Hati-Hati Bahaya Sengatan Listrik Di Saat Banjir

https://www.flickr.com/photos/tomasfano/2882541135/
Bahaya sengatan listrik - Tomás Fano Flickr

Seperti yang Sahabat semua ketahui, peralatan listrik yang terendam air dapat menjadi sumber bahaya. Bahkan setelah banjir ketika air sudah surut, bahaya ini masih hadir dengan munculnya resiko bahaya sengatan listrik karena paparan alat-alat listrik atau elektronik yang sudah rusak oleh rendaman air.

Kemungkinan bahaya sengatan listrik ini sering kali diabaikan khususanya saat dan sesudah terjadinya banjir. Sesuatu yang sangat alamiah jika kita terlalu fokus pada kesediaan dan kerugian material akibat bencana banjir seringkali mengalihkan dan menurunkan kewaspadaan kita. Melalui kesempatan ini, kami mengajak Sahabat semua untuk mengenal bahaya ini lebih jauh dan merumuskan langkah-langkah sederhana yang dapat Sahabat terapkan untuk menjaga diri dan keluarga dari bahaya sengatan listrik saat terkena musibah banjir.

5 Langkah Aman Saat Rumah Tergenang Banjir

Ketika rumah atau daerah lingkungan tempat tinggal kita kebanjiran, ingat 5 hal ini:

  • Hindari keinginan untuk masuk ke genangan air tanpa ada maksud yang jelas, disertai observasi keamanan yang memadai. Bahkan saat listrik di rumah Sahabat sudah mati, adanya sumber listrik jarak yang jauh, misalnya generator listrik portable tetangga, dapat mengakibatkan Sahabat tersengat listrik jika bagian dari sumber listrik itu ada yang terendam air.
  • Jangan pernah melangkah masuk ke ruangan yang terendam air dimana didalamnya terdapat stop-kontak, alat-alat listrik, ataupun kabel yang terendam air.
  • Jangan pernah mematikan circuit breaker jika Sahabat harus melakukannya dengan berdiri di genangan air.
  • Jangan pernah menyalakan peralatan listrik/elektronik atau menyentuh kabel listrik atau sakelar jika tangan atau bagian badan Sahabat dalam keadaan basah atau berdiri diatas genangan air.
  • Tempatkan peralatan-peralatan elektronik Sahabat paling tidak sejauh 5 – 10 meter dari permukaan yang basah.
  • Peralatan yang sudah terendam air mungkin membutuhkan perbaikan. Pastikan Sahabat semua memastikannya dengan pihak yang ahli di bidangnya.

Hindari Bahaya Listrik Saat di Luar Rumah

Lalu ketika Sahabat berada diluar rumah saat terjadinya musibah banjir, hal-hal apakah yang mesti diperhatikan?

  • Usahakan jangan sampai basah apalagi menerjang banjir jika tidak Karena kondiai darurat yang mengacam keselamatan. Permukaan air dapat menjadi konduktor listrik yang kita tidak tahu dimana asalnya.
  • Menjauhlah jika ada peralatan transmisi listrik, baik tiang ataupun kabel yang roboh dan jatuh ke tanah. Jika sudah terjebak diantara reruntuhan jaringan transmisi listrik ini, menjauhlah dengan kedua kaki tetap menginjak tanah untuk menghindari sengatan listrik.
  • Jangan berusaha menyelamatkan orang lain yang terjebak di reruntuhan jaringan transmisi listrik, Jangan gunakan peralatan dalam bentuk apapun, tongkat, kayu apalagi bahan metal. Menjauh adalah hal yang terbaik. Mintalah bantuan professional di bidangnya jika Sahabat berada dalam situasi seperti ini. Misalnya pemadam kebakaran.
  • Jika Sahabat berada didalam mobil yang tertimpa peralatan transmisi listrik, tetaplah berada didalam mobil dan segera beritahu orang lain untuk menjauh dan meminta bantuan. Jika Sahabat dalam keadaan darurat yang mengancam keselamatan, keluarlah dengan kondisi kedua kaki menginjak tanah secara bersamaan.

Persiapkan Rumah Untuk Menghadapi Banjir

Bahaya Sengatan Listrik
Musibah banjir – sakuntala_stei – Flickr https://www.flickr.com/photos/mapala-sakuntala/27095925851/

Adakah yang dapat Sahabat siapkan untuk membuat rumah Sahabat aman dari bahaya sengatan listrik saat terjadi banjir?

  • Saat ini sudah tersedia teknologi tepat guna di bidang kelistrikan yang memungkinkan terputusnya circuit listrik secara otamatis begitu ada bagian dari jaringan listrik di rumah Sahabat yang tersentuh air. Alat ini dinamakan Ground Fault Circuit Interupters (GFCI). Konsultasikan dengan kontraktor kepercayaan Sahabat untuk dapat mendapat dan memasang alat ini dengan benar.
  • Siapkan kesepakatan pra-bencana agar keluarga dapat lebih tanggap ketika banjir datang.
  • Keputusan untuk meninggalkan atau menyelamatkan barang-barang berhaga kadangkala bisa menjadi keputusan yang sangat dilematis. Hanya selamatkan barang-barang berharga, khususnya barang-barang elektronik jika memang ada waktu dan kesempatan untuk melakukannya. Menyelamatkan diri dari genangan dan terjangan banjir ketempat yang aman dan kering harus tetap menjadi prioritas yang utama Sahabat dan keluarga.
  • Ketika Sahabat kembali kerumah pasca musibah banjir, barang-barang elektronik yang tersisa barangkali tidak akan pernah bisa berfungsi seperti sedia kala. Termasuk bagian-bagian esensial seperti circuit breaker. Pastikan keamanan instalasi listrik dirumah Sahabat. Jangan pernah mencoba menyalakan listrik di rumah tanpa sebelumnya mengkonsultasikan dengan profesional yang ahli dibidangnya.

Tips keamanan terkait penggunaan generator listrik portable :

  • Hanya gunakan generator yang bersertifikat. Perhatikan syarat khusus penggunaan terkait pertanahannya (grounding) dan lain-lainnya.
  • Hanya nyalakan generator di tempat terbuka jauh dari rumah untuk menghindari masuknya gas-gas buang berbahaya yang mematikan seperti karbon monoksida (CO). Pasanglah tudung hujan yang memadai jika hujan dikhawatirkan mengganggu penggunaan generator di ruang terbuka.
  • Jauhkan anak-anak dari generator. Pastikan bahwa bahan bakar generator ini aman dari jangkuan anak-anak.
  • Kapasitas generator listrik sangat bervariasi. Ikuti petunjuk penggunaannya. Jangan pernah membebani generator diluar kapasitas maksimalnya.

 

Foto ilustrasi Danger Electric Shock Risk. Sign oleh Tomás Fano / CC BY SA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here