Cara Mudah Mengelola Password Menggunakan Akun Google

Sahabat mungkin tidak asing jika kita diminta membuat password yang berbeda dan sulit diingat tiap log in di situs atau layanan online. Hal ini diperlukan untuk melindungi akun online kita dari serangan hacker yang dapat melakukan pembobolan via pencurian informasi password. Idealnya, sebuah password harus sulit ditebak, memiliki panjang minimal 8 karakter, terdiri dari kombinasi huruf besar-kecil, angka, tanda baca, dan tidak menyerupai kata atau nama. Ideal, namun sukar diingat bukan?? Apakah sahabat sudah mendengar kalau google bisa membantu mengelola password dengan mudah dan aman? Simak ulasan berikut.

a strong password

Google mempunyai fitur yang dapat membantu Sahabat untuk mengingat semua password yang dimiliki sehingga Sahabat cukup mengingat satu password utama saja. Meskipun ada banyak penyedia layanan serupa dan umumnya berbayar, alternatif layanan yang ditawarkan oleh Google ini dapat Sahabat gunakan secara gratis dan dengan tingkat keamanan sekelas Google yang sudah tidak diragukan lagi.

Google Smart Lock

Smart Lock adalah fitur pengelolaan password yang menggunakan akun Google dan perambah Chrome. Meski tak secanggih pengelola password berbayar, Smart Lock sudah cukup memenuhi kebutuhan.

Fitur ini akan menyimpan password saat Sahabat pertama kali login ke sebuah situs atau layanan online menggunakan perambah Chrome baik di komputer desktop maupun perangkat berbasis Android. Semua password Sahabat akan tersinkronisasi di semua perangkat selama Sahabat terhubung ke layanan Google.

Namun satu hal yang perlu diingat, jangan gunakan fitur ini di perangkat yang tidak bisa Sahabat jamin keamanan aksesnya seperti perangkat di warnet atau milik orang lain, karena Chrome juga akan menyimpan salinan data di perangkat tersebut.

Untuk menggunakan Smart Lock, Sahabat harus terhubung ke layanan Google menggunakan Chrome. Caranya, jalankan Chrome dan klik tombol bertuliskan Person 1 di kanan atas, lalu sign in menggunakan akun Google/Gmai.

Sign in to Chrome
Sign in di Chrome menggunakan akun Google

Saat tulisan di tombol tersebut berubah menjadi nama Sahabat, tandanya layanan Google sudah terhubung di Chrome dan Smart Lock telah aktif. Selanjutnya, setiap kali Sahabat login ke sebuah situs, Chrome akan menawarkan untuk menyimpan informasi login Sahabat. Informasi login ini, username dan password yang digunakan di situs tersebut, akan otomatis terisi ketika Sahabat mengunjungi situs itu lagi.

Semua password yang tersimpan dapat Sahabat lihat di passwords.google.com atau melalui menu setting di Chrome.

Mulai Periksa Keamanan Password yang Anda Miliki

Kini Sahabat hanya perlu menghafalkan satu password akun Google dan melupakan password akun-akun yang lain. Maka tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak memulai mengganti password-password dengan yang lebih aman.

Sahabat bisa menggunakan layanan password generator di Internet yang akan membantu membuat password dengan kriteria yang baik, yaitu memiliki panjang minimal 8 karakter, terdiri dari kombinasi huruf besar-kecil, angka, tanda baca, tidak menyerupai kata atau nama, dan tidak memiliki pola di keyboard seperti 12345 atau qwerty.

Secure Password Generator memiliki opsi menentukan panjang dan kombinasi password yang Anda butuhkan. Serupa dengan itu, Norton Password Generator memiliki fitur tambahan untuk membuat lebih dari satu password sekaligus.

Tak ada yang benar-benar aman di dunia maya. Sekalipun sudah menggunakan password yang aman, akun Sahabat tetap bisa jatuh ke tangan orang lain saat situs tempat akun Anda berada dibobol.

Namun dengan password yang aman dan berbeda untuk tiap akun, tentu risiko kerugiannya bisa diminimalkan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here