11 Jenis Kejahatan yang Sering Dialami Traveler di Berbagai negara

Dimana saja, orang selalu menginginkan berwisata untuk melepas kepenatan dari rutinitas sehari-hari atau sekadar mendapatkan quality time bersama orang terdekat. Tentu, Sahabat tak menginginkan kejadian buruk selama melakukan perjalanan. Tetapi faktanya, tak ada tempat di dunia ini yang seratus persen aman. Termasuk di tempat wisata, dimana kejahatan dan penjahat juga tetap mengintai Sahabat.

Well, Sahabat tak perlu khawatir, sebab berikut kami sajikan berbagai referensi berupa identifikasi jenis-jenis penipuan maupun kejahatan terhadap traveler serta daerah-daerah yang umum menjadi lokasi penipuan tersebut, khususnya di luar negeri. Tujuanya agar Sahabat menjadi lebih waspada dan jenis-jenis kejahatan tersebut tidak menimpa Sahabat.

Permainan jalanan – Paris dan London

Paris memang surganya wisata internasional. Banyak traveler dari indonesia menjadikan paris sebagai tujuan lokasi wisata terbaik. Icon destinasi menara eiffel masih menjadi destinasi terbaik. Atau Sahabat ingin ke london lalu berkunjung ke Big Ben, sebuah gedung Elizabeth Tower untuk menghormati Ratu Elisabeth II, lalu ke London Eye, Tower Bridge, atau ke Buckingham Palace. Terserah Sahabat mau kemana saja, itu adalah destinasi-destinasi terbaik untuk Sahabat kunjungi.

Satu hal yang harus Sahabat perhatikan jika berkunjung ke tempat-tempat tersebut adalah berbagai atraksi dan permainan jalanan. Ketika Sahabat memutuskan untuk menonton, hati-hati pada orang-orang di sekitar Sahabat. Sebab banyak kejadian membuktikan bahwa mereka bekerja sama dengan para pelaku pertunjukan untuk melakukan aksi copet kepada para penonton.

Ramainya Eiffel bisa menjadi kesempatan bagi para pencopet
Ramainya Eiffel bisa menjadi kesempatan bagi para pencopet

Pengedar narkoba – Koh Phangan, Thailand.

Koh Phangan, sebuah daerah terindah akan bulan purnamanya di Thailand.  Tempat ini tekenal karena adanya Pesta Bulan purnama sepanjang malam saat Bulan Purnama (fullmoon) pertengahan bulan (bulan sabit) atau tanpa bulan sama sekali (blanc moon). Nah, ketika Sahabat akan berencana mengunjungi tempat tersebut, Sahabat yang berada di Thailand akan di tawari oleh penyedia jasa transportasi seperti taksi untuk menggunakan narkoba. Jangan terima narkoba tersebut, sebab jika Sahabat menerima biasanya akan ada polisi palsu mendatangi Sahabat dan meminta Sahabat membayar denda agar tidak di penjara.

Gelang Persahabatan – Paris, Roma, Barcelona dan Kairo

Sahabat berencana berkunjung ke Menara Eiffel, Museum Louvre, Arc de Triomphe, Katedral Notre Dame Paris dan Place de la Corcode di Italia? Atau Sahabat akan ke Roma, di Colosseum Rome, Monument Vittorio Emanuele II, Trevi Fountain atau ke Barcelona? Sebaiknya Sahabat hati-hati dengan modus penipuan berupa pemasangan Gelang Persahabatan.

Sahabat bisa saja ditempat-tempat tersebut di hampiri seseorang lalu menawarkan gelang persahabantan. Jika Sahabat tertarik, Sahabat bisa membelinya. Tetapi jika Sahabat tidak menginginkanya, Sahabat tahu? Mereka tidak akan mempedulikan keinginan Sahabat. Mereka akan memasang gelang perSahabatan pada pergelangan tangan Sahabat meski Sahabat menolak. Dan Sahabat akan dimintai bayaran. Hati-hati, modus semacam ini juga bisa diikuti dengan kejahatan yang lain, seperti mencoba mengambil barang berharga Sahabat.

Hati-hati dengan tawaran gelang persahabatan
Hati-hati dengan tawaran gelang persahabatan

Seniman atau musisi jalanan – New York dan Los Angeles

New York, sebuah kota terbesar di Amerika Serikat berjuluk Big Apple. Setidaknya di kota seluas 6.720 mil² dengan penduduk 19.1 juta jiwa memiliki destinasi wisata terkenal seperti Patung Liberty, Empire State Building, Times Square, Brooklyn Bridge sementara di Los Angeles terdapat destinasi wisata seperti Observatorium Griffith dan Santa Monica Bay. Lokasi-lokasi tersebut manarik untuk Sahabat kunjungi. Tapi hati-hati, jika Sahabat menemui musisi jalanan yang ramah dan bersemangat menghampiri Sahabat untuk meminta Sahabat mendengarkan musiknya. Di akhir, Sahabat akan diminta untuk membeli CD-nya. Mungkin ia aka mengatakan pada Sahabat, bahwa dukungan Sahabat sangat berarti bagi karirnya.

Sahabat tidak akan bisa menolak. Sebab Sahabat akan terus diintimidasi untuk membeli CD-nya. Bisa saja ia melakukanya tidak sendirian melainkan bersama teman-temanya. Jadi kemungkinan Sahabat tolak lebih sedikit.

Telepon palsu dari resepsionis hotel – Seluruh Negara.

Modus ini terjadi hampir di seluruh negara. Seseorang akan menelepon ke kamar hotel Sahabat, dan mengaku-ngaku sebagai resepsionis hotel dimana Sahabat menginap. Mereka bilang kalau ada masalah dengan pembayaran Sahabat dan meminta detail kartu kredit Sahabat. Jangan lengah dan cobalah tanyakan langsung pada resepsionis, sebab biasanya para pelaku melakukannya dimalam hari ketika Sahabat sudah lelah dan malas untuk mengurusnya. Jangan berikan informasi tentang kartu kredit Sahabat dengan mudah.

Sopir taksi membawa kabur barang-barang – Las Vegas, AS.

Las Vegas menwarkan berbagai hiburan terbaik,  klub hiburan malam, dan restoran terbaik. Mulai dari mengambil foto sign Las Vegas, untuk menunjukkan Sahabat benar-benar di Las Vega, Pergi ke Hoover Dam, Bellagio Fountain serta Mirage Volcano. Untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut Sahabat biasanya akan mengunakan transportasi darat berupa taksi. Hati-hati dengan sopir taksi yang Sahabat tumpangi. Mereka biasanya memberikan service terbaik dengan memberikan banyak pelayanan pada Sahabat, termasuk menurunkan barang-barang bawaan Sahabat. Tapi disinilah modus kejahatan itu dilakukan, para taksi tersebut ternyata tidak menurunkan semua barang bawaan Sahabat.

Penjual peta – Eropa.

Eropa adalah destinasi wisata impian bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Berbagai wisata yang menunjukkan nilai prestis memang ada disana. Well, bagi Sahabat yang baru saja kesana, tentu tidak mengetahui dan buta daerah tersebut. Tentu Sahabat butuh peta. Tapi, hati-hati pada orang yang menghampiri Sahabat lalu menawarkan peta pada Sahabat. Bisa jadi itu adalah para pencopet. Mereka akan membuka lipatan untuk mengalihkan perhatian Sahabat agar rekan-rekannya bisa mencopet barang berharga Sahabat.

Cewek penggoda – Athena, Yunani.

Wisata sejarah dan keindahan kota ada di Yunani. Tapi hati-hati pada gadis-gadis yang sangat atraktif yang kemudian mendekati Sahabat, lalu mencoba menggoda Sahabat. Jangan mau jika Sahabat di ajak ke suatu tempat, sebab dari situ biasanya tindak kejahatan di mulai. Sahabat bisa saja akan diminta membayar tempat yang dikunjungi.

Pura-Pura ingin belajar Bahasa Inggris – Shanghai dan Beijing, China.

Mirip seperti yang terjadi di Athena, yunani. Para gadis akan pura-pura tidak sengaja mendengar Sahabat menggunakan Bahasa Inggris lalu minta diajari. Nah, untuk ucapan terima kasih, para gadis akan mengundang Sahabat ke kafe favorit mereka, di sana kejahatan dimulai sebab Sahabat akan diminta untuk membayar tagihan.

Trik kamera rusak – Seluruh Negara.

Tak terkecuali di Indonesia, trik kamera rusak hampir terjadi di seluruh negara. Modusnya hampir sama dengan yang terjadi di Indonesia. Seseorang akan meminta Sahabat untuk mengambil fotonya dan teman-temannya. Tapi ternyata kamera tidak bisa digunakan. Ketika Sahabat mencoba untuk mengembalikanya, pemilik kamera dengan sengaja akan menjatuhkanya.  Sahabat akan dituduh dan diminta untuk mengganti kerusakan dengan sejumlah uang.

Sopir taksi curang – Malaysia.

Kelebihan sopir taksi tentu mengetahui daerah yang menjadi lokasi operasinya. Tentu berbanding terbalik dengan Sahabat yang sebagai traveler. Hati-hati jika berkunjung ke Malaysia, banyak sopir taksi nakal yang coba mengambil kesempatan. Modusnya adalah membawa Sahabat melewati rute yang lebih jauh dari lokasi yang Sahabat ingin kunjungi. Ada juga yang mengunakan trik lama yaitu dengan mengubah argo sehingga tarif bertambah dengan cepat dibandingkan yang seharusnya.

Beberapa kejahatan di atas tentu bisa jadi pertimbangan jika Sahabat ingin berkunjung ke negara tertentu. Modus kejahatan biasanya di tiru dan berkembang, selalu waspada dan mencari informasi sebanyak mungkin mengenai lokasi yang akan di kunjungi adalah jalan paling baik untuk mencegah kejahatan tersebut.

Baca juga 16 Tips Aman Berwisata bagi para travelers.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here