Awas! Akun Anda Mungkin Sudah Dibobol dan Tersebar

Effraction by Sébastien Launay

Tindak kejahatan pembobolan akun di internet terjadi setiap hari. Bahkan kita bisa saja sudah menjadi korbannya tanpa disadari. Tak jarang data akun hasil tindak kejahatan ini tersebar luas di internet, meskipun pembobolannya sendiri sudah terjadi bertahun-tahun yang lalu.

Baru-baru ini kita dikejutkan oleh beredarnya daftar jutaan alamat email dan password akun MySpace dan LinkedIn. Diungkapkan oleh DataBreachToday, 360 juta akun MySpace dan 165 juta akun LinkedIn tersebut adalah hasil dari kejahatan di tahun 2012 silam.

Sudah seharusnya kita mulai waspada dan memastikan apakah akun-akun yang kita miliki di berbagai website termasuk yang sudah bobol dan tersebar. Ada beberapa situs yang memberikan layanan pengecekan ini. Salah satunya adalah Have I Been Pwned, dikelola oleh Troy Hunt, seorang praktisi kemanan dunia maya di Microsoft. Di situs ini kita bisa memeriksa alamat email atau username untuk dicocokkan ke database akun-akun yang sudah pernah terekspos.

Have I Been Pwnd
Have I Been Pwnd memberitahu jika alamat email atau username Anda pernah dibobol

Saya sempat terkejut saat mendapati alamat email saya muncul di hasil pencarian. Ternyata akun saya di 4 website sudah pernah dibobol. Alamat email dan passwordnya sudah berada di tangan orang lain, menunggu untuk disalahgunakan. Meski mungkin sudah agak terlambat, langkah minimal yang harus dilakukan adalah mengganti password atau sekaligus menghapus akun di website-website tersebut. Terlebih apabila websitenya sudah tidak pernah lagi diakses.

Satu hal yang bisa dipelajari dari kejadian ini adalah pentingnya menggunakan password berbeda di setiap website atau layanan online. Tidak terbayangkan kerugian yang akan Sahabat tanggung apabila password yang bobol juga digunakan di tempat lain seperti email atau situs perbankan.

Bagi pengguna situs belanja online, simak juga artikel melindungi transaksi belanja Online untuk mengenal lebih jauh cara melindungi diri dari pembobolan akun.

Foto ilustrasi Effraction oleh Sébastien Launay  / CC BY

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here