Beragam Gadget Pintar Untuk Mengamankan Rumah

Tips agar rumah lebih aman saat ditinggal mudik

Banyak cara yang dapat Sahabat lakukan untuk melindungi rumah dari aksi pencurian. Siskamling misalnya, seperti yang pernah dibahas di artikel sebelumnya, merupakan bentuk sistem keamanan tradisional yang dinilai berhasil dalam melindungi rumah dan lingkungan sekitar. Seiring dengan berkembangnya teknologi, kini semakin banyak perangkat teknologi yang bisa sahabat manfaatkan untuk sistem keamanan rumah, salah satunya dengan menggunakan sistem kamera CCTV. Namun, tahukah sahabat, selain penggunaan kamera CCTV, beberapa perangkat teknologi berikut juga bisa dipertimbangkan untuk meningkatkan sistem keamanan rumah untuk mencegah masuknya pencuri. Mari simak ulasan beberapa gadget pintar untuk mengamankan rumah.

Sistem Alarm SmartSense

Sistem alarm merupakan teknologi dasar yang ada dalam sistem keamanan rumah. Sistem alarm saat ini berkembang menjadi nirkable atau wireless, salah satunya SmartSense. SmartSense merupakan sistem alarm yang diletakkan di pintu maupun jendela rumah yang terdiri dari dua bagian berbentuk balok. Sensor ini akan mengeluarkan suara yang sangat kencang ketika kedua balok ini terpisah.  Bunyi inilah yang akan menjadi penanda pada orang-orang sekitar bahwa rumah sahabat disusupi oleh pencuri.

Teknologi lebih lengkap disediakan oleh produsen seperti Samsung Smart Things yang mengkoneksikan berbagai jenis smart alarm kedalam satu sistem keamanan rumah.

SmartSense - gadget pintar untuk mengamankan rumah
SmartSense

 

Perangkat Simulator Televisi (TV)

Meskipun rumah dalam keadaan kosong, dengan memasang perangkat ini, pencuri akan berpikir bahwa ada seseorang sedang menonton TV. Ketika diaktifkan, perangkat simulator ini akan memberikan efek ilusi seseorang sedang menonton televisi di dalam rumah dengan suaranya seperti TV yang menyala. Hal inilah yang membuat pencuri ragu untuk memasuki rumah. Salah satu perangkat yang bisa sahabat gunakan adalah Goldstar Fake Home Security Television Simulator. Toko online seperti Priceza dan Amazon menyediakan beberapa pilihan TV simulator bagi Sahabat dengan harga kisaran Rp. 200.000 – 500.000. Meski begitu, perangkat ini tidak direkomendasikan jika sahabat meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama.

Contoh Simulator Televisi
Contoh Simulator Televisi

 

Perangkat Pendeteksi Gerakan (Motion Sensor)

Saat ini perangkat pendeteksi gerakan (motion sensor) banyak digunakan untuk sistem keamanan rumah. Setidaknya ada dua fungsi utama dari perangkat ini yaitu sebagai sistem alarm dan sistem penyalaan lampu otomatis. Ketika rumah dalam keadaan kosong dan perangkat ini mendeteksi adalah gerakan di dalam rumah, bisa dipastikan bahwa pencuri telah memasuki rumah. Biasanya perangkat ini akan terintegrasi dengan perangkat lainnya untuk membunyikan alarm atau memberikan pemberitahuan melalui ponsel. Sebaliknya, jika perangkat ini dipasang di luar rumah dan mendeteksi adanya gerakan, maka secara otomatis lampu yang terintegrasi dengan perangkat ini akan menyala. Hal ini untuk mencegah adanya pencuri yang bersembunyi dalam kegelapan.

Toko online seperti Tokopedia dan Bukalapak menyediakan banyak pilihan sensor gerak.

Pendeteksi Gerakan
Pendeteksi Gerakan

 

Teknologi Kunci Pintu Rumah Digital (Smart Door Lock)

Teknologi kunci pintu rumah saat ini tidak hanya sebatas fitur kunci menggunakan password. Dengan berkembangnya teknologi, banyak perangkat-perangkat baru yang terintegrasi dengan ponsel cerdas sehingga memungkinkan sahabat untuk mengunci dan membuka pintu dari jarak jauh. Perangkat ini biasanya diaktifkan melalui konektifitas Wi-Fi dan Bluetooth. Beberapa perangkat teknologi ini adalah antara lain Samsung, Lockitron, Kwikset,  dan perangkat lainnya. Namun, penggunaan teknologi kunci pintu rumah juga dapat menimbulkan masalah keamanan jika Sahabat tidak hati-hati seperti jika ponsel Sahabat hilang dan ada orang lain yang tidak berhak mengakses ponsel, sehingga dimanfaatkan untuk hal-hal yang tidak kita inginkan.

Toko online Tokopedia dan Bhineka menawarkan banyak pilihan smart door lock.

Teknologi Kunci Rumah YangTerintegrasi Dengan Smartphone
Teknologi Kunci Rumah YangTerintegrasi Dengan Smartphone

 

Perangkat Pendeteksi Kaca Pecah

Perangkat ini digunakan untuk mendeteksi pintu atau kaca yang rusak untuk kemudian mengeluarkan peringatan kepada kita agar segera mengambil tindakan. Untuk mendeteksi kaca yang pecah, perangkat ini menganalisa suara kaca, yang kemudian diproses secara sederhana. Biasanya saat beraksi, pencuri akan memecahkan kaca pintu atau jendela, sehingga dengan adanya perangkat ini diharapkan dapat memberikan peringatan dini akan bahaya pencuri.

Toko online seperti Tokopedia dan Bukalapak menyediakan banyak pilihan sensor kaca pecah.

Pendeteksi Kaca Pecah
Pendeteksi Kaca Pecah

Sahabat, semoga ulasan mengenai beberapa gadget pintar untuk mengamankan rumah diatas dapat menjadi pertimbangan dalam menafaatkan teknologi keamanan untuk  melindungi rumah dari tindak pencurian.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here