphone.

Setelah mendaftarkan diri di aplikasi myDlink, Sahabat bisa menambahkan kamera dengan mengklik “Add Device” dan mengikuti perintah sederhana yang terdapat pada layar smartphone. Adanya fitur Bluetooh pada seri kamera DCS-8100LH sangat mempermudah penyetelan jika dibandingkan dengan kamera-kamera D-Link seri sebelumnya.

D-Link DCS-8100LH – Penyetelan Kamera

Pengoperasian

Mengakses Kamera via Aplikasi

Aplikasi mydlink merupakan peningkatan drastis jika dibandingkan dengan aplikasi myDlink Lite sebelumnya. D-Link sepertinya mendesain aplikasi ini untuk membuka akses ke fitur-fitur modern seperti Cloud Recording, Home Automation dan manajemen profil kondisi penggunaan sistem kamera & perangkat lainnya.

Halaman awal aplikasi memunculkan daftar kamera dan beberapa short cut untuk untuk mengaktifkan perangkat Smart home D-Link seperti Smart Plug.

Untuk mengakses tayangan video live stream, Sahabat bisa men-tap tombol “View” pada tampilan screen shot camera di halaman awal aplikasi. Sahabat bisa men-tap kembali untuk memperbesar tampilan video, merekam foto/video ke smartphone atau untuk mengakses fitur lainnya untuk kamera yang diinginkan.

D-Link DCS-8100LH – Tampilan video stream aplikasi myDlink

D-Link DCS-8100LH dilengkapi dengan fitur Responsive Recording, yaitu merekam klip video ke Server Cloud atau ke MicroSD saat kamera mendeteksi adanya gerakan atau suara. Klip yang direkam sepanjang kisaran 15 detik untuk perekaman Cloud dan 30 detik untuk perekaman MicroSD. Rekaman video dapat diputar kembali melalui aplikasi maupun melalui akses MicroSD. Kamera akan menghapus rekaman klip paling tua secara otomatis jika MicroSD penuh sehingga Sahabat tidak perlu khawatir kehilangan rekaman karena MicroSD yang penuh. Sayangnya pada versi aplikasi ini perekaman klip video hanya dapat dilakukan pada Cloud atau pada MicroSD, tidak bisa sekaligus direkam pada keduanya.

D-Link DCS-8100LH juga masih memiliki kekurangan yang sama dengan kamera rumah D-Link lainnya yaitu belum dapat merekam video secara terus menerus 24/7 ke dalam MicroSD, tidak seperti kamera seperti Yi Home Camera atau CleverDog. Kamera ini juga tidak dapat disambungkan dengan perangkat Network Video Recorder seperti D-Link DNR-202L. Hal ini membuat kamera kurang handal untuk merekam ruangan dengan banyak aktivitas lalu-lalang.

Adanya fitur Home Automation menambah manfaat kamera ini. Jika Sahabat memiliki perangkat Smart Home seperti Smart Plug, Sahabat bisa membuat beberapa “perintah pintar” yang dipicu oleh kamera ini seperti menyalakan lampu ketika kamera mendeteksi gerakan. Disini juga Sahabat bisa menset kamera untuk merekam video klip saat kamera mendeteksi gerakan atau suara.

Kualitas Gambar dan Suara

Dari segi kualitas gambar, D-Link DCS-8100L menunjukan kelebihan di dengan cakupan gambar 180 derajat. Kamera ini bisa menangkap semua area dari sisi kiri ke sisi kanan lensa. Kamera ini bisa merekam gambar lebih luas dibanding kamera pada umumnya yang hanya memiliki field of view sebesar 120 derajat.

Resolusi 1280×720 pixels dan 30 fps juga menghasilkan kualitas video yang cukup jelas dan halus. Gambar yang dihasilkan dengan H.264 menghasilkan ukuran file yang kecil sehingga dapat menghemat bandwidth dan storage yang diperlukan untuk operasi kamera. Akan tetapi, kamera ini masih belum dapat menghasilkan gambar tajam untuk dapat membaca tulisan besar sejauh lebih dari 3 meter. Masalah ini bukan hanya dimiliki oleh D-Link DCS-8100LH, tetapi oleh hampir seluruh CCTV berbasis internet yang memiliki keterbatasan bandwith dan spesifikasi hardware.

Hasil gambar dalam ruangan pada kondisi siang dan malam dapat Sahabat lihat pada gallery dibawah. Kami cukup terkesan dengan kualitas Night Vision atau perekaman saat kondisi gelap gurita. Lampu infra red pada kamera menghasilkan pencahayaan yang sangat jernih dan luas seperti terlihat pada gallery dibawah.

Hasil tangkapan gambar memiliki efek distorsi (gambar menjadi cembung di ujung) karena cakupan 180 Derajat kamera. Tapi ini juga hal yang umum pada kamera seperti ini. Sahabat masih bisa mengaktifkan fitur motion detection di keseluruhan bagian gambar yang ditangkap kamera ini.

Gallery – Gambar Native D-Link DCS-8100LH HD WIFI Camera

Kualitas suara yang ditangkap sangat jernih dan cukup keras seperti DCS-936L. Suara manusia maupun lingkungan terekam sangat jelas. Hasil rekaman suara diatas rata-rata kamera DIY yang sudah kami ulas dan bisa dibandingkan dengan IP CCTV Arlo. Sayangnya kualitas suara yang dihasilkan kamera untuk fitur Two-way-talk tidak cukup keras untuk didengar penghuni ruangan.

Video – Contoh Rekaman Video D-Link DCS-936L WiFI HD Camera

Fitur Deteksi Gerakan dan Suara

Kamera ini dilengkapi dengan fitur deteksi gerakan dan suara yang cukup canggih dibanding kompetitornya. Sahabat dapat menset deteksi gerakan berdasarkan area dan tingkat sensitivitas gerakan. Contohnya, kamera dapat diset untuk mendeteksi gerakan seperti ke area pintu saja. Artinya Sahabat dapat menghindari notifikasi yang tidak perlu akibat gerakan-gerakan yang normal seperti ranting / kipas angin. Sahabat juga dapat menset sensitivitas deteksi suara berdasarkan tingkat kekerasan suara (dalam decibel)

Kamera harus dilengkapi dengan MicroSD atau berlangganan layanan Cloud agar dapat menyimpan klip hasil deteksi gerakan atau suara ini.

Layanan Cloud

D-Link DCS-8100LH adalah lini kamera terbaru D-Link yang mulai mendukung fitur Cloud Recording dan baru diluncurkan beberapa bulan lalu. D-Link memberikan layanan ujicoba cloud untuk merekam klip hasil deteksi gerakan/suara dan menyimpannya selama 1 hari. D-Link menyediakan opsi perluasan layanan cloud dari mulai 2.5 hingga 5 dolar per bulan tergantung lama penyimpanan dan jumlah kamera yang dihubungkan ke Cloud.

Layanan Cloud ini kurang menarik jika dibandingkan Yi Camera dan Arlo yang memberikan gratis perekaman klip di server Cloud selama 7 hari. D-Link juga baru menjanjikan akan menyediakan layanan perekaman terus menerus (Continuous Video Recording) seperti yang kompetitornya tawarkan. Meskipun demikian, adanya layanan cloud menunjukan komitmen D-Link untuk membuat produk-produknya lebih modern.

D-Link DCS-8100LH – Opsi layanan server Cloud

Fitur Lainnya

Kamera ini juga dilengkapi dengan layanan integrasi smarthome seperti Google Assistant, Amazon Alexa dan IFTTT. Sahabat bisa menggunakan kamera untuk mengontrol sistem smart home seperti lampu atau pendingin ruangan yang diaktifkan melalui kamera ini.

Terdapat juga LED Wifi Signal Locator untuk membantu Sahabat menempatkan kamera di lokasi dengan sinyal Wifi yang cukup. LED akan menyala Hijau jika kamera berada di lokasi sinyal Wifi yang kuat dan menyala kelip oranye jika sinyal wifi lemah.

Dengan adanya fitur-fitur baru, kamera D-Link DCS-8100LH kehilangan fitur untuk diakses melalui website www.mydlink.com. Beberapa fitur lain yang tidak dapat Sahabat temukan seperti GeoFencing, dan perlindungan cuaca luar ruangan seperti yang dimiliki Arlo. Kamera ini juga belum dilengkapi dengan fitur AI seperti face recognition yang mulai ditawarkan kompetitor seperti Nest Cam IQ.

Layanan Distributor Resmi

Produk-produk D-Link termasuk DCS-8100LH ini sudah banyak beredar dan memiliki jaringan distribusi dan service center yang jelas. Sahabat tidak perlu khawatir mengajukan klaim garansi dengan adanya jaringan service center dan garansi Parts & Service selama 1 tahun.

Penggunaan

Berdasarkan ulasan di atas, sistem kamera D-Link DCS-8100LH HD WiFi Camera dapat bermanfaat untuk:

  • Memonitor rumah/apartemen secara berkala
  • Memonitor area parkir dan pintu gerbang rumah
  • Pengawasan aset secara umum dimana jumlah orang yang melintas sedikit
  • Pengawasan baby sitter dan anak secara terbatas (selama video Live Stream diaktifkan)

Penggunaan kamera ini untuk memonitor anak atau aktivitas penghuni rumah mungkin tidak akan begitu maksimal karena tidak adanya fitur Continous Video Recorder (CVR). Perekaman yang hanya berdasarkan deteksi gerakan atau suara berisiko membuat video tidak merekam setiap detail kejadian di rumah.

Kesimpulan

Kamera D-Link DCS-8100LH adalah lompatan besar D-Link untuk memoderenisasi lini kamera rumahan nya sesuai trend masa kini. Kamera ini merupakan bagian dari lini pertama kamera D-Link yang dilengkapi fitur perekaman Cloud dan integrasi dengan perangkat Smart Home seperti Google Assistant.

Fitur-fiturnya dapat dibilang sangat lengkap. Kamera ini memiliki cakupan 180-derajat dengan kualitas video HD nya. Dilengkapi dengan sensor gerakan dan suara yang bisa di-kustomisasi. Juga tersedia fitur home automation yang dapat membuat kamera menggerakan berbagai perangkat Smart Home. Jaringan distributor D-Link dengan garansi resminya juga membuat aftersales dan komitmen terhadap privasi pengguna semakin terjamin.

Meskipun demikian, ada beberapa kekurangan seperti tidak adanya Continous Video Recording (walau D-Link menjanjikan akan menghadirkannya dalam waktu dekat). Selain itu, kamera ini hanya bisa merekam di server Cloud atau di Micro SD, tidak bisa kedua-duanya.

Diluar kedua kekurangan di atas, kamera ini sangat layak untuk dipertimbangkan sebagai investasi kamera berbasis internet dan perangkat Smart Home.

Selamat memilih!


 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here