[Review] Arlo Baby Menawarkan Lebih Dari Sekedar Baby Monitor

Arlo baby

Memiliki bayi yang tidur terpisah dengan orang tua memang mulai menjadi bagian dari gaya hidup masa kini. Akan tetapi, sebagai orang tua tentu selalu ada perasaan khawatir terhadap kondisi si buah hati selama berada di ruangan terpisah. Arlo Baby berusaha menjawab tantangan itu dengan memberikan produk baby monitor yang didukung berbagai fitur pintar untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan buah hati.

Apa saja fitur yang ditawarkan dan bagaimana pengalaman menggunakan kamera Arlo Baby? Simak ulasan berikut.

Spesifikasi

Arlo Baby menawarkan pengawasan kamar bayi berbasis internet. Sahabat bisa mengakses live stream video dari smartphone dimanapun selama terhubung pada jaringan internet. Arlo baby juga dilengkapi dengan baterai dengan daya tahan hingga 7 jam, sehingga Sahabat dapat memindahkan kamera ini sementara tanpa ribet dengan urusan kabel daya.

Brand Arlo merupakan bagian merk Netgear yang merupakan produsen perangkat networking kenamaan. Arlo menghasilkan beberapa produk keamaan rumah inovatif seperti Arlo Pro yang sudah kami review sebelumnya.

Berikut adalah spesifikasi umum kamera IP CCTV Netgear Arlo:

  • HD Video Camera dengan resolusi 1920 x 1080 pixel @30 fps
  • Baby cry, motion & sound detection
  • Sensor suhu, kelembapan dan kualitas udara
  • Perangkat audio dan mikrofon untuk komunikasi dua arah
  • Pemutar musik lullaby dengan lampu tidur
  • Real-time video streaming dengan kompressi H.264
  • Night vision
  • Rechargeable battery
  • Cloud Storage gratis selama 7 hari
  • Integrasi IFTTT untuk Apple Homekit dan Amazon Alexa
  • Kisaran Harga : Rp. 5,500,000.-
  • Situs Resmi : https://www.arlo.com/

Desain Produk

Arlo Baby memiliki desain yang sangat indah dan bisa menjadi bagian dari dekorasi kamar. Kamera ini dilengkapi dengan casing berbentuk kelinci yang membuat kamera ini lebih seperti pajangan daripada alat keamanan. Yang lebih menarik lagi, casing ini bisa dilepas dengan mudah dan diganti dengan berbagai bentuk casing lain yang bisa Sahabat beli sebagai aksesoris. Pengaturan arah kamera juga sangat mudah dan mengasikan karena siluet kelinci yang dihasilkan.

Arlo Baby terdiri dari dua bagian dimana bagian atas merupakan lokasi kamera dan sensor-sensor, bagian bawah berfungsi sebagai dudukan untuk colokan kabel dan untuk mengatur arah kamera. Bagian depan kamera terdapat lensa, sensor dan lampu infra-merah untuk fitur Night Vision untuk menampilkan suasana ruangan pada kondisi gelap total. Bagian kiri kamera terdapat tombol Lampu dan Musik sehingga Sahabat bisa mengaktifkan kedua fitur tersebut tanpa menggunakan smartphone. Bagian kanan kamera terdapat tombol Sync untuk memasangkan kamera ke jaringan internet.

Penyetelan Kamera

Penyetelan Arlo Baby cukup mudah dilakukan. Sahabat memerlukan smartphone dan WiFi router yang terhubung ke internet. Bagi pengguna pertama kali, Sahabat akan diminta untuk membuat akun My Arlo secara gratis dan menyetel kamera melalui smartphone melalui aplikasi Arlo pada Apple App Store maupun Google Playstore.

Setelah melakukan login pada aplikasi Arlo, Sahabat bisa memilih tombol add device dan mengikuti instruksi visual yang ada pada aplikasi. Proses set-up ini berlangsung sekitar 5 menit.

Pengoperasian

Mengakses Kamera Via Aplikasi & Website

Arlo Baby dilengkapi dengan aplikasi gratis Arlo yang digunakan untuk mengakses video stream dan fitur-fitur lainnya. Pengoperasian kamera Arlo terasa sangat mudah. Tampilan awal pada layar aplikasi Arlo terdiri dari daftar kamera beserta foto tangkapan kamera, tombol Mode untuk penyetelah fungsi keamanan, dan tombol Library untuk mengakses rekaman hasil motion/sound detection. Pada tampilan home ini Sahabat juga dapat melihat status kamera seperti batrei dan sinyal WiFi.

Untuk mengakses live stream video dari Arlo Baby, Sahabat dapat meng-klik nama kamera yang dituju dan aplikasi akan menuju ke layar live stream. Pada bagian ini Sahabat dapat menggunakan berbagai fitur seperti merekam video, mengambil foto, menggunakan mikrofon untuk komunikasi dua arah, termasuk mengatur fitur lullaby dan light show yang akan dibahas pada segmen selanjutnya.

Tampilan home dan pemutar lagu Arlo Baby pada aplikasi Arlo – KeselamatanKeluarga.com

Salah satu fitur yang penting adalah fitur mode Always Listening. Pada mode ini, kamera akan terus memutar suaran suara langsung yang ditangkap kamera ke smartphone Sahabat meskipun Sahabat sedang menggunakan aplikasi lain atau saat telepon dalam keadaan terkunci. Hal ini membantu Sahabat lebih yakin kondisi bayi dan bisa mengerjakan aktivitas lain tanpa harus melihat smartphone sahabat.

Aplikasi Arlo dapat di-set untuk memunculkan notifikasi saat kamera menangkap adanya tangisan bayi, gerakan atau kualitas udara yang tidak baik. Notifikasi akan muncul pada smartphone dan juga pada email yang Sahabat daftarkan saat membuat akun My Arlo.

Hal yang sangat kami sayangkan adalah tidak adanya notifikasi saat kamera Arlo Baby terputus dari jaringan internet seperti yang kami lihat pada kamera D-Link DCS700L atau bahkan Yi Home camera. Hal ini sangat menurunkan kehandalan kamera dalam memastikan buah hati yang tertidur selalu terpantau saat berada di ruangan terpisah. Tapi Sahabat masih bisa menggunakan fitur Always Listening jika merasa jaringan internet di rumah masih belum stabil.

Netgear Arlo Baby juga bisa diakses melalui browser pada PC/laptop. Yang menarik, semua fungsi yang terdapat pada aplikasi smartphone juga bisa diakses pada website ini. Saya dapat memerintahkan kamera untuk merekam, mengatur motion detection, atau menyalakan lagu melalui website. Hal ini sangat praktis terutama jika kita sedang tidak bisa menggunakan smartphone.

Kualitas Gambar dan Suara

Arlo Baby menghasilkan gambar video beresolusi 1920 x 1080 pixel dan Field of View yang bisa diset dari 110 hingga 130 derajat. Resolusi ini tergolong tinggi dan mulai menjadi standar kamera keamanan rumah. Gambar yang dihasilkan cukup jelas dan terang. Sahabat juga bisa mengatur tingkat kecerahan melalui setting di dalam aplikasi.

Gambar yang dihasilkan memberikan detail yang jelas terhadap suasana di ruangan. Detail warna dan objek di depan kamera Akan tetapi, seperti kebanyakan kamera rumahan berbasis internet lainnya, Sahabat tidak bisa mengharapkan gambar yang dihasilkan akan setajam iPhone. Sahabat masih tidak bisa membaca dengan jelas tulisan yang terletak sejauh 3 meter dari Kamera.

Hasil foto Arlo Baby untuk kondisi siang hari di dalam ruangan – KeselamatanKeluarga.com

Kualitas gambar pada malam hari tergolong sangat bagus dengan cakupan sinar Infra Red yang merata. Arlo baby dilengkapi lampu near visible infra red yang diklaim paling sedikit menggangu kualitas tidur bayi.

Kualitas suara yang ditangkap kamera Arlo Baby tergolong sangat baik. Suara yang ditangkap sangat sensitif dan jernih dibandingkan banyak kamera lain yang pernah kami review. Kualitas suara yang dihasilkan speaker untuk komunikasi dua arah cukup kecil tapi sangat jernih dan cocok untuk lingkungan kamar tidur di waktu istirahat.

Sayangnya Arlo Baby tidak menawarkan fitur continous recording dimana rekaman video berlangsung terus menerus untuk pengguna yang tidak berlangganan layanan Cloud Service. Arlo Baby hanya merekam video klip saat kamera mendeteksi event tertentu seperti gerakan / suara.

Beberapa sampel gambar dapat dilihat pada gallery dibawah. Meskipun Arlo Baby merekam video beresolusi 1920 x 1080 pixel, foto yang dihasilkan hanya sebesar 640 x 360 pixel.

Fitur Deteksi Kenyamanan Bayi

Salah satu fitur utama kamera bayi adalah deteksi keadaan saat bayi membutuhkan bantuan orang tua. Arlo Baby menyajikan fitur deteksi tangisan bayi yang akan memunculkan notifikasi di smartphone ketika bayi menangis. Fitur ini dapat membedakan jika suara yang terdeteksi kamera berasal dari tangisan bayi atau bukan sehingga Sahabat bisa lebih tenang saat bayi berada di ruangan terpisah.

Arlo baby juga memberikan fitur deteksi suara selain tangisan Bayi yang bisa mendeteksi suara seperti saat pintu atau jendela yang terbuka. Selain deteksi suara, kamera ini juga dilengkapi dengan fitur deteksi gerakan dimana kamera akan mengirimkan notifikasi ketika kamera mendeteksi adanya gerakan. Sahabat dapat mengatur tingkat sensitivitas kamera dalam mendeteksi gerakan dan suara melalui aplikasi Arlo.

Selain ketiga fitur diatas, Arlo Baby juga menyajikan fitur monitor kualitas udara di kamar. Kamera ini memonitor suhu, kelembapan dan zat berbahaya di udara seperti Karbon Monoksida dan bahan mudah terbakar (spirtus, alkohol, dll). Fitur ini sangat penting untuk kenyamanan dan keselamatan bayi terlebih saat berada di ruangan terpisah dari orang tua.

Arlo Baby melakukan pemantauan kualitas udara dan memberikan notifikasi ke smartphone Sahabat saat keadaan berada diluar batas wajar seperti saat AC mati dan menyebabkan suhu kamar menjadi panas.

Setelah mencoba beberapa saat, notifikasi yang diberikan Arlo Baby ini cukup handal dalam memantau situasi ruangan. Suara tangisan anak dan suara bukaan pintu bisa terdeteksi dengan baik.

Fitur Lullaby dan Lampu Tidur

Disaat fitur video streaming dan deteksi kualitas air sudah cukup memanjakan para orang tua, Arlo Baby juga menambahkan fitur lagu bayi (lullaby) dan Lampu Tidur yang bisa membantu Sahabat menenangkan bayi saat tidur.

Kamera Arlo Baby dilengkapi dengan enam musik lullaby dan tiga suara noise untuk bayi yang bisa diputar pada speaker kamera. Sahabat juga bisa merekam suara Sahabat bernyanyi atau mengaji yang siapa tahu lebih efektif dalam menenangkan sang buah hati. Kami mencoba merekam suara mengaji dan hasilnya terdengar jelas dan cukup natural. Arlo juga menyediakan berbagai pilihan lagu bayi yang bisa di-download di situs Arlo melalui aplikasi smartphone.

Pada fitur lampu tidur, bagian belakang kamera Arlo Baby dilengkapi lampu yang bisa menampilkan berbagai macam warna. Kamera ini bahkan bisa menyajikan Light Show dimana lampu akan berubah warna sehingga menambah kehangatan ruangan. Cahaya yang dihasilkan memang tidak begitu terang tapi memberikan suasana cukup indah ketika lampu ruangan dimatikan.

Lagu lullaby dan lampu tidur dapat otomatis dimatikan dengan pengaturan timer di aplikasi Arlo.

Fitur Light Show dari Arlo Baby – KeselamatanKeluarga.com

Fitur Penyimpanan Cloud

Arlo Baby dilengkapi layanan penyimpanan Cloud gratis untuk klip video sepanjang hingga 5 menit. Video ini akan tersimpan maksimal selama 7 hari di server Arlo.

Meskipun Arlo didukung oleh distributor resmi dengan jaringan garansinya, Pengguna Arlo di Indonesia masih belum bisa menikmati layanan berlangganan Cloud. Dimulai dari $ 10 per bulan, pengguna Arlo di Amerika Serikat dapat menikmati layanan perpanjangan penyimpanan rekaman video hingga 30 hari. Selain itu, opsi langganan cloud service juga memiliki fitur Continous Video Recording yang dapat membuat Arlo merekam video secara terus menerus.

Arlo menyediakan layanan penyimpanan Cloud yang cukup baik jika dibandingkan kamera IP CCTV lain. Contohnya, Xiaoyi Yi Home hanya memberikan penyimpanan rekaman video Cloud gratis selama 6 detik dalam 7 hari atau Canary Flex yang hanya memberikan jatah penyimpanan rekaman video selama 24 jam.

Netgear sebagai perusahaan induk Arlo juga memiliki reputasi terhadap privasi yang cukup mapan. Inilah yang membedakan Netgear Arlo dengan beberapa kamera murah yang beredar di pasaran. Rekaman video Arlo dilindungi dengan enkripsi berbasis AES-128 bit dan Transport Layer Security (TLS). Hal ini merupakan salah satu elemen penting dalam sistem kamera CCTV berbasis internet.

Fitur Lainnya

Sudah merupakan ciri khas Arlo untuk membanjiri produknya dengan fitur-fitur menarik lainnya. Salah satunya adalah fitur IFTTT yang mendukung integrasi dengan Apple Home Kit, google assistant atau Amazon Alexa.

Sahabat juga bisa mengaktifkan fitur Geofenching yang bisa membuat kamera dan alarm aktif hanya ketika Sahabat di dalam rumah. Aplikasi Arlo juga bisa diaktifkan dengan verifikasi sidik jari yang tentunya menambah keamanan kamera ini. Selain melalui Geofencing, Sahabat juga dapat mengatur sistem deteksi melalui fitur Penjadwalan yang dapat diatur hingga ke level hari dan jam masing-masing kamera.

Layanan Distributor Resmi

Netgear Arlo Baby juga didukung layanan distributor Netgear resmi di Indonesia. Distribusi di Indonesia didukung oleh PT Integra Global Solusi (IGS). Selain itu konsumen juga mendapatkan layanan dukungan teknis secara gratis untuk beberapa daerah di Jakarta dan Surabaya. Dukungan teknis untuk wilayah lain juga bisa diberikan dengan tambahan biaya transportasi.

Penggunaan

Melihat fitur-fitur yang sudah dibahas, kamera Arlo Baby dapat bermanfaat untuk:

  • Pengawasan bayi dan anak yang tidur di ruangan terpisah (dengan jaringan internet yang kuat & stabil)
  • Pengawasan baby sitter dan anak secara terbatas (selama video Live Stream diaktifkan)
  • Kamera keamanan di rumah/appartment untuk akses keluar-masuk

Penggunaan Arlo Baby untuk memonitor anak atau aktivitas penghuni rumah mungkin tidak akan begitu maksimal jika Sahabat tidak berlangganan layanan Continuous Recording. Layanan standard pada Arlo Baby hanya merekam video saat mendeteksi adanya kejadian (baik gerakan atau suara) sehingga tidak begitu handal untuk mengawasi gerak-gerik orang-orang secara real time.

Kesimpulan

Netgear Arlo Baby merupakan kamera bayi yang memiliki beragam fitur bermanfaat. Akan tetapi, kamera ini terkesan belum sempurna karena tidak adanya fitur notifikasi saat kamera terputus dari jaringan internet seperti yang dihadirkan D-Link DCS700L . Fitur ini sangat penting karena semua deteksi tangisan bayi atau kualitas udara tidak akan berfungsi saat jaringan internet terputus. Hal ini merupakan masalah software yang sebenarnya dapat Arlo perbaiki tanpa mempengaruhi kamera yang sudah beredar. Mungkin masalah ini juga bisa teratasi jika Sahabat yakin jaringan internet rumah cukup stabil atau menggunakan fitur always listening yang bisa membantu memastikan kamera selalu terhubung.

Diluar kekurangan diatas, kamera ini merupakan karya yang cukup solid dari Arlo. Fitur deteksi tangisan bayi dan kualitas udara cukup sensitif dan pintar dalam membantu memastikan kenyamanan ruangan. Tampilan kamera yang menarik, fitur Lullaby dan Light Show juga menambah manfaat kamera ini untuk membuat kamar semakin nyaman. Selain itu, komitmen terhadap privasi serta dukungan distributor resmi di Indonesia juga menambah ketenangan Sahabat dalam menggunakan kamera ini.

Arlo Baby menambah pilihan smart baby monitor bagi Sahabat, para orang tua di Indonesia. Selamat memilih!


  • Nama Produk : Arlo Baby
  • Kisaran Harga : Rp. 5.5 Juta-an (Juni 2018)
  • Situs resmi : www.arlo.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here